Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jam Tangan G-Shock "Damkar" Dibuat Amat Terbatas, Apa Istimewanya?

Buktinya selama ini, dalam berbagai momen dan peringatan, publik Singapura kerap mendapat kesempatan untuk mengenangnya dalam sebuah arloji "special edition".

Namun, dalam kolaborasi terbaru kali ini terasa istimewa, sebab penggemar G-Shock di Singapura pun tak bisa memiliki jam tanganini "sesuka hati". Sebab, hanya "orang khusus" yang bisa memakainya.

Ya,Dinas Pemadam Kebakaran Singapura berkolaborasi dengan G-Shock untuk memperingati ulang tahun ke-111 Central Fire Station.

Ide membuat jam tangan G-Shock "edisi amat terbatas" ini dilakukan untuk menghormati para petugas penyelamat yang telah menyumbangkan tenaganya dan bernaung di tempat itu.

Arloji ini hanya dibuat sebanyak 300 unit, dan dirilis secara privat, alias tidak untuk dijual.

Jam tangan G-Shock dengan nama G-Rescue ini menggunakan varian dasar G-7900.

Seri G-7900A-4 ini dirancang menggunakan dominasi warna merah, oleh Kopral Russel Koh dan Letnan Zul Yang dari dinas damkar tersebut.

Terlihat, arloji ini menggunakan desain strap yang dihiasi dengan grafis putih, untuk menggambarkan ikon dari Dinas Damkar/Penyelamatan dan Layanan Medis Darurat.

Ada detail embos berwarna merah doff pada bagian strap yang menggambarkan batu bata merah pada kedua latar di bidang strap, dengan tinta putih pada grafisnya.

Pada salah satu strap terlihat sematan angka 1909 yang merupakan tahun berdirinya Stasiun Dinas Damkar Singapura, lengkap dengan logonya.

Lalu para strap lainnya, terlihat grafis garis yang membentuk gambar gedung Central Fire Station.

Kedua strap tersebut juga dihiasi pola khas kedaruratan merah dan kuning yang biasa terlihat pada truk dan kendaraan pemadam kebakaran Singapura.

Jam ini dilengkapi dengan strap keeper berbahan baja tahan karat, yang disebut sebagai "up grade" strap keeper berbahan resin yang selama ini ada.

Tak hanya itu, material baja tersebut pun diukir dengan tulisan "111", yang mengingatkan pada peringatan ulang tahun tersebut.

Selanjutnya, pada cangkang belakang, tersemat cetakan khusus yang menggambarkan tanda peringatan ulang tahun serupa, ditambah dengan status edisi terbatas dari jam tangan itu.

Jam tangan ini dibuat dalam kotak khusus yang menampilkan lencana Central Fire Station dan menyertakan sertifikat keaslian.

G-Shock G-7900 memang dibuat dengan tombol ekstra besar, yang dalam konteks kolaborasi ini menjadi bisa mengakomodasi jenis sarung tangan tebal yang dipakai petugas penyelamat.

Selain fitur grafik pasang surut dan bulan, jam ini memiliki tanda peringatan flash, dan ketahanan pada suhu rendah  hingga minus 20 derajat Celcius.

Fitur standar G-Shock seperti arloji sejenis lainnya pun disematkan dalam modul jam tangan ini.

Diketahui, Central Fire Station adalah stasiun pemadam kebakaran tertua yang masih ada di Singapura.

Bangunan itu dinyatakan sebagai monumen nasional oleh Preservation of Monuments Board pada tahun 1998.

Selain menjadi stasiun pemadam kebakaran yang masih aktif sampai saat ini, di dalamnya pun dibuat sebagai the Civil Defence Heritage Gallery, untuk menghormati sejarah pemadam kebakaran Singapura.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/11/30/085255820/jam-tangan-g-shock-damkar-dibuat-amat-terbatas-apa-istimewanya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke