Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Manfaat Mengajak Anak-anak Berkebun

KOMPAS.com - Tanpa kita sadari, anak-anak terus bertumbuh, belajar, dan berkembang setiap hari dalam hidup mereka.

Dan untuk mempelajari keterampilan baru, anak-anak tidak perlu selalu duduk di belakang meja atau di depan layar komputer.

Mendorong anak-anak untuk beraktivitas di luar ruangan, membuat tangan mereka kotor di kebun juga akan membantu mereka mengembangkan keterampilan hidup baru yang berharga.

Lagipula, apa yang bisa lebih menyenangkan daripada menjadi kotor, menggali tanah, menanam bunga-bunga mereka sendiri, menyiraminya dengan air, dan memerhatikan tanaman-tanaman tumbuh?

Berkebun bukan hanya menyehatkan, anak-anak dapat belajar keterampilan baru, bersenang-senang, bermain, dan mengembangkan rasa percaya diri dengan menghabiskan waktu di kebun merawat tanaman dan menanam sumber makanan mereka sendiri.

Selain itu, berkebun membantu mengajari anak-anak pentingnya mengelola, sambil memperkuat pemberdayaan dan ketegasan, serta menjadi momen menyenangkan menghabiskan waktu bersama orangtua mereka.

Menurut Colin Campbell-Preston BSc (Hons) Hortic, managing director Capital Gardens, setidaknya ada enam manfaat berkebun untuk anak-anak.

1. Tanggung jawab

Mengajari anak-anak pentingnya tanggung jawab akan membuat mereka siap menghadapi semua aspek kehidupan mereka.

Berkebun adalah cara yang bagus untuk mendorong anak kecil untuk menerima tanggung jawab atas tugas atau proyek tertentu.

Bisa mengemban tanggung jawab dan pertanggungjawaban dengan baik juga akan membantu anak-anak bangga dengan prestasi mereka.

2. Kreativitas

Berkebun adalah cara yang bagus untuk merangsang imajinasi anak-anak dan mendorong mereka untuk melatih kreativitas mereka.

Baik mereka memilih tanaman, belajar menanam, atau merawat tanaman, taman adalah lingkungan yang bagus untuk mengeksplorasi dan menemukan cara baru dan menarik untuk membangun dan menumbuhkan kreativitas mereka.


3. Memahami Nutrisi

Dalam beberapa tahun terakhir, semakin banyak keluarga yang mulai menanam makanan segar sendiri di kebun mereka.

Meski kecil, kebun yang dibangun bersama di rumah akan menawarkan lingkungan yang bagus untuk mengajari anak-anak pentingnya nutrisi, serta manfaat yang datang seiring dengan memimpin gaya hidup bahagia, sehat, dan seimbang.

Membantu anak-anak memahami dari mana makanan segar berasal akan membantu mereka membuat pilihan makanan yang bijak di masa depan.

4. Kesehatan dan Kebugaran

Menyenangkan, produktif, dan mengasyikkan; anak-anak suka menjelajahi alam bebas. Dan mendorong anak-anak untuk beraktivitas di kebun, tidak hanya akan membantu mereka mengembangkan keterampilan hidup inti, tetapi juga akan membantu meningkatkan perkembangan sensorik dan fisik mereka.

5. Menemukan hal baru

Kebun adalah ruang kelas terbuka di mana anak-anak dapat belajar tentang alam, tanaman, nutrisi, dan bahkan kondisi cuaca yang berbeda. Manfaat pendidikan ini akan memiliki dampak positif ketika mereka tumbuh menjadi lebih dewasa.

Dari mengamati bagaimana sinar matahari memengaruhi pertumbuhan tanaman, hingga menyaksikan peran penting yang dimainkan serangga di taman, anak-anak akan mampu mengapresiasi alam dan lingkaran kehidupan.

Dan siapa tahu, suatu hari mereka mungkin memberikan keterampilan hidup yang berharga yang mereka peroleh dari orangtuanya, kepada anak-anak mereka sendiri!

6. Percaya Diri

Berkebun adalah cara yang bagus untuk meningkatkan harga diri, merangsang pemikiran independen, dan meningkatkan tingkat keterlibatan.

Tapi itu belum semua. Salah satu manfaat utama berkebun bersama anak-anak adalah bisa menghabiskan banyak waktu berkualitas bersama mereka.

Selamat berkebun bersama anak-anak!

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/06/29/212301020/6-manfaat-mengajak-anak-anak-berkebun

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.