Salin Artikel

KXStart! Reseller Sneaker Lokal yang Kini Merambah ke 7 Negara

Acara yang digelar di the Hall, lantai 8, pusat perbelanjaan Senayan City tersebut akan berlangsung hingga besok Sabtu (9/2/2019).

Ada segudang acara yang ditawarkan panitia penyelenggara demi memanjakan para pengunjung yang membayar tiket masuk Rp 80.000.

Ada ekshibisi, talkshow, sneaker custom, dan legit check (menguji keaslian sepatu).

Juga ada community gathering, mini bazzaar & garage sale, auction, trading pit & steal deal sale, red carpet, dan suguhan musik.

Kendati begitu, tentu saja jual beli sneaker menjadi "menu utama". Puluhan gerai tersusun rapi dalam bentuk cubicle yang menyajikan beragam sneakers.

Salah satu di antara-nya adalah lapak KXStart!

Lapak yang berada di tengah arena acara itu terlihat tak berbeda dengan gerai-gerai di sekitarnya.

Sebuah rak besar menjadi display utama. Di sana dipajang beragam sepatu yang kebanyakan merupakan edisi terbatas. 

Lalu di sisinya masih ada rak kecil dan kotak display akrilik -mirip akuarium, untuk memajang sepatu "spesial".

"Kita bawa sekitar 300 pairs-lah untuk acara kali ini," ungkap Dian Stefani, Chief Staff KXStart! dalam perbincangan dengan Kompas.com.

"Itu yang di kotak Air Jordan 1 custom Sabotage -customizer Singapura, waktu itu dia bikin beberapa dan kita dapet ini," sambung Dian.

Dia mengaku tak mampu menyebutkan harga jual sepatu collectible item miliknya itu.

"Kalo ada yang mau beli ya silakan, berapa ya? eeh tapi enggak deh, sayang," kata dia sambil tertawa.

Meski begitu, saat ditanya apa koleksi termahal yang dibawa ke JSD 2019, Dian kembali menunjuk Air Jordan 1-Sabotage tadi.

Selebihnya, KXStart! sama dengan para reseller lain yang menjual sneaker dan streetwear hasil buruan dari seller lain.

Tapi ada satu hal yang ternyata membedakan gerai ini dengan yang lainnya. Siapa yang menyangka KXStart! sudah memiliki 26 cabang di tujuh negara, sejak didirikan dua tahun yang lalu.

"Awalnya dari suka sneakers sih, jadi mau mulai dagang juga, setelah itu kita lihat di pasar ada opportunity karena belum ada pemain resell yang global apalagi yang berani, nekad dari Indonesia mau merambah ke ranah global."

"Jadi kita seriusin untuk punya team, dan punya platform yang bisa menjalankan bisnis sneakers secara global," cetus Dian.

Dian menyebut tujuh negara tersebut adalah Indonesia, Hongkong, China, Filipina, Australia, Italia, dan Amerika Serikat.

"Yang paling jauh mungkin Milan, Las Vegas, dan Chicago ya," kata dia.

Dari semua gerai yang berada di bawah naungan Kaffeine.inc itu, kebanyakan nama asli toko dipertahankan.

Seperti Secret Sneaker Store di Melbourne dan Sydney. Atau, Id Oakland, dan Restock di Chicago, serta Royal One di Las Vegas.

"Jadi kita hanya nambahin powered by KXStart!, karena sayang kan mereka sudah punya nama dan lama tokonya, jadi kita pertahankan."

"Tapi kalau di Filipina, kita bangun yang terbesar dengan nama toko KXStart!, di mal gitu," kata Dian sambil menunjukkan foto gerai tersebut dari ponselnya.

Pelebaran sayap hingga ke mancanegara menurut Dian akan berdampak langsung pada kepercayaan pelanggan.

"Ya dengan begitu mereka akan percaya bahwa kita memang hanya menjual barang asli, terpercaya lah," kata dia.

Kendati memiliki banyak cabang di negara lain, namun pertukaran stok barang hanya terjadi di wilayah yang berada di satu areal. "Misalnya Eropa atau Australia aja," kata Dian.

Dian menjelaskan, meski KXStart! Indonesia memiliki ijin impor, namun persoalan pengadaan koleksi sneakers masih dirasa lebih sederhana dengan berburu di dalam negeri.

"Di Indonesia koleksinya banyak loh. Layanan consigment kita suka terima barang yang bagus-bagus. Kita juga hunting banyak dapet barang yang bagus," ungkap dia.

Selanjutnya, penentuan harga jual ditentukan dalam tim dengan memantau perkembangan harga sebuah produk di pasaran.

"Kita pantau toko lain, medsos, kita lalu sama-sama tentukan harganya mau berapa," kata Dian.

"Seperti yang itu, (Dian menunjuk sepasang sepatu Adidas di dalam etalase akrilik), varian itu belum rilis, kami udah dapet, sekarang sih kami jual Rp 20 juta ya," ujarnya.

"Nanti kalo udah keluar, katanya pasarannya di Rp 7-8 juta," sambung dia.

Keberadaan tim di mancanegara membuat KXStart! mendapatkan kawan diskusi untuk membahas pengembangan bisnis.

"Kita juga ikuti banyak ekshibisi seperti ini di negara-negara lain, untuk melihat langsung. Atau tim kami yang di sana yang datang," sebutnya.

Di Jakarta, gerai KXStart! ada di Jalan Hang Tuah Raya. "Tapi kami juga masuk ke beberapa mal, kerja sama seperti di Pondok Indah Mal, Kelapa Gading," sebut Dian.

"Next-nya akan ada perkembangan untuk China, Filipina, dan penjajakan untuk ke benua yang belum ada dalam network kita, yaitu Afrika," tegas Dian.

https://lifestyle.kompas.com/read/2019/02/08/122348620/kxstart-reseller-sneaker-lokal-yang-kini-merambah-ke-7-negara

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.