Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

15 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

KOMPAS.com - Jika ada penghargaan dengan kategori gangguan kulit paling menyebalkan, mungkin jerawat jadi juaranya. Beruntung, saat ini sudah ada banyak cara menghilangkan jerawat secara alami yang mudah untuk diikuti.

Berbagai bahan, mulai dari bawang putih, madu, hingga lidah buaya, bisa kita manfaatkan, agar kulit kembali sehat dan bebas dari jerawat. Selain itu, menjalani pola hidup yang sehat, rupanya juga penting untuk menjaga kesehatan kulit.

Cara menghilangkan jerawat secara alami di bawah ini, dipercaya efektif untuk membuat kulit kembali sehat dan bebas dari jerawat.

Namun perlu diingat, belum banyak penelitian yang bisa mengonfirmasi manfaat bahan-bahan di bawah ini. Sehingga, meski cara ini alami, kita tetap perlu berhati-hati dalam menjalankannya.

1. Lidah buaya

Cara menggunakan lidah buaya untuk menghilangkan jerawat:

2. Cuka apel

Untuk menggunakan cuka apel sebagai pembasmi jerawat, berikut ini langkah-langkahnya.

  • Campur 1 sendok makan cuka apel dengan 3 sendok makan air
  • Bersihkan wajah, setelah itu oleskan campuran cuka apel ke kulit, menggunakan kapas steril.
  • Biarkan selama 5-20 detik.
  • Bilas wajah, lalu keringkan.
  • Ulangi langkah di atas 1-2 kali sehari.

Jika kulitmu sensitif, campurkan cuka apel dengan lebih banyak air. Perhatikan juga bahwa cuka apel dapat menimbulkan iritasi pada beberapa orang, sehingga, jangan menggunakannya secara berlebihan.

3. Madu

Selain itu, madu juga bersifat antibakteri dan mengandung bahan yang dapat membantu penyembuhan luka.

Kita cukup mengoleskan madu ke kulit menggunakan kapas steril, untuk mendapatkan manfaatnya dalam menghilangkan jerawat.

4. Kayu manis

5. Bawang putih

Kamu dapat menambahkan lebih banyak bawang putih ke dalam asupan harian, untuk mendapatkan manfaatnya.

Sebaiknya, kamu tidak mengoleskan bawang putih langsung ke kulit wajah yang berjerawat, karena dapat menyebabkan iritasi.

6. Es batu

Kompres jerawat yang sedang meradang dengan es batu yang dibalut dengan kain, untuk merasakan manfaatnya.

Es batu akan membantu mengencangkan pembuluh darah, sehingga kemerahan dan peradangan di kulit dapat mereda.

7. Perasan jeruk lemon

Setelah itu, usapkan kapas tersebut ke kulit yang berjerawat, dan diamkan semalaman.

Namun, ingat risiko iritasi. Jika kulit terasa perih setelah dioleskan air perasan jeruk lemon, lebih baik jangan dilanjutkan perawatannya dan segeralah berkonsultasi dengan dokter.

8. Minyak kelapa

Kandungan antiinflamasi dan antibakteri yang ada di dalamnya, memungkinkan minyak menghancurkan bakteri penyebab jerawat, dan mengurangi kemerahan serta pembengkakan pada jerawat.

Kamu dapat menggunakan virgin coconut oil, untuk dioleskan ke kulit yang berjerawat.

9. Tea tree oil

10. Teh hijau

11. Putih telur

Hal ini dapat mencegah terjadinya penyumbatan pada pori-pori, dan membantu meredakan peradangan di kulit akibat jerawat.

Gunakan putih telur untuk membasmi jerawat dengan cara mengoleskannya ke kulit yang berjerawat, dan diamkan selama 10 menit. Lalu, bilas dengan air hingga bersih.

Perlu diperhatikan, telur mentah dapat mengandung bakteri yang bisa mengganggu kesehatan. Oleh karena itu, sebisa mungkin pilihlah telur yang bersih dan organik.

12. Kulit jeruk

Kulit jeruk mengandung vitamin C dan antioksidan, yang baik untuk regenerasi sel kulit.

Untuk menggunakannya, parut kulit jeruk lalu haluskan dengan air, hingga berbentuk seperti pasta. Setelah itu, oleskan ke kulit dan diamkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air.

13. Redakan stres

Hormon yang dikeluarkan tubuh saat stres, dapat memicu produksi minyak (sebum) berlebih dan menyebabkan kulit meradang, sehingga memperparah jerawat.

Selain itu, stres juga dapat memperlambat proses penyembuhan luka hingga 40%, dan memperlambat penyembuhan bekas jerawat.

14. Olahraga teratur

15. Banyak minum air putih

Jika kulit sampai kering karena kekurangan cairan, maka kulit akan mudah iritasi, sehingga jerawat pun akan lebih mudah muncul.

Berbagai cara menghilangkan jerawat secara alami di atas, perlu dilakukan dengan berhati-hati. Jangan sembarang menggunakan bahan yang akan dioleskan ke kulit. Ada baiknya kamu mengetes terlebih dahulu reaksi alergi, sebelum menggunakan bahan alami.

Cara di atas hanyalah alternatif, selain perawatan dari dokter kulit. Sebaiknya, berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter, untuk benar-benar mengetahui kondisi jerawat yang muncul di kulit.

https://lifestyle.kompas.com/read/2019/10/04/100108620/15-cara-menghilangkan-jerawat-secara-alami

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke