Salin Artikel

Orel Borgesca, Perempuan 103 Tahun yang Rasakan 2 Kali Pandemi Global

Pengalaman ini, -bagi banyak orang, merupakan yang pertama kali. Namun, tidak demikian dengan Orel Borgesca.

Perempuan berusia 102 tahun ini pernah menghadapi krisis kesehatan global semacam ini  di tahun 1918, saat "Spanish Flu" merebak menjadi wabah yang mematikan.

Borgesca, yang tak lama lagi akan menginjak usia 103 tahun memang buaru berusia berberapa bulan ketika wabah itu merebak.

Di masa itu, virus flu menginfeksi sepertiga populasi dunia, dan menewaskan sedikitnya 50 juta orang.

Meskipun Borgesca tak bisa mengingat pengalaman itu secara pribadi, namun dia tak bisa melupakan kisah yang terus dia dapatkan dari cerita kerabat dan sanak keluarganya di masa itu.

"Abang dari ibu saya dan istrinya tidak memiliki anak, dan dalam masa epidemi itu mereka tinggal bersama kami, sudah seperti ayah saya. Sayangnya bibi saya terserang flu, dan dia meninggal," kata Borgesca.

Sekarang, setelah lebih dari seabad kemudian, perempuan lanjut usia ini terus membawa kenangan itu dengannya.

Dia pun mengambil tindakan pencegahan untuk melindungi dirinya selama krisis kesehatan covid-19.

Borgesca mengkarantina diri di rumahnya di Michigan, Amerika Serikat, bersama putrinya Bonnie, sambil berharap dapat tetap aman.

"Saya banyak merajut, membaca, dan bermain scrabble dengan putriku," kata dia.

"Saya memiliki iman yang kuat, dan aku percaya bahwa Tuhan yang berkuasa, dan ini semua akan selesai dengan baik."

Orel Borgesca juga menceritakan, bagaimana anggota keluarga lain datang berkunjung, dan melihat dia melalui jendela ruang tamunya.

Perempuan ini akan genap berusia 103 tahun pada Selasa depan. Karena itu pula, sudah banyak kerabat dan tetangga yang mengunjungi dia.

Mereka menjenguk dalam jarak aman, dan tak jarang yang juga membawa tanda-tanda bertuliskan  "selamat ulang tahun" dan beragam dekorasi untuk halaman rumahnya.

Orel Borgesca berujar, harapannya di hari ulang tahun adalah melihat kondisi pandemi yang melanda dunia bisa segera berakhir. Semoga...

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/04/09/135848620/orel-borgesca-perempuan-103-tahun-yang-rasakan-2-kali-pandemi-global

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.