Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Manfaat Minyak Zaitun untuk Pria, dari Obat Impotensi hingga Diabetes

KOMPAS.com - Manfaat minyak zaitun ternyata beragam. Hanya saja, belum banyak yang mengetahuinya.

Minyak yang sering dianggap lebih sehat daripada minyak masak lainnya ini, khususnya untuk pria, dipercaya bisa mengatasi kondisi yang berhubungan dengan keperkasaan di ranjang.

Selain itu, dengan rutin mengonsumsi minyak zaitun, risiko mengalami berbagai penyakit yang kerap menyerang pria seperti diabetes dan penyakit jantung, bisa berkurang.

Lalu apa saja manfaat minyak zaitun untuk pria? 

1. Mengurangi risiko terjadinya impotensi

Menurut penelitian, mengadaptasi diet mediterania, yang kaya akan asupan minyak zaitun, sayur, buah, kacang-kacangan, dan ikan, membuat risiko pria terkena impotensi bisa berkurang.

Tidak hanya itu, pola makan sehat ini juga akan mengurangi tingkat keparahan impotensi atau lemah syahwat yang sudah terlanjur terjadi.

2. Meningkatkan kadar hormon seks pria

Salah satu jenis minyak zaitun, extra virgin olive oil atau yang sering disebut dengan singkatannya yaitu EVOO, dinilai bisa meningkatkan fungsi reproduksi pria.

Mengonsumsi minyak ini secara teratur akan menambah produksi hormon testosteron, yang merupakan hormon seks pria dan meningkatkan hormon lutein, yang merangsang sel-sel di testis untuk memproduksi hormon testosteron.

3. Menurunkan tekanan darah

Menjalani diet mediterania yang banyak mengonsumsi minyak zaitun, juga akan membantu melindungi tubuh dari kenaikan tekanan darah berlebih (hipertensi). Manfaat ini akan semakin terasa jika kita juga rutin berolahraga.

4. Mengurangi risiko diabetes tipe 2

Minyak zaitun dinilai baik untuk mengurangi risiko diabetes tipe 2 karena bahan makanan ini dapat mengembalikan fungsi hormon insulin. Hormon ini berperan besar dalam metabolisme gula di tubuh.

Dengan kembali normalnya kerja insulin, maka tubuh jadi lebih bisa mengatur kadar gula agar tidak menumpuk di darah.

5. Mencegah penyakit jantung

Kemampuan minyak zaitun dalam menurunkan tekanan darah sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung.

Selain itu, minyak ini juga bisa menurunkan kadar LDL atau kolesterol jahat dalam darah, yang juga menjadi salah satu faktor risiko penyakit jantung.

6. Melindungi tubuh dari stroke

Minyak zaitun adalah sumber lemak tak jenuh tunggal yang dinilai dapat menurunkan risiko stroke.

Berbeda dari lemak jenuh yang berbahaya, lemak tak jenuh adalah jenis lemak sehat yang dapat memberikan berbagai manfaat bagi tubuh.

7. Membantu menjaga berat badan

Untuk yang sedang berusaha menurunkan berat badan atau ingin mencapai berat badan ideal, mengganti minyak goreng dan mentega yang biasa digunakan untuk masak, menjadi minyak zaitun, dapat memberikan manfaat bagi kesehatan.

Sebab, minyak zaitun mengandung lemak sehat dan jumlah kalorinya jauh lebih sedikit jika dibandingkan minyak goreng maupun mentega.

8. Sebagai obat pikun alami

Seiring bertambahnya usia, maka kemampuan berpikir dan cara kerja otak manusia bisa menurun. Kondisi ini dinamakan sebagai penyakit Alzheimer, yang disebabkan oleh penumpukan plak beta amiloid di sel-sel otak.

Mengonsumsi minyak zaitun secara rutin, dipercaya bisa menghilangkan plak tersebut. Meski begitu, masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut soal manfaat yang ini.

9. Meredakan nyeri sendi

Manfaat minyak zaitun untuk pria selanjutnya adalah meredakan nyeri dan pembengkakan di sendi yang terjadi akibat rematik atau rheumatoid arthritis.

Efek menyembuhkan dari minyak ini akan semakin maksimal apabila kita juga rutin mengonsumsi minyak ikan.

10. Mencegah masalah lambung

Minyak zaitun juga dinilai bisa membantu menghambat pertumbuhan bakteri, terutama bakteri H. pylori yang tinggal di lambung, dan berisiko memicu tukak lambung hingga kanker.

11. Mengurangi risiko depresi

Pada penelitian yang dilakukan menggunakan hewan uji, konsumsi extra virgin olive oil dinilai dapat melindungi sistem saraf dan berpotensi untuk mengatasi depresi dan gangguan kecemasan.

12. Menyehatkan hati

Molekul yang ada di dalam minyak zaitun, dianggap bisa memperbaiki kerusakan hati. Manfaat ini datang dari kandungan asam oleat dan fenolik.

Kedua komponen ini dapat mencegah peradangan, stres oksidatif, resistensi insulin, dan perubahan-perubahan lain yang dapat memicu kerusakan hati.

13. Menjaga kesehatan saluran pencernaan

Kandungan fenol yang ada di minyak zaitun bisa meningkatkan daya tahan saluran pencernaan dengan mengubah susunan mikroba yang ada di dalamnya.

Manfaat minyak zaitun ini berguna untuk pria yang punya riwayat mengalami Inflammatory Bowel Disease (IBD), seperti penyakit crohn dan colitis.

Setelah melihat begitu banyaknya manfaat minyak zaitun untuk pria, ada baiknya kita memasukkannya ke dalam menu harian. Namun ingatlah, bahwa konsumsi minyak sehat ini juga perlu disertai dengan berolahraga secara teratur.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/09/03/124305820/manfaat-minyak-zaitun-untuk-pria-dari-obat-impotensi-hingga-diabetes

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke