Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Merespons Pertanyaan Mengenai Status Single dengan Bijak

Kompas.com - 16/04/2024, 17:17 WIB
Nazla Ufaira Sabri,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Mungkin salah satu pertanyaan yang paling sering dihadapi oleh banyak individu adalah mengapa mereka masih single.

Seringkali, pertanyaan ini muncul dalam berbagai konteks, baik dari keluarga, teman-teman, atau bahkan dari diri sendiri.

Meskipun terdengar sepele, cara meresponsnya bisa menjadi momen penting untuk memperkuat kepercayaan diri dan menemukan solusi cerdas untuk situasi tersebut.

Cara merespon pertanyaan status single

1. Ingatlah bahwa mereka mungkin bermaksud baik

Pertama-tama, penting untuk diingat bahwa orang yang bertanya mungkin hanya bermaksud baik. Mereka mungkin tidak menyadari bahwa pertanyaan tersebut bisa terasa sensitif bagi kamu.

Jadi, cobalah untuk tidak langsung merasa tersinggung, tetapi lihatlah dari sudut pandang bahwa mereka hanya ingin berinteraksi atau mengetahui lebih banyak tentang dirimu.

Baca juga: Kenapa Saya Jomblo? Mungkin 8 Hal Ini Penyebabnya

2. Pertimbangkan apa yang Ingin kamu katakan

Sebelum merespons, pertimbangkan apakah kamu ingin memberikan tanggapan atau tidak. Kamu tidak harus memberikan penjelasan apapun mengenai kehidupan pribadimu jika tidak merasa nyaman melakukannya. Namun, jika memilih untuk berbicara, pastikan untuk memilih kata-kata dengan bijak.

3. Berikan alasan yang autentik

Jika kamu memilih untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikan alasan yang autentik. Tidak perlu merasa malu atau terbebani dengan status single. Ceritakanlah dengan jujur apa yang menjadi alasan di balik statusmu saat ini. Namun, tetaplah berhati-hati dalam membagikan informasi pribadi.

Baca juga: 4 Trik Menjawab Pertanyaan Mengapa Masih Jomblo?

4. Jangan merasa bersalah jika berbohong

Jika kamu merasa bahwa menjawab pertanyaan tersebut dengan jujur akan terlalu pribadi atau tidak pantas, tidak perlu merasa bersalah jika kamu memilih untuk berbohong sedikit. Terkadang, menjaga privasi diri sendiri adalah hal yang wajar dan diperlukan dalam situasi tertentu.

5. Terakhir, jelaskan mengapa pertanyaan tersebut tidak pantas

Jika kamu merasa bahwa pertanyaan tersebut tidak pantas atau melewati batas, kamu memiliki hak untuk menyatakan hal tersebut dengan sopan. 

Kamu dapat menjelaskan secara singkat mengapa pertanyaan tersebut tidak sesuai atau membuatmu tidak nyaman. Misalnya,  kamu dapat mengatakan bahwa pertanyaan tentang status hubungan pribadi adalah hal yang sangat pribadi dan sebaiknya tidak ditanyakan secara terbuka.

Baca juga: 60 Persen Jomblo di Indonesia Ditekan Keluarga untuk Menikah, Apa Sebabnya?

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com