Salin Artikel

Kolaborasi Sneaker Terbaik Sepanjang 2020

KOMPAS.com - Tahun 2020 terasa berat bagi kita semua karena adanya pandemi.  Namun di dunia sneaker, tahun ini menjadi momen yang sarat akan kolaborasi.

Hampir setiap hari kita disuguhkan berita kolaborasi antara dua label sepatu ternama.

Adidas, New Balance, dan Nike, adalah segelintir label yang menghadirkan begitu banyak produk kolaborasi. Beberapa bahkan disebut sebagai kolaborasi yang paling dinantikan.

Simak kumpulan kolaborasi sneaker terbaik sepanjang tahun 2020 yang telah kami rangkum dari berbagai sumber.

1. Air Jordan 4 x Off-White Sail

Desainer label streetwear Off-White Virgil Abloh mengungkap tampilan sneaker Air Jordan wanita ini di ajang runway Off-White untuk Fall/Winter 2020 di Paris, sebelum akhirnya dirilis di bulan Juli.

Air Jordan 4 x Off-White Sail menampilkan desain dekonstruksi (tanpa jahitan dalam) yang terbuat dari full-grain leather atau kulit berserat dan material jaring di bagian atas sepatu.

Hampir seluruh bagian sepatu ini, didominasi warna pastel. Untuk sentuhan akhir, terdapat branding "Air" di bagian midsole, dilengkapi cable tie atau pengikat kabel dan label Air Jordan.

2. Aime Leon Dore x New Balance 827 dan 550

New Balance dan label fesyen asal New York, Aime Leon Dore berkolaborasi untuk menawarkan tampilan baru pada dua siluet klasik New Balance, yaitu sepatu lari NB 827 dan sepatu basket NB 550.

Siluet Aime Leon Dore x New Balance 827 memiliki kesan penuh warna. Putih sebagai warna dasar sepatu, dilengkapi aksen kuning, hijau, hitam dan merah.

Sedangkan untuk siluet Aime Leon Dore x New Balance 550 cenderung lebih sederhana, dengan warna dasar putih dan aksen hijau di sekujur sepatu.

3. Adidas x Meissen ZX8000

Adidas sempat bekerja sama dengan produsen porselen tertua di Eropa, Meissen. Kedua merek bersatu untuk menciptakan karya seni eksklusif, yakni sneaker "porselen" ZX8000 yang menggunakan material kulit premium dan dilukis secara handmade.

Proses pengerjaan sepatu berbobot 950 gram ini memakan waktu enam bulan.

4. Supreme x Nike Air Force 1

Dua siluet Nike Air Force 1 yang berwarna putih dan hitam mendapat ubahan berupa tali sepatu bertuliskan Supreme.

Branding kotak merah khas Supreme juga tampak pada panel samping di dekat tumit serta insole.

Saat dirilis di bulan Maret 2020, sepatu kolaborasi Nike dan Supreme langsung ludes terjual dalam waktu singkat.

5. Casablanca x New Balance 327

Kolaborasi New Balance dan merek menswear Casablanca untuk NB 327 hadir pada bulan April lalu.

Sepatu ini terinspirasi dari sepatu lari New Balance di era 70-an. Bagian atasnya menggunakan material kulit dan suede, panel samping berlubang dengan logo "N" besar, disempurnakan oleh outsole karet.

6. Adidas x Lego ZX 8000

Pada bulan September, Adidas originals mengumumkan kolaborasi bersama perusahaan mainan Lego untuk satu siluet, ZX 8000.

Konstruksi sepatu dibuat sederhana, namun Adidas dan Lego mengombinasikan berbagai warna sehingga tampak meriah.

Kemeriahan warna pada sepatu tersebut mengacu pada warna-warna yang dimiliki oleh setiap balok Lego, mulai dari putih, merah, biru, kuning, dan hijau.

7. Nike x Travis Scott SB Dunk Low

Nike menjalin kerja sama dengan rapper Travis Scott untuk siluet SB Dunk Low pada bulan Februari.

Hampir setahun pasca pertama kali dirilis, Nike x Travis Scott SB Dunk Low masih diburu banyak orang. Pada bulan Desember, sepatu ini dijual kembali di resale market dengan harga 2.800 dollar AS atau sekira Rp 39 juta.

8. Nike x Sacai VaporWaffle

Ini merupakan salah satu kolaborasi menarik di tahun 2020.  Bersama label fesyen mewah Jepang Sacai, Nike menuangkan gaya kuno dan modern ke dalam sebuah sepatu.

Dari sepatu lari klasik Sacai Pegasus yang diciptakan di tahun 1983 dan sepatu lari Nike Vaporfly, lahirlah siluet yang diberi nama Nike x Sacai VaporWaffle.

Siluet ini diluncurkan dengan dua pilihan warna, yaitu "Villain Red" dan "Tour Yellow".

9. Dior x Air Jordan 1

Rasanya tidak berlebihan jika Dior x Air Jordan 1 disebut sebagai sepatu kolaborasi yang paling ditunggu-tunggu pecinta sneaker di tahun 2020.

Pasalnya, peluncuran sepatu ini sempat tertunda beberapa kali akibat pandemi Covid-19. Jumlahnya pun terbatas, hanya 8.500 pasang untuk versi berpotongan tinggi, dan 4.700 pasang untuk versi potongan rendah, seperti dilaporkan Hypebeast.

Proses untuk mendapatkan Dior x Air Jordan 1 juga tidak mudah. Pembeli harus melakukan registrasi melalui microsite khusus dan memilih versi yang diinginkan (potongan tinggi atau potongan rendah). Kemudian, pembeli juga diminta memilih lokasi toko Dior untuk mengambil sepatu.

Dior x Air Jordan versi potongan tinggi dibanderol 2.200 dollar AS atau sekitar Rp 31 juta, sedangkan versi potongan rendah dihargai 2.000 dollar AS atau setara Rp 28 juta.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/12/29/175005520/kolaborasi-sneaker-terbaik-sepanjang-2020

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.