Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kiat Memilih Berlian untuk Kado Valentine

KOMPAS.com - Bagi sebagian orang, Hari Valentine atau Hari Kasih Sayang merupakan momen yang tepat untuk mengekspresikan rasa cinta kepada orang-orang terdekat.

Salah satu cara yang biasa dipilih adalah dengan memberikan hadiah. Jika kamu salah satunya, berlian mungkin bisa menjadi pilihan hadiah untuk orang tercinta.

Selain untuk menyempurnakan penampilan, berlian juga bisa disimpan dan menjadi hadiah dan warisan untuk anak-cucu kelak.

Namun, memilih perhiasan untuk hadiah ternyata tak semudah yang kita duga. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, mulai dari selera orang yang akan kita hadiahi hingga memahami kualitas berlian.

Beberapa tips berikut bisa membantumu memilih hadiah perhiasan yang tepat:

1. Selera

Ketahuilah selera dari orang yang akan kamu hadiahi perhiasan. Jika ia lebih menyukai perhiasan atau aksesori berukuran kecil, jangan berikan perhiasan seperti kalung dengan liontin besar atau gelang besar.

Jika orang tersebut merupakan pribadi yang aktif, jangan berikan perhiasan yang memiliki desain terlalu rumit.

Lihat apakah dia menyukai desain tradisional atau justru yang kekinian. Apakah ia menyukai bentuk yang simpel atau malah yang ramai.

2. Riset

Sebelum membeli, lakukan riset dengan mengakses situs-situs perusahaan berlian untuk memahami istilah-istilah yang berkaitan dengan kualitas perhiasan. Mulai dari arti "clarity" atau kemurnian, hingga grade dari berlian yang akan dipilih.

3. Beli di tempat terpercaya

Jangan mudah teriming-imingi diskon atau potongan harga. Pastikan harga berlian yang kamu dapatkan memang sesuai dan dibeli dari toko yang terpercaya.

Kamu bisa bertanya terlebih dahulu pada teman atau mencari informasi melalui internet. Cari tahu pula mengenai kebijakan pengembalian dan apakah kamu bisa membelinya dengan sistem pembayaran kredit.

Pilihan hadiah valentine berlian

Beberapa toko perhiasan menawarkan koleksi berlian untuk merayakan hari kasih sayang.

Salah satunya Central Mega Kencana (CMK) yang meluncurkan kampanye bertajuk Gift Ideas melalui merek di bawah payung perusahaannya, Frank & co, Miss Mondial dan The Palace Jeweler.


Seluruh koleksi perhiasan berlian Gift Ideas yang diluncurkan menggunakan berlian dengan bentuk potongan bundar (round shape diamond) yang natural serta berasal dari sumber yang terpercaya dan terhindar dari konflik.

Untuk hadiah valentine, rupanya liontin berlian berbentuk hati masih menjadi pilihan utama.

"Gift Ideas dalam bentuk hati mengasosiasikan cinta dan hubungan emosional antar manusia dan sebagai simbol cinta universal," tulis CMK dalam keterangan tertulisnya.

Meski terlihat serupa, namun liontin berbentuk hati juga memiliki banyak jenis, lho. Bagaimana agar kita memilih yang tepat? Kamu bisa menyesuaikan kesukaanmu dengan berlian dari tiga merek perhiasan berikut:

1. Frank & co.

Pada bagian tengah liontin terdapat rupa infiniti dan berlian sebesar 0.051 karat dengan kejernihan F VVS yang tampak indah. Ukiran berbentuk infiniti melambangkan cinta kasih yang tanpa akhir.

2. Miss Mondial

Desain ini cocok untuk pilihan remaja dan dewasa muda yang bersifat aktif dan dinamis. Kalung Amaera Hadir dengan warna rose gold dengan emas 3.3 gram dan berlian sebesar 0.017 karat.   

3. The Palace Jeweler

Koleksi ini menggunakan emas berkadar 18 karat seberat 2.3 gram dan berlian sebesar 0.05 – 0.1 karat yang hadir dalam pilihan warna white gold dan rose gold.

Koleksi Gift Ideas tersedia di gerai Frank & co, Miss Mondial dan The Palace Jeweler yang tersebar di seluruh Indonesia dan dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau, yakni tak lebih dari Rp 5 juta.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/02/06/143333020/kiat-memilih-berlian-untuk-kado-valentine

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke