Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips Parenting Pangeran William & Kate Middleton yang Bisa Kita Tiru

KOMPAS.com - Jika menyebut keluarga kerajaan Inggris, mungkin yang ada dipikiran kita hanyalah kehidupan yang glamor, penuh dengan kemewahan, dan selalu diistimewakan.

Namun ternyata, dalam hal mengasuh anak, keluarga kerajaan menerapkan gaya pengasuhan yang hampir sama dengan kita.

Pasangan Pangeran William dan Kate Middleton juga memiliki cara yang sama seperti kebanyakan orangtua saat mendidik anaknya.

Walaupun kita tahu, Pangeran William adalah calon Raja Inggris yang mungkin tak bisa memiliki hubungan layaknya anak dan ayah pada keluarga biasa.

Belum lagi, Kate yang lahir dan dibesarkan dalam keluarga kelas atas yang tentu memiliki banyak hak istimewa.

Namun mereka memutuskan untuk menjalankan beberapa aturan dan pengasuhan yang banyak mengajarkan tentang hidup, sembari tetap menjaga hubungan suami istri agar tetap harmonis.

Berikut adalah beberapa pengasuhan anak ala Pangeran William dan Kate Middleton yang bisa kita tiru.

1. Mengajarkan anak untuk beramal

Seperti ibunya, mendiang Putri Diana, Pangeran William sangat aktif dalam berbagai kegiatan amal.

Kate dan William berpikiran untuk mengajarkan anak-anak mereka tentang pentingnya berbagi dengan pasangan.

Bahkan, Pangeran William memberikan contoh langsung dengan terlibat dalam berbagai kegiatan amal di seluruh dunia. Termasuk beberapa proyek kemanusiaan di Afrika dimana ia merawat mereka yang dilanda kemiskinan dan yang terinfeksi AIDS.

2. Miliki waktu kencan

Kate selalu menjadi ibu yang baik, tetapi setiap putri membutuhkan malam yang indah bersama pangerannya.

Kate dan William tak hanya pergi ke pertemuan kelas atas, tapi mereka juga berjalan-jalan bersama dan benar-benar mencoba menghabiskan waktu jauh dari kamera dan saling mengobrol satu sama lain.

3. Anak-anak dibiarkan tetap mengekspresikan sifat asli mereka

Ketiga anak-anak William-Kate yakni, George, Charlotte, dan Louis dibiarkan untuk bertingkah jenaka, konyol dan berantakan seperti kebanyakan anak-anak lainnya.

Hal ini dilakukan agar anak-anak bisa menunjukkan sifat asli mereka yang membuat mereka unik.

William dan Kate tidak meminta agar anak-anak mereka menjadi bangsawan kecil yang sempurna sepanjang waktu.

4. Menerima bantuan orang lain

Kate Middleton dikenal begitu dekat dengan kedua orang tuanya. Bahkan setelah anak pertama pasangan ini, George, lahir, Kate tinggal selama beberapa minggu di rumah orangtuanya.

Ibunda Kate, membantunya untuk membiasakan diri menjalani peran barunya sebagai ibu, seperti bagaimana mengurus bayi, menyiapkan makanan untuk mereka. Ibunda Kate melakukan tugas sebagai nenek dengan baik, layaknya keluarga normal lainnya.

Jadi, tak perlu ragu untuk meminta bantuan, bila memang kita tidak bisa melakukannya.

5. Tidak pernah berteriak dan membentak anak

Ini adalah nasihat yang bagus untuk siapa saja. Kate dan William tidak pernah menggunakan nada tinggi saat berbicara dengan anak-anak mereka.

Sebaliknya, menurut Sun, mereka lebih memilih mengajak si kecil untuk ngobrol dan bicara tentang perilaku mereka yang mungkin nakal atau tidak sesuai dengan aturan.

Tampaknya ini adalah nasihat yang bagus untuk diikuti oleh semua orang tua.

6. Membatasi gawai

Seperti banyak orangtua, William dan Kate juga membatasi anak-anak untuk bermain gawai dan menonton televisi.

Anak-anak menghabiskan banyak waktu di luar ruangan, menjelajahi bukit-bukit indah dan tempat-tempat bersejarah di seluruh Inggris dan dunia.

7. Berpelukan adalah hal yang penting

Bukan rahasia lagi bahwa hubungan fisik sangat penting untuk perkembangan setiap anak. Kate sangat mencintai anak-anaknya dan mengingatkan mereka tentang pentingnya berpelukan.

Sentuhan orangtua memungkinkan kita untuk menjalin perasaan cinta yang lebih kuat dengan anak-anak kita dan menawarkan kenyamanan pada saat mereka membutuhkan, seperti saat mereka terjatuh atau merasa sakit hati.

8. Berjongkok saat berinteraksi dengan anak

Kate selalu terlihat berjongkok saat berinteraksi dengan anak-anaknya. Dia percaya bahwa dengan saling menatap, anak-anak tidak akan terintimidasi dan merasa lebih nyaman sejak kecil.

Ini akan mendorong kepercayaan diri, jadi berjongkoklah agar mereka berada satu level denganmu.

Mendongak ke atas saat harus berkomunikasi denganmu akan membuat mereka merasa lebih kecil. Namun berbicara dengan berjongkok akan membuat mereka merasa aman dan didengar.

9. Memiliki waktu yang berkualitas bersama keluarga

Setiap anak perlu memiliki dukungan yang tak hanya datang dari keluarga inti saja, tetapi juga dari keluarga besar.

Kate dan William bersikeras agar anak-anak menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga, termasuk sepupu, dan melakukan semua hal menyenangkan bersama mereka.

10. Memeluk anak saat mereka nakal

Menurut Duchess of Cambridge, beberapa wajah nakal pantas ditertawakan dan dipeluk daripada ditegur. Itu adalah nasihat yang kuat untuk setiap orang tua.

Anak-anak sedang dalam tahap belajar untuk menghadapi kehidupan dan berbaur dengan orang lain yang tidak mereka sukai atau inginkan.

Jadi memaklumi dan merangkul mereka adalah hal penting yang bisa dilakukan orangtua.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/10/20/073612520/tips-parenting-pangeran-william-kate-middleton-yang-bisa-kita-tiru

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke