Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini Desain Facemask Produksi Aldo untuk Bantu Tim Medis Hadapi Corona

BANDUNG, KOMPAS.com - Aldo Ikhwanul Khalid (46) bersama timnya memproduksi pelindung wajah gratis untuk membantu tim medis di Indonesia menghadapi Coronavirus Disease (Covid-19).

Facemask yang ia beri nama Lifeshield ini didesain sebagai pelindung yang bisa digunakan berkali-kali dan nyaman dipakai sampai berjam-jam.

“Kami tidak menggunakan 3D print karena didesain sesederhana mungkin. Supaya bisa diproduksi oleh siapapun dengan peralatan dan skill minimal dengan biaya yang serendah-rendahnya,” ujar Aldo saat dihubungi Kompas.com, Selasa (31/3/2020).

Desainnya sendiri selalu berubah, berdasarkan feedback dari pemakai di lapangan, yakni tenaga medis. Hingga kini sudah 500 facemask yang dibagikan ke faskes (fasilitas kesehatan) di Jakarta dan Jawa Barat.

“Talinya sendiri menggunakan paracord, yang biasa dipakai di tas. Tapi kalau tidak ada, tali sepatu pun bisa,” imbuhnya.

Lifeshield memiliki tiga setelan utama. Pertama, tali pengikat untuk menyesuaikan dengan ukuran kepala atau seberapa kencang lifeshield akan dipakai. Juga untuk menyesuaikan dengan penggunaan penutup kepala lain.

Kedua, plat dahi bisa ditekuk sesuai dengan penggunaan penutup kepala lain. Ketiga, panjang plastik bisa ditrim atau dipendekkan jika dibutuhkan.

“Lifeshield adalah solusi darurat yang didesain dalam waktu dua hari dan selalu mengalami perbaikan berdasarkan feedback yang masuk dari lapangan,” ungkapnya.

“Lifeshield tidak memiliki sertifikasi ISO ataupun WHO karena merupakan inisiatif mandiri. Dengan filosofi apapun lebih baik daripada tidak ada, sementara menunggu pelindung yang bersertifikat tersedia,” tuturnya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/03/31/163717220/ini-desain-facemask-produksi-aldo-untuk-bantu-tim-medis-hadapi-corona

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke