Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/04/2017, 17:37 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja,
Shierine Wangsa Wibawa

Tim Redaksi

KOMPAS.com -- Merasa kurang semangat atau sedang depresi? Gwyneth Paltrow, seorang aktris dan pendiri Goop, memiliki usulan yang tidak lazim untuk menyembuhkannya.

Dilaporkan melalui situs Goop, Paltrow sering melakukan terapi grounding, nama keren dari cekeran atau berjalan-jalan tanpa alas sepatu.

Pada dasarnya, ide dari terapi ini adalah menghubungkan jiwa dan raga kita dengan energi planet bumi, yang tampaknya terhambat oleh keberadaan sepatu dan kaus kaki.

Jadi, melalui kaki yang telanjang, tubuh Anda dapat menyerap elektron bebas dari bumi dan menetralisir radikal bebas.

Clint Ober, pemimpin gerakan ini, menjelaskan bahwa untuk menikmati manfaat dari bumi ini, Anda hanya perlu menempatkan kaki yang telanjang di permukaan bumi setidaknya 30 menit dalam sehari.

Namun, bila Anda tidak tertarik untuk mengotori kaki, alternatif lainnya adalah dengan menggunakan karpet grounding yang biasanya dijual dengan harga 100 poundsterling atau sekitar Rp 1,6 juta.

Tertarik untuk segera berlarian di jalan tanpa sepatu?

Tunggu dulu, Goop dengan jelas menuliskan bahwa rekomendasi ini tidak bisa dijadikan pengganti nasihat, diagnosa, dan perawatan medis. Namun, tidak ada salahnya untuk bertelanjang kaki dan menikmati tekstur alam di bawah kaki Anda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com