Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Simak, 6 Kiat Jaga Imunitas agar Terhindar dari Flu

Beberapa orang mungkin memiliki sistem imun yang lebih lemah dibandingkan orang-orang lainnya.

Meski begitu, ada cara-cara tertentu yang bisa dilakukan untuk menjaga tubuh tetap berenergi dan sehat, termasuk menjaga bentuk tubuh ideal.

Sedikitnya ada enam cara yang bisa diterapkan untuk memiliki sistem imun yang lebih baik dan kuat.

1. Mengurangi stres

Menjaga diri agar terhindar dari stres tidak hanya berkaitan dengan kebahagiaan, tetapi juga sistem imun.

Level kortisol dan adrenalin yang tinggi bisa menekan sistem imun, itulah mengapa orang-orang yang stres seringkali lebih mudah sakit.

Jadi, cobalah luangkan waktu untuk bersantai, baik dengan berendam air hangat, menonton film secara maraton, meditasi atau kegiatan lain yang dapat menjauhkan diri dari stres.

2. Memperbaiki pola makan

Ketika sakit, banyak orang meningkatkan asupan vitamin dan mineralnya.

Namun, alih-alih menunggu sakit terlebih dahulu untuk mengonsumsi vitamin C, idealnya menerapkan pola makan seimbang dengan asupan vitamin dan mineral yang cukup.

Usahakan memperbanyak makanan tinggi antioksidan, vitamin A, C, E dan sumber-sumber makanan kaya seng dan zat besi untuk menguatkan sistem imun.

3. Bergerak

Olahraga tidak hanya menjaga bentuk tubuh tetap ideal, tetapi juga merupakan komponen kunci dalam penerapan hidup sehat.

Olahraga baik untuk tekanan darah, berat badan, kesehatan jantung, dan bisa melindungi tubuh dari penyakit.

Kondisi kesehatan umum yang baik bisa memicu sistem imun yang lebih sehat.

Olahraga juga baik untuk sirkulasi darah, di mana sel-sel sistem imun bergerak ke seluruh tubuh dan menjalankan fungsinya.

Kamu tak harus melakukan olahraga berat. Jalan kaki 30 menit, lompat tali, berolahraga menggunakan aplikasi, bahkan melakukan pekerjaan rumah tangga berat pun cukup untuk menjaga kebugaran tubuh.

4. Cukup tidur

Sejumlah studi membuktikan, kurang tidur bisa membuat tubuh lebih rentan sakit karena tubuh akan memproduksi antibodi yang lebih sedikit untuk memerangi infeksi.

Kurang tidur seringkali menyebabkan stres, kerja berlebihan atau insomnia. Kondisi ini bisa meningkatkan jumlah kortisol atau hormon stres dalam tubuh.

Tidur selama delapan jam mungkin sulit dicapai bagi orang-orang yang memiliki rutinitas pekerjaan yang padat, namun setidaknya tubuh mendapatkan tidur tujuh jam setiap harinya.

5. Perhatikan asupan alkohol

Sejumlah studi membuktikan, minum alkohol berlebih bisa menekan sistem imun. Maka tidak heran mereka yang mengonsumsi alkohol berlebih akan lebih mudah sakit.

6. Merawat kesehatan usus

Kesehatan usus jauh lebih penting dari yang mungkin kita sadari. Pada sebuah kasus, seorang pasien mengunjungi dokter karena merasakan sakit kepala yang terjadi terus-menerus.

Di akhir sesi konsultasi, dokter memintanya untuk mengubah pola makan dan mengonsumsi suplemen untuk mengatasi ketidakseimbangan pada usus pasien tersebut.

Untuk kasus ini, konsumsi probiotik bisa cukup efektif dan terbukti membantu mengatasi infeksi gastrointestinal yang juga memengaruhi sistem imun.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/02/20/094051620/simak-6-kiat-jaga-imunitas-agar-terhindar-dari-flu

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.