Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Alasan Tidak Perlu Diet di Tahun Ini

KOMPAS.com - Memasuki tahun baru, banyak orang memasukkan diet dalam daftar resolusi ataupun target.

Namun sebenarnya, diet bukanlah sesuatu yang harus kamu lakukan. Ada enam alasan yang bisa menjadi pertimbangan bagi kamu untuk tidak melakukan diet di tahun ini.

1. Diet benar-benar tidak berhasil

Dalam tinjauan sistematis Dewan Riset Kesehatan dan Medis Nasional 2013, terungkap bahwa orang pada awalnya dapat menurunkan berat badan, tetapi setelah dua sampai lima tahun mereka kembali ke berat badan sebelumnya.

Hal itu dapat menyebabkan kamu menjalani pola diet yang tidak sehat dan bahkan gangguan makan.

Walaupun nutrisi dan apa yang kita makan itu penting, ada banyak aspek lain yang lebih penting dalam kehidupan dan kesehatan kita.

Jadi sebelum kamu berkomitmen untuk diet, pikirkanlah, mengapa kamu melakukannya? Itu mungkin karena kamu pernah diet sebelumnya, dan berat badanmu bisa turun, lalu kamu berpikir untuk melakukannya lagi.

Lebih baik bersikap baik pada diri sendiri dan fokus pada hal-hal yang kamu sukai tentang dirimu dan lewati diet di tahun baru ini.

2. Berat badan dan kesehatan bukan hal yang sama

Penelitian telah menunjukkan, bahwa orang yang mungkin dianggap "kelebihan berat badan", tetapi yang masih menjalani gaya hidup sehat dapat hidup selama seseorang yang bertubuh lebih kecil.

Ada hubungan antara berat badan dan kesehatan, namun ini tidak selalu merupakan 'sebab dan akibat'.

Jika seseorang memiliki BMI (Body Mass Index) lebih tinggi, itu tidak berarti mereka akan memiliki kesehatan yang lebih buruk.

Ada semakin banyak bukti yang menunjukkan, bahwa hidup lebih lama dikaitkan dengan makan banyak buah dan sayuran, tetap aktif, tidak merokok dan mengurangi asupan alkohol kita. Efek ini terjadi terlepas dari berat badan kita.


3. Diet sebenarnya dapat merusak kesehatan

Kita tidak hanya tahu bahwa berat badan dan kesehatan tidak selalu bertambah. Kita juga mulai menyadari, bahwa praktik diet sebenarnya dapat berakibat buruk bagi kesehatan fisik kita dalam jangka panjang.

Penelitian baru menunjukkan, bahwa siklus berat badan yang terjadi ketika kita menjalankan dan mematikan diet, dapat menyebabkan peradangan dalam tubuh dan pada gilirannya dapat merusak kesehatan jantung kita dan menempatkan kita pada risiko diabetes.

Faktanya, kita bahkan tidak benar-benar harus melakukan diet agar efek ini terjadi. Dalam sebuah penelitian kecil pada tahun 2018, para peneliti menyelidiki efek yang tidak puas dengan tubuh kita pada perkembangan penyakit kronis.

Meskipun ini adalah hari-hari awal dalam penelitian dan studi lebih lanjut tentang topik ini sangat diperlukan, para peneliti dalam studi ini mencatat orang-orang yang lebih tidak puas dengan tubuh mereka, memiliki tingkat peradangan yang lebih tinggi dalam tubuh.

Ini berpotensi menimbulkan percabangan besar bagi kesehatan, karena efek peradangan dalam tubuh tercatat terkait dengan sejumlah masalah kesehatan seperti kesehatan jantung dan jantung yang buruk.

4. Diet buruk bagi kesehatan mental kita

Ini adalah masalah besar, Gangguan Makan Victoria telah mencatat, wanita yang sering melakukan diet (lebih dari 5 kali) 75% lebih mungkin mengalami depresi, itu sangat signifikan. 

Dan dalam sebuah penelitian di Australia tahun 2006, para peneliti menemukan gadis-gadis remaja yang melakukan diet pada tingkat yang parah memiliki kemungkinan 18 kali lebih besar untuk mengalami kelainan makan dalam waktu enam bulan.

Bukan hanya itu, mereka juga memiliki peluang 20% untuk mengalami kelainan makan setelah 12 bulan melakukan diet ekstrem.

Diet tidak membuat kita merasa nyaman dengan diri kita sendiri, itu adalah prekursor untuk gangguan makan dan pada akhirnya merusak harga diri kita, bahkan jika kita tidak mengembangkan gangguan makan.

Tubuh kita tidak dirancang untuk memertahankan diet dalam jangka panjang, kita semua memiliki titik berat badan di mana tubuh kita berfungsi secara optimal dan diet mengajarkan kita untuk mencoba dan mengesampingkannya.

Sebagian besar dari kita akan tergelincir dari kereta musik di beberapa titik sekalipun. Ini sering dapat membuat kita merasa gagal memengaruhi kesejahteraan mental kita setiap saat.

5. Berat badan bisa berubah

Dalam sebuah studi tahun 2017 yang diterbitkan dalam New England Journal of Medicine, para peneliti menindaklanjuti sekitar 9.500 pasien yang memiliki penyakit arteri koroner.

Para peneliti menemukan orang-orang yang memiliki penyakit arteri koroner dan banyak fluktuasi berat badan, seperti apa yang terjadi pada kita yang tak konsisten menjalankan diet, memiliki peluang lebih besar untuk menderita kardiovaskular.

Semakin banyak orang berfluktuasi semakin besar efek yang diperoleh.

6. Diet tradisional menumbuhkan stigma

Stigma berat badan bias atau bertentangan terhadap orang, karena ukurannya dan ada di mana-mana.

Kamu mungkin dapat memutuskan tanpa menyadarinya dan sebagian besar dari kita mengalami tekanan stigma yang besar dari ukuran kita.

Sebagai masyarakat, kita mengecek orang yang tidak cocok dengan norma sosial yang sudah ada sebelumnya.

Ini mungkin berdasarkan pada suku kita, tingkat kekayaan, jenis kelamin, ukuran tubuh atau semua ini.

Sedihnya, di dalam masyarakat kita saat ini jika kita kurus, entah bagaimana lebih unggul dari seseorang yang hidup dalam tubuh yang lebih besar.

Selain itu, penelitian ini juga menunjukkan orang yang tinggal di lembaga yang lebih besar dihadapkan dengan sekolah, universitas, di tempat kerja, dan di dalam sistem perawatan kesehatan.

Pola makan tradisional dan stigma berat badan berjalan sambil bergerak berkembang pesat.

Sementara kita terus berdiet setiap kali tahun baru, padahal sadar tidak akan berubah.

Jadi ini bukan hanya tentang diet yang tidak baik untukmu, ini tentang masyarakat keseluruhan dan kami perlu mengubah cara kamu berpikir tentang badan yang berat.


Jadi, apa yang harus kamu lakukan?

1. Fokus pada mengapa kamu makan, bukan apa yang kamu makan

Metode ini sangat membantu jika kamu suka makan berlebihan atau makan emosional, yang sering dirasakan oleh kebanyakan orang.

2. Berlatih makan dengan hati-hati

Makan dengan memusatkan fokus pada makanan yang sehat untuk tubuh dan bukan untuk tujuan mengubah badan kita.

Program makan yang perlu diperhatikan dengan mengacu pada tekanan darah dan kolesterol dalam perbaikan tubuh dan harga diri, itu jauh lebih sehat untuk kita dari diet dan lebih ramah.

3. Jadilah bagian dari perubahan

Berhentilah dan hindari mengomentari berat badan teman, keluarga atau kenalan yang kamu temui.

Dengan tidak fokus pada penampilan orang lain, kamu akan membantu merobohkan stigma berat badan dan kamu juga akan otomatis berhenti menilai diri sendiri.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/01/05/090500520/6-alasan-tidak-perlu-diet-di-tahun-ini-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke