Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Makanan Sehat yang Harus Dikonsumsi Pria untuk Memperpanjang Umur

KOMPAS.com - Ingin hidup panjang umur hingga 100 tahun ke atas? Maka kamu harus mengurangi konsumsi daging dan kentang, meski keduanya bisa menjadi bagian dari pola makan sehat, jika dikonsumsi dalam jumlah tepat.

Banyak pria biasanya fokus pada makanan kaya protein, tapi kurang memperhatikan konsumsi sayuran dan makanan kaya serat lainnya.

Untuk meningkatkan kesehatan dan meningkatkan peluang berumur panjang, ahli diet terdaftar Samantha Cassetty merekomendasikan untuk makan minimal dua setengah cangkir sayuran, dua cangkir buah, dan 30 hingga 38 gram serat per hari.

Berikut rekomendasi 5 makanan sehat yang harus dikonsumsi para pria:

1. Blueberry

Blueberry segar atau beku, mengandung antioksidan kuat yang membantu memperbaiki DNA dan mengurangi risiko kanker.

Selain sifat anti-karsinogeniknya, blueberrry juga baik untuk menjaga daya ingat dan keterampilan berpikir dalam jangka panjang. Satu cangkir blueberry setara dengan empat gram serat yang sangat dibutuhkan.

2. Ikan salmon

Asam lemak omega-3, yang terdapat dalam salmon, membantu menurunkan risiko penyakit jantung, penyebab utama kematian di kalangan pria Amerika, seperti yang tercatat di Pusat Pengendalian dan pencegahan Penyakit AS (CDC). Salmon dan jenis makanan laut lainnya juga kaya akan protein pembentuk otot.

Makan makanan laut dua kali seminggu tidak hanya memenuhi kebutuhan omega-3, tetapi juga seng dan zat besi.

Sementara itu mulailah membatasi sumber protein lain yang kurang sehat, seperti daging merah dan daging olahan yang disukai para pria.


3. Bayam

Sayuran hijau pada umumnya baik untuk kesehatan. Namun, dibandingkan dengan yang lain, bayam memiliki rasa yang lebih lembut, yang membuatnya lebih menarik bagi mereka yang tidak menyukai rasa pahit atau kuat.

Bayam kaya akan karotenoid seperti beta-karoten, lutein, dan zeaxanthin. Penelitian laboratorium menunjukkan, bahwa senyawa nabati ini dapat menghentikan perkembangan kanker.

Lutein dan zeaxanthin juga membantu melindungi penglihatan dari cahaya biru - jenis cahaya yang dipancarkan dari ponsel, tablet, dan perangkat digital lainnya.

Satu studi di antara orang dewasa yang berusia lebih tua menemukan, bahwa satu porsi bayam per hari mengurangi risiko penurunan kognitif – pria yang makan satu porsi secara rutin memiliki kemampuan kognitif yang mirip dengan mereka yang berusia 11 tahun lebih muda.

4. Kacang-kacangan

Peneliti Spanyol menemukan, bahwa menambahkan kacang ke dalam makanan dapat membantu meningkatkan "kemampuan" di tempat tidur.

Studi ini melaporkan, pemakan kacang memiliki orgasme yang lebih baik dan dorongan seksual yang lebih kuat dibandingkan dengan mereka yang mengikuti Standard American Diet, yang mengonsumsi kacang lebih sedikit.

Penelitian lain menemukan, kacang bermanfaat untuk meningkatkan kualitas sperma, yang mengarah pada kesuburan yang lebih baik.

Kedua manfaat tersebut diduga disebabkan oleh jenis lemak sehat dan kadar antioksidan tinggi yang ditemukan dalam kacang.

5. Edamame

Kanker prostat adalah kanker nomor dua yang paling banyak didiagnosis di antara laki-laki, dan meta-analisis baru-baru ini menemukan, bahwa makanan berbasis kedelai seperti edamame dapat menurunkan risiko terkena kanker.

Satu cangkir edamame yang dimasak dengan kulitnya menghasilkan 11 gram protein, lima gram serat, dan banyak nutrisi lainnya, termasuk magnesium, folat, zat besi, dan kalium.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/06/22/225510520/5-makanan-sehat-yang-harus-dikonsumsi-pria-untuk-memperpanjang-umur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke