Salin Artikel

4 Tips Aman Merayakan Tahun Baru di Tengah Pandemi

Meski momen pergantian tahun kerap dirayakan, sebaiknya kita tidak merayakannya dengan bersenang-senang di tengah keramaian dan melonggarkan protokol kesehatan.

Saakar penyakit menular di Vanderbilt University, Dr William Schaffner mengingatkan, malam tahun baru kali ini seharusnya menjadi pengingat untuk meningkatkan kesadaran terhadap pencegahan virus corona.

"Secara tradisional, tahun baru selalu dirayakan dengan pesta yang sangat meriah."

"Orang-orang mungkin akan ramai-ramai berkumpul dan itu bukan keadaan di mana kita dapat menerapkan jarak sosial," ungkapnya kepada Yahoo Life.

Schaffner mengatakan, mengabaikan protokol kesehatan demi merayakan tahun baru mungkin akan membuat kita pulang dengan membawa virus dan menyebarkannya pada keluarga atau tetangga.

Nah, sebagai upaya untuk menjaga keselamatan di masa liburan tahun baru ini, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) merilis pedoman baru.

Pedoman tersebut menguraikan beberapa tips untuk merayakan tahun baru 2021 dengan risiko penularan yang lebih rendah di masa pandemi seperti berikut ini.

1. Memiliki rencana perjalanan yang aman

CDC secara eksplisit melarang orang-orang bepergian untuk liburan.

Tetapi, bagi yang masih ingin atau terpaksa bepergian, para ahli CDC menyarankan untuk merencanakan perjalanan yang aman.

Beberapa di antaranya dengan mencari tahu tingkat kasus corona di tempat tujuan dan jika ingin mengunjungi seseorang, pastikan apakah ada yang sakit atau tidak di tempat tersebut.

"Semakin banyak kasus di tempat tujuan, semakin besar kemungkinan kita tertular dan menyebarkan Covid-19 karena melakukan perjalanan door-to-door," tulis CDC.

Pastikan pula transportasi yang kita gunakan untuk berpergian aman dan buatlah perencanaan yang matang, termasuk antisipasi penyebaran virus jika terjadi keramaian di transportasi umum yang kita pakai.  

Schaffner menambahkan, siapa pun yang melakukan perjalanan harus melakukan karantina saat kembali, tetapi jika itu tidak menghilangkan kewajiban kita untuk tetap memperhatikan diri dan orang lain dalam perjalanan.

Selain itu, jika mengalami gejala, segeralah mengisolasi diri dan melakukan tes.

2. Hindari pesta tahun baru dalam ruangan

Malam tahun baru identik dengan kemeriahan pesta dan tentu saja banyak diskon menarik dari tempat-tempat makan maupun hiburan.

Sayangnya, di masa pandemi ini kita harus menghindari segala bentuk pesta yang dihadiri oleh banyak orang, terutama yang dirayakan di dalam ruangan.

Schaffner mengingatkan agar perayaan dilakukan dengan jumlah orang sesedikit mungkin.

"Pertahankan kelompok sekecil mungkin dan jangan mengajak orang-orang untuk berkunjung ke rumah," katanya.

CDC juga menganjurkan orang-orang untuk menghindari keramaian di dalam ruangan yang berventilasi buruk.

Hindari pertemuan dan perayaan dengan banyak orang yang tidak tinggal bersama kita.

3. Merayakan tahun baru secara virtual

Kita tidak perlu membatalkan kesenangan sepenuhnya.

Banyak ide menarik dan kreatif yang dapat dilakukan untuk tetap bersenang-senang saat tahun baru.

Misalnya, merayakan tahun baru dengan menghadiri konser virtual, menikmati makan malam virtual, mengobrol virtual, dan sebagainya.

Kita juga bisa membuat makan malam sederhana di rumah dan menghabiskan malah tahun baru bersama keluarga dengan menonton film streaming atau bermain kembang api di halaman rumah.

4. Tetap pakai masker jika merayakan di luar

Bagi orang-orang yang memutuskan untuk mengambil risiko merayakan di luar rumah, tetaplah gunakan masker dan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Laporan dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan, memakai masker dapat mengurangi penyebaran virus sebanyak 82 persen.

Selain memakai masker, CDC merekomendasikan untuk menjaga jarak ketika berada di luar rumah.

Sementara jika berada di dalam rumah, bukalah jendela dan pintu untuk meningkatkan ventilasi dan sirkulasi udara.

Schaffner mengatakan, orang-orang yang kecewa dengan perubahan rencana perayaan tahun baru harus fokus pada apa yang akan datang.

"Jika kita lebih terkendali pada perayaan malam tahun baru ini, mungkin tahun depan kita bisa melakukan perayaan tahum baru yang seru seperti sebeluknya," ujar dia.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/12/31/120636720/4-tips-aman-merayakan-tahun-baru-di-tengah-pandemi

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.