Salin Artikel

Alis Tebal Menunjukkan Jiwa Narsistik, Benarkah?

KOMPAS.com - Selama ini, kita sering mendengar jika mata adalah jendela jiwa. Lalu, bagaimana dengan bagian tubuh lainnya?

Ada bagian tubuh lain yang bisa mengungkapkan banyak hal tentang jiwa seseorang, termasuk mendeteksi apakah orang tersebut berjiwa narsistik.

Menurut riset yang diterbitkan dalam Journal of Personalitiy, disebutkan, pemilik alis tebal dan terawat menunjukan jiwa narsisme yang tinggi.

Narsisme merupakan bentuk kepribadian yang bergaya flamboyan, tegas, dan interpersonal dominan.

Miranda Giacomin dan Nicholas RUle dari University of Toronto melakukan riset dengan mengambil foto wajah peserta yang memiliki kepribadian narsistik.

Penilaian dilakukan berdasarkan standar yang dipakai dalam narsisme subklinis.

Periset kemudian memotong foto-foto tersebut, sehingga hanya tersisa bagian alis yang kemudian dijadikan sebagai bahan analisis.

Periset, seperti diberitakan laman the Independent, menilai bentuk alis dengan serangkaian patokan, termasuk bagaimana peserta mendandani alis, kekhasan (seberapa tebal dan bentukalis mata), serta feminitas.

Setelah melakukan prosedur tersebut, periset mengkorelasikan penilaian alis peserta dengan narsisisme yang dialaminya.

Hasilnya, kekhasan alis secara positif terkait dengan tingginya tingkat narsisisme peserta.

Menurut periset, keinginan untuk terlihat unik dan dikenal, mudah dicapai melalui perawatan alis yang sangat cermat.

"Alis memfasilitasi pengenalan wajah," papar Giacomin.

"Mereka yang memiliki pribadi narsistik dapat mempertahankan alis yang berbeda, tebal, dan padat agar mereka mudah dikenal, yang merupakan motivasi para narsisme," tambahnya.

Alis juga dapat memfasilitasi keinginan untuk diingat dan disukai oleh orang lain. Ini juga memperkuat pandangan positif yang mereka miliki tentang diri mereka sendiri.

Selain alis tebal, indikator narsisme yang didukung oleh riset ilmiah lainnya termasuk hipersensitivitas, pembicaraan kompulsif tentang diri sendiri, dan kurangnya rasa empati yang parah.

https://lifestyle.kompas.com/read/2018/06/09/150609220/alis-tebal-menunjukkan-jiwa-narsistik-benarkah

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.