Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mesin Pengering Tangan Justru Bisa Sebarkan Bakteri

KOMPAS.com - Banyak orang mengira mengeringkan tangan dengan mesing pengering tangan (hand dryer) lebih hiegenis daripada menggunakan handuk dan lebih ramah lingkungan karena menghemat penggunaan tisu. Padahal, fakta berkata lain.

Menurut penelitian, mesin pengering tangan justru dapat menyebarkan secara luas kuman, termasuk bakteri dari limbah manusia.

Tim peneliti dari Universitas Connecticut, Amerika Serikat, mencoba mencari tahu  sejauh mana pengering tangan menyebarkan bakteri berbahaya saat digunakan.

Sudah menjadi aturan kesopanan tak tertulis bahwa kita sebaiknya menutup tutup toilet setelah digunakan. Jika kita menyiram toilet dengan tombol flush saat tutupnya dibuka, dapat menyebabkan "debu-debu toilet" atau naiknya partikel mikroskopik, termasuk kotoran manusia, ke udara.

Ternyata, partikel-partikel tersebut dapat tersedot ke alat pengering tangan dan tersebar lagi oleh udara panas saat mesin ini dipakai.

Menurut tim peneliti dari Universitas Connecticut, saat hand dryer dipakai selama 30 detik, terkumpul 18-60 koloni bakteri pada piring uji coba. Namun, jika kipas yang mengalirkan udara dalam toilet bekerja, jumlah koloni bakteri yang menempel lebih sedikit, yakni maksimal 20 koloni bakteri.

Hasil ini menunjukkan, banyak jenis bakteri, termasuk patogen potensial dan spora, dapat menyebar pada tangan yang terpapar udara dari alat pengering tangan.

Bakteri tersebut terdapat di seluruh bagian kamar mandi yang mampu menyebar pada tangan yang dikeringkan dengan mesin tersebut. Padahal, kita tahu bahwa sekitar 80 persen penyakit ditularkan lewat tangan yang kotor.

Penelitian sebelumnya juga menyimpulkan mesin pengering tangan berpotensi menyebarkan kuman. Apalagi, udara yang hangat memang menjadi tempat ideal perkembangbiakan kuman.

Jadi, mana cara yang tepat untuk mengeringkan tangan? Sebagian pakar menyebut mengeringkan tangan dengan hand dryer sebenarnya tidak apa-apa, asalkan jangan terlalu cepat sehingga tangan dipastikan sudah kering.

Selain itu, yang tak kalah penting adalah mencuci tangan dengan sabun dan menggosoknya ke seluruh permukaan dan sela-sela jari lalu dibilas dengan air mengalir. Lalu keringkan dengan tisu toilet, alat pengering, atau handuk.

https://lifestyle.kompas.com/read/2018/04/16/060700820/mesin-pengering-tangan-justru-bisa-sebarkan-bakteri

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke