Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bulan Ramadhan, Ini "Makeup Look" Paling Dicari di Google

Insight Specialist Google Indonesia Ariani Dwijayanti menyebutkan, peningkatannya mencapai 20 persen dibandingkan bulan-bulan sebelumnya.  Data tersebut diambil dari bulan Ramadhan 2018 lalu.

Salah satu yang dicari adalah tren gaya rambut terbaru yang meningkat hingga tiga kali lipat.

"Yang menarik, orang mencari gaya rambut 2018 saya kira mereka cari di awal Januari ternyata jauh lebih banyak mencari di bulan Ramadhan. Mereka ingin tampil trendi," kata Insight Specialist Google Indonesia, Ariani Dwijayanti ketika merilis tren terbaru seputar Bulan Ramadhan di Jakarta Selatan, Rabu (15/5/2019).

Di samping peningkatan pencarian di Google Search, pencarian kategori kecantikan di YouTube juga meningkat hingga 40 persen berdasarkan 100 channel teratas.

Ariani menyebutkan, ada tiga kategori video YouTube dengan kategori kecantikan yang paling banyak diakses.

Kategori pertama adalah tips riasan wajah untuk pemula. Ada banyak beauty vlogger dan artis yang membuat video merias wajah untuk pemula. Salah dua yang paling banyak diakses adalah video dari Alifah Ratu dan Aurel Hermansyah.

Menurut Ariani, video-video kategori ini banyak diakses oleh perempuan-perempuan muda yang masih duduk di bangku kuliah atau sekolah, atau yang memang baru mau memulai menggunakan makeup jelang Hari Raya Idul Fitri.

"Lebaran kan banyak interaksi sosial, ingin tampil berbeda untuk ketemu kerabat," katanya.

Tampilan riasan wajah berikutnya adalah riasan wajah yang tahan lama. Menurut Ariani, saat ini banyak penonton YouTube yang mencari bagaimana agar riasan wajah bisa awet sehingga mereka tidak perlu melakukan 'touch up' ketika menghadiri acara buka puasa bersama atau Hari Raya Idul Fitri.

Di samping tampilan riasan wajah, kategori hijab tutorial juga banyak dicari di YouTube. Lewat video tutorial, banyak vlogger yang berbagi beragam gaya hijab untuk menghadiri acara tertentu atau hijab sederhana untuk digunakan sehari-hari.

"Karena mungkin banyak juga penonton yang baru pertama memakai hijab dan mereka menonton video tutorial hijab," kata Ariani.

Nah, bagaimana dengan kamu, tren kecantikan apa yang sedang kamu gemari di Bulan Ramadhan ini?

https://lifestyle.kompas.com/read/2019/05/17/065050520/bulan-ramadhan-ini-makeup-look-paling-dicari-di-google

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke