Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Kebiasaan Untuk Memperlambat Kebotakan

Hal ini dipengaruhi banyak hal, seperti faktor genetis, nutrisi, dan juga tingkat stres. Yang jelas rambut-rambut kita memang mengalami keguguran seperti pasukan yang kalah perang.

Namun ada cara atau kebiasaan yang bisa kita lakukan agar gugurnya rambut itu tidak berlangsung lebih cepat. Adam Hurly, editor perawatan kesehatan pria di GQ dan Fatherly, menyebutkan lima di antaranya:

Pijat kulit kepala Anda

Mungkin Anda sering menggosok kulit kepala Anda saat mencuci rambut dengan shampo, dan mendapati adanya rambut yang berguguran. Itu artinya Anda menggosok terlalu kuat.

Pijatan yang dimaksud di sini adalah menekan-nekan kulit kepala dengan lembut, bukan menggaruknya. Pijatan akan membuat helai dan akar rambut menjadi lebih kuat, karena memicu aliran darah ke kulit kepala dan memperlancar pasokan nutrisi pada rambut.

Dengan nutrisi cukup, rambut akan menjadi lebih tebal, kuat, dan tidak mudah rontok. Selain itu pijatan di kepala memberi rasa nyaman dan mengurangi ketegangan.

Lebih banyak kondisioner, sedikit shampo

Pencucian setiap hari, apalagi setiap kali mandi, membuat rambut lebih rentan patah dan rontok. Maka lebih baik mencucinya tiap dua atau tiga hari sekali. Lalu beri kondisioner yang memperkuat rambut. Gunakan shampo dahulu, baru kondisioner, karena shampo akan menghilangkan kotoran dan minyak berlebih, sedangkan kondisioner mengembalikan kelembutan rambut.

Cuci dengan air dingin

Rambut yang bersih memang akan membuatnya lebih sehat. Namun membersihkan rambut dengan air panas justru merusaknya, karena membuat kulit kepala kering dan membuat rambut pecah.

Karenanya gunakan air dingin untuk mencuci rambut, atau sedikit hangat bila Anda tidak tahan dingin, agar minyak alami di rambut tidak hilang sama sekali. Minyak ini melindungi rambut dan membuatnya lebih kuat. Oleh karenanya, menjaga keberadaanya bisa mencegah kerontokan.

Pakai minyak rambut yang ringan

Banyak dari kita menata rambut dengan gel, wax, minyak rambut, dan produk lainnya. Namun beberapa di antaranya akan membebani rambut terlalu berat. Gel dan wax membuat rambut menjadi berat sehingga sebaiknya dihindari bila rambut anda sudah mulai rontok.

Semakin lengket dan semakin kuat suatu produk mempertahankan gaya rambut Anda, makin menyiksa pula efeknya pada rambut. Jadi pakailah produk yang lebih ringan untuk menata rambut, seperti krim.

Pakai topi, namun tidak ketat

Jadi pakailah penutup kepala atau topi saat berada di terik matahari. Namun saat memakai topi, pastikan rambut jatuh ke arah yang alami, jangan melawannya dengan menyibakkan ke belakang misalnya. Selain itu jangan kenakan topi terlalu ketat, agar kulit kepala masih bisa bernafas.

Bagaimana bila Anda terlanjur botak? Jangan risau, baca ini: Pria Botak Lebih Jantan?

https://lifestyle.kompas.com/read/2017/07/24/093442020/5-kebiasaan-untuk-memperlambat-kebotakan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke