Salin Artikel

5 Cara agar Tak kecewa saat Belanja Baju Secara Online

KOMPAS.com - Belanja online memang praktis, tinggal klik dan busana dengan model terkini akan dikirim sampai depan pintu. Tapi, seringkali baju yang dipesan secara online tak sesuai harapan seperti yang tampak di foto. Agar kejadian itu tak terulang lagi, simak tips belanja pakaian online dari pakar ritel fashion online.

1. Kenali bentuk tubuh

Wanita cenderung khawatir tentang ukuran, tapi yang lebih penting sebenarnya adalah mengetahui bentuk tubuh.

Ini tidak hanya akan menentukan barang yang akan dibeli, tetapi juga memengaruhi rancangan dan ukuran yang dipilih. Jika kalian ragu tentang ukuran pakaian yang harus dibeli, maka pilihlah ukuran yang lebih besar.

Menurut Natalie Kingham, direktur pembelian matchfashion.com, lebih baik memilih pakaian dengan ukuran lebih besar daripada yang terlalu kecil.

"Ukuran lebih besar juga membuat kita merasa hebat karena berpikir bahwa sebenarnya kita butuh ukuran yang lebih kecil," tambahnya.

2. Teliti merek atau desainer

Jika kamu adalah pemula dalam dunia belanja online, mulailah dengan merek yang sudah mereka kenal. Besar kemungkinan kamu akan menyukai garis potongan mereka dan tahu ukuran apa yang cocok.

Jika kalian ingin mencoba merek yang baru, jangan malas lakukan riset. Menurut Kelly Wong direktur fesyen di Lane Crawford, banyak yang menganggap bahwa ukuran sama dengan merek lain.

"Setiap merek memiliki ukuran dan pas tidaknya di tubuh yang sedikit berbeda, terutama dengan denim. Jika melakukan riset, kalian dapat menghindari kesalahan-kesalahan ini,” tambah Wong.

Kenali merek, gaya, dan detail tertentu yang unik dari pakaian yang akan dipesan. Misalnya, banyak desainer menawarkan pilihan panjang celana dan tumit yang berbeda.

Untuk pembelian berikutnya, simpan daftar merek yang telah dibeli sebelumnya dan catat ukuran apa yang pernah dipesan dan kekurangannya.

3. Periksa rincian

Gaun merah cantik bisa terlihat seperti sutra di layar komputer, tetapi penampilan bisa menipu. Jadi, periksa komposisi bahan dengan teliti sebelum membeli.

“Kadang-kadang sulit untuk melihat detail kain secara online, ini yang dapat membuat kita kapok belanja online. Penting untuk membaca komposisi kain di situs dan menggunakan zoom dan layar terang jika tersedia,” kata Candice Fragis, direktur pembelian dan merchandising di Farfetch.com.

Melakukan pengukuran juga penting karena ukuran dapat berbeda pada setiap merek. Lupakan bagan ukuran generik dan cari pengukuran terperinci sebagai gantinya.

Beberapa situs terkadang memberi informasi megenai ukuran setiap item yang tersedia. Berhati-hatilah dalam menilai kecocokan suatu barang hanya dengan melihatnya dari modelnya. Cara seperti ini justru akan membuat kita mendapatkan barang dengan ukuran yang tak sesuai.

4. Aksesoris memiliki ukuran yang beragam

Sama seperti pakaian, aksesori mungkin tampak lebih besar atau lebih kecil saat kita melihatnya di layar komputer.

Meskipun penting untuk melihat dari dekat, kita juga harus melihat kecocokan aksesoris terhadap ukuran tubuh sehingga mendapat gambaran tentang proporsinya, terutama  menyangkut perhiasan dan tas tangan.

“Ketika membeli sepatu secara online, melihat gaya modelnya dengan cermat akan menentukan apakah harus memsan ukuran yang lebih kecil atau lebih besar," kata Kingham.

Misalnya, sepatu open-toe dan sepatu backless, bisa dibeli dengan ukuran yang lebih kecil dan ketika akan membeli sepatu model tertutup pilih ukuran yang sedikit lebih besar untuk kenyamanan,” tambahnya

5. Jika ragu, gunakan alat yang tersedia

Meskipun belanja online tidak memberi akses pada penata gaya, tapi masih ada tim ahli dan alat untuk memudahkan pengalaman berbelanja.

Video juga berguna untuk melihat bagaimana item fashion terlihat pada tubuh yang nyata.

Tips belanja untuk berbagai jenis tubuh

Ukuran 'plus'

Jika ragu, selalu beli ukuran yang lebih besar atau opsi ukuran tambahan jika penjual menawarkan pengembalian dan penukaran gratis. Sebagai aturan, hindari item ukuran bebas karena cenderung membuat kalian terlihat lebih besar.

Ukuran kecil

Kita harus lebih sadar akan keseimbangan ukuran. Jadi, pilihlah rok yang lebih pendek dibandingkan ukuran menengah atau sepanjang lutut, dan hindari atasan yang terlalu besar.

Banyak merek Eropa cenderung menggunakan ukuran dengan angka yang lebih tinggi, jadi perhatikan garis tepi dan panjang lengan. Selain itu, carilah barang dengan tepat daripada harus menukarnya kembali.

Tubuh tinggi

Selalu periksa ukuran model untuk membandingkan bagaimana barang itu bisa muat di tubuh kamu, terutama ketika menyangkut potongan bagian bawah dan panjang lengan. Celana dengan model potongan lebar pada bagian kaki selalu cocok dipakai saat musim panas.

Jika ingin membeli blazer, pertimbangkan blazer pinstrip yang dipasangkan dengan slim cropped pant, rok pensil atau celana pendek agar siluet terlihat lebih tinggi.


 

https://lifestyle.kompas.com/read/2018/04/16/144100920/5-cara-agar-tak-kecewa-saat-belanja-baju-secara-online

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.