Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Lego Membuka Kantor dan Toko Terbesar di Jakarta

Kompas.com - 01/06/2024, 17:17 WIB
Wisnubrata

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com — Permainan balok susun Lego tentu sudah tidak asing bagi kita karena tokonya tersebar di banyak tempat di Indonesia. Namun perkembangan Indonesia yang dianggap makin penting di dunia membuat perusahaan asal Denmark ini membuka kantor resmi sekaligus membuka toko terbesar se-Asia Tenggara di Jakarta.

Toko yang berada di Senayan City ini merupakan bagian dari serangkaian komitmen Lego untuk memperkuat kehadirannya di Indonesia. Termasuk di antaranya adalah donasi sebesar USD 1 juta atau senilai Rp 15,9 Miliar untuk mendukung pertumbuhan anak Indonesia, lima toko baru tambahan di seluruh Indonesia, dan kantor layanan baru di Jakarta guna memperkuat kerjasama dengan para mitra lokal.

Kompas.com berkesempaan untuk berbincang-bincang dengan Senior Vice President Asia Pacific The Lego Group, Claus Kristensen seusai pria tersebut meresmikan toko baru Senayan City, Selasa (21/5/2024). 

Berikut jawabannya mengenai alasan pembukaan kantor di Indnesia dan membuka toko terbesar di Jakarta.

Kompas.com: Tadi Anda menyebutkan bahwa Lego akan meningkatkan komitmen di Indonesia. Lebih jelasnya komitmennya seperti apa?

Claus Kristensen: Seperti yang sudah saya sebut sebelumnya, kami memiliki cukup banyak hubungan di Indonesia. Di samping toko-toko yang dibuka bersama partner di sini, kami juga ada manufaktur dengan partner lokal yang membuat komponen elektronik untuk Lego Technic.

Lego Technic adalah seri permainan Lego yang menggunakan mesin penggerak sederhana atau komponen elektronik di dalamnya.

Kini kami akan membuka kantor dan juga sudah merekrut partner lokal, dan saya sangat bersemangat mengenai hal itu. Kami juga akan terus memperluas kehadiran toko-toko kami, seperti yang kami bicarakan bersama para partner hari ini, yaitu keinginan untuk membuka lebih banyak toko lagi, dan pada akhir tahun ini direncanakan kami akan punya 26 toko karena kami melihat banyak potensi dan kesempatan di Indonesia.

Kompas.com: Mengapa baru sekarang Lego membuka kantor setelah 10 tahun tokonya hadir di Indonesia?

Claus Kristensen: Saya kira kami menjalankan bisnis perlahan tapi pasti dengan pertumbuhan yang bagus selama 10 tahun terakhir, dan saat ini adalah waktu di mana banyak hal terjadi di Indonesia, ekonominya sedang tumbuh dan saya yakin 30 persen populasinya berusia di bawah 18 tahun, sehingga banyak anak-anak di sini.

Saya kira semua inovasi dan kreativitas berkaitan dekat dengan hal ini dan sekarang adalah kesmpatan yang sangat bagus untuk menjangkau lebih banyak anak-anak.

Kompas.com: Lalu apa yang akan Anda lakukan dengan kehadiran kantor di Indonesia?

Claus Kristensen: Dengan adanya kantor di Indonesia kami akan bisa fokus untuk memahami lebih baik tentang pasar di sini. Itu adalah fokus utamanya. Perlu diketahui, kami juga punya partner di sini yaitu MAP, mereka yang menjual produk, sedangkan kantor kami didirikan untuk memahami lebih dekat pasar dan konsumen kami, dan membangun brand di sini, yang saya kira merupakan sesuatu yang penting untuk membantu partner kami menjual produk.

Kompas.com: Seberapa pentingkah pasar Indonesia sehingga toko terbesar di Asia Tenggara dibuka di Jakarta?

Claus Kristensen: Asia Pasifik adalah wilayah yang sangat penting dengan pertumbuhan pasar yang tinggi, dan saya kira Indonesia adalah contoh yang tepat unuk menggambarkan pasar yang tumbuh dengan populasi muda yang besar, di mana banyak terdapat anak-anak yang menyukai Lego, dan ini hal yang penting bagi kami.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com