Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kebiasaan Pagi yang Berdampak Buruk pada Kulit

Di pagi hari kulit kita mungkin tak terlalu kotor (kecuali kamu tidur tanpa menghapus make up atau malas mencuci sarung bantal secara teratur), membersihkan kulit sangat penting.

Kulit yang bersih dan sehat merupakan "kanvas" yang sempurna untuk kosmetik. Bahkan, jika kita tak ingin memakai make up pun kulit yang bersih membuat wajah terlihat lebih mulus dan bersinar.

Kamu perlu tahu apa saja kesalahan yang tidak kita sadari di pagi hari yang berdampak buruk bagi kulit:

1. Tidak membersihkan kulit
Membasuh wajah dengan air saja tidak cukup. Debu dan minyak bisa menumpuk ketika kita tidur. Kamu mungkin tidak menyadari kalau berkeringat di malam hari. Karenanya, jangan malas membersihkan wajah dengan sabun atau pembersih wajah sebelum memakai kosmetik.

Wajah yang bersih juga menghindarkan kita dari jerawat dan komedo.

2. Pakai produk pengelupasan kulit
Produk pengelupasan (exfoliating) kulit tidak hanya scrub wajah, tapi juga produk yang mengandung zat kimia pengelupas, misalnya AHA dan BHA.

Zat exfoliant itu juga terkadang ditemukan dalam toner atau serum. Periksalah apa yang ada dalam produk skin care kamu sebelum memakainya di pagi hari. Produk yang mengandung pengelupas kulit idealnya di pagi di malam hari karena dapat membuat kulit lebih sensitif pada sinar ultraviolet.

3. Pakai spons dan kuas yang kotor
Bahkan para pecinta kosmetik pun mengakui kalau mereka tidak membersihkan alat make up nya secara rutin. Sebenarnya kita harus mencuci spons atau kuas make up setiap hari.

Bila kamu merasa malas, sebaiknya pakai kuas yang baru setiap hari dan kumpulkan yang sudah dipakai untuk dicuci di akhir pekan. Kuas make up yang kotor merupakan tempat favorit kuman dan bakteri penyebab jerawat.

4. Tidak pakai tabir surya
Kamu seharusnya sudah menyadari bahaya sinar ultraviolet bagi kulit. Jadi, tak ada alasan untuk melas memakai tabir surya setiap hari.

5. Memencet jerawat
Pagi hari bukanlah waktu yang tepat untuk memencet jerawat atau komedo. Alasannya, ketika jerawat sudah dikeluarkan, pori-pori akan terbuka dan dengan begitu debu dan kotoran dengan mudah masuk.

https://lifestyle.kompas.com/read/2018/02/19/064000720/kebiasaan-pagi-yang-berdampak-buruk-pada-kulit

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke