Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Biden Beauty, Merek Kecantikan yang Mendukung Joe Biden di Pilpres AS

KOMPAS.com - Sejumlah selebriti dan tokoh politik diketahui mendukung Joe Biden dalam Pilpres AS, yang pada akhirnya mengantarkan wakil Partai Demokrat itu ke Gedung Putih.

Rasanya kita bisa mengerti jika mereka, dan juga sejumlah masyarakat, merasa punya alasan untuk memilih Biden.

Namun, sepertinya agak jarang jika pria kelahiran 20 November 1942 itu menjadi inspirasi di balik sebuah merek kecantikan.

Akhir September lalu, sebuah akun media sosial dengan nama Biden Beauty mulai muncul secar online.

Dilanisir Insider, merek tersebut saat itu ternyata sudah menjual beberapa barang yang terinspirasi dari Biden, seperti hoodie, totebag, pin, stiker, hingga spons riasan wajah.

Menurut situsnya, Biden Beauty tidak berafiliasi secara resmi dengan kampanye kandidat presiden, namun belum jelas tentang siapa sosok yang menginisiasinya.

Tertulis pada situsnya bahwa mereka "bangga untuk mendukung" kandidat dari Demokrat.

Tercantum pula bahwa mereka akan mendonasikan 100 persen hasil penjualannya untuk Biden Victory Fund, yang artinya dana tersebut akan digunakan untuk membantu mantan wakil presiden Barack Obama itu memenangkan pemilu.

Meski memiliki wajah sebagai merek kecantikan dan aksesori, namun Biden Beauty ternyata memiliki tujuan untuk mengajak orang-orang memilih dalam Pemilu.

"Terinspirasi oleh keindahan alami Joe Biden sendiri, merek ini berharap dapat menunjukkan kepada orang Amerika bahwa setiap dari kita cantik, kuat, dan penting," tulis situs merek tersebut.

"Biden Beauty berharap dapat menyebarkan pesan bahwa Amerika cantik dan akan selalu cantik, tetapi untuk mempertahankan pesan ini, Amerika perlu memilih, dan memilih biru."

Meski belum jelas apakah merek tersebut akan meluncurkan item kosmetik sesungguhnya atau tidak, mereka mengungkapkan rencananya untuk meluncurkan barang-barang baru hingga hari pemilihan tiba.

Semua produk yang dirilis Biden Beauty adalah produk terbatas dan tidak akan dijual setelah 4 November 2020.

Kemunculan Biden Beauty mengundang tanya dari banyak orang dan mereka mempertanyakan eksistensinya.

"Umm, apakah kalian nyata?" demikian salah satu pertanyaan yang dicantumkan dalam laman pertanyaan yang sering ditanyakan (Frequently Asked Question/FAQ).

Merek tersebut menjawab, "tidak ada berita palsu di sini. Biden Beauty adalah merek kecantikan nyata yang bertujuan untuk menggabungkan keindahan dan politik untuk mendorong pesan keragaman, inklusivitas, dan agensi dalam komunitas kecantikan, dan seterusnya."

Seperti yang telah disebut sebelumnya, salah satu barang yang dijual adalah spons kecantikan yang diberi nama Biden Beat Makeup Sponge.

Spons ini dibanderol 20,20 dollar AS atau sekitar Rp 286 ribu.

Menurut penjelasan pada situs mereka, ada banyak pemikiran yang dimasukkan ke dalam spons tersebut.

Warna birunya merepresentasikan Partai Demokrat dan bisa menghapuskan warna jingga, atau yang kemungkinan besar mewakili petahana Donald Trump.

Spons dua sisi tersebut juga disebut tahan lama, kuat dan dapat diandalkan, dan ya, tentu saja citra itu juga untuk merepresentasikan Biden.

Hingga Insider menaikkan beritanya, perwakilan Biden Beauty belum memberikan respons.

Akun Instagram @verygoodleft tempat mereka mengunggah foto dan video Biden Beauty pun terakhir mengunggah konten pada 15 Oktober lalu.

Adapun barang-barang yang dibagikan atau dijual untuk mendukung kampanye kandidat dalam pemilu sebetulnya bukan barang baru.

Dalam konteks Pilpres AS, misalnya, pihak Trump juga memiliki barang-barang kampanye yang secara resmi diberi label "Make America Great Again".

Salah satu item paling populernya adalah topi baseball.

Slogan itu juga dicantumkan dalam barang kampanye lainnya, seperti kaus, poster, dan lainnya.

Di tanah air, kita juga sering melihat barang-barang terkait kampanye, seperti topi, kaus, stiker, dan lainnya, diigunakan oleh masyarakat.

Meski begitu, rasanya media kampanye seperti merek kecantikan adalah hal yang cukup unik. Mungkinkah kita bisa melihatnya di pemilu lain, selain Pemilu AS 2020?

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/11/08/153000520/biden-beauty-merek-kecantikan-yang-mendukung-joe-biden-di-pilpres-as

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.