Salin Artikel

15 Target Kecil yang Bikin Lebih Bersemangat di 2021

Namun, ada baiknya kita tetap menyusun resolusi tahun baru yang menyenangkan demi mendapatkan suntikan kegembiraan, sambil berfokus pada kesehatan fisik dan mental.

Jika kamu merasa kesulitan untuk menentukan resolusi, tak perlu khawatir. 15 inspirasi target kecil berikut bisa menjadi resolusi 2021 yang bisa membuatmu lebih bersemangat lagi.

1. Lebih banyak melakukan aktivitas fisik

Tetapkan tujuan yang berpusat pada aktivitas fisik yang kita sukai, apapun itu. 

Berfokuslah pada aktivitas itu sendiri daripada hasilnya. Tak masalah memiliki target kecil, seperti jalan kaki 15 menit setiap hari atau angkat beban 10 menit setiap hari, lakukan saja.

Sebab, kita akan lebih menikmati olahraga harian jika menikmati aktivitasnya dan tidak khawatir apakah sudah membakar cukup kalori atau belum.

Beberapa video atau aplikasi kebugaran bisa kamu manfaaykan untuk membantu memulai rutinitas tersebut.

2. Rutinitas skincare

Menjalani rutinitas perawatan kulit atau skincare bisa masuk ke dalam daftar resolusi 2021.

Apalagi, di tahun depan kita mungkin masih akan menghabiskan banyak waktu di dalam rumah, sehingga memungkinkan kita untuk lebih rutin menggunakan skincare.

Selain wajah, kita juga bisa mencoba perawatan rambut dan tubuh agar lebih bersemangat dalam menjalani hari-hari di tahun yang baru.

3. Luangkan waktu berjalan di luar

Meluangkan lebih banyak waktu berjalan di luar rumah adalah resolusi yang bagus setelah kita menghabiskan hampir sepanjang 2020 hanya berada di rumah.

Faktanya, berjalan di luar ruangan hanya 20 menit saja dapat menurunkan tingkat stres.

Meskipun kita hanya punya waktu untuk berjalan-jalan di sekitar komplek rumah, istirahat sejenak dari rutinitas dapat membuat perbedaan yang lebih besar.

4. Tetapkan resolusi untuk kesehatan

Di tahun yang baru, pertimbangkan untuk membuat resolusi yang baik bagi kesehatan diri tanpa harus berkutat pada penurunan berat badan.

Baik itu sesederhana minum lebih banyak air putih atau mencoba membangun otot, kita dapat meningkatkan kesejahteraan diri secara keseluruhan tanpa harus memengaruhi berat badan.

Kita bisa memanfaatkan aplikasi kesehatan bisa membantu usaha mencapai target lebih terukur.

5. Mencoba terapi virtual

Pertimbangkan untuk mencoba terapi virtual pada 2021 bisa dijadikan langkah awal untuk memulihkan kesehatan mental kita.

Buatlah jadwal untuk mengikuti terapi virtual yang nyaman dan bisa dilakukan di rumah.

Kita juga bisa menetapkan tujuan untuk berbicara dengan seseorang sebulan sekali dan lakukan itu secara konsisten.

Jika tidak yakin bagaimana memulainya, mulailah dengan memanfaaykan aplikasi terapi yang tepat dan menemukan terapis yang benar-benar kita sukai.

6. Selalu mengucap syukur

Mengekspresikan rasa syukur adalah cara mudah untuk mengingatkan diri sendiri tentang semua yang harus kita syukuri.

Tulislah satu ucapan terima kasih setiap minggunya atau memberikannya kepadaseseorang yang telah menjadi bagian dari hidup kita.

Buatlah kebiasaan ini menjadi sarana menyalurkan kreativitas dan membuatnya menjadi rutinitas menyenangkan.

7. Mengobrol secara virtual

Resolusi yang satu ini sangat membantu kita tetap waras dan jauh dari rasa kesepian di masa pandemi.

Melakukan panggilan FaceTime atau obrolan video virtual mingguan dengan keluarga maupun teman dapat menjadi hal terbaik saat ini.

Sebisa mungkin, pertahankan kebiasaan ini di tahun mendatang.

Walau hanya panggilan 10 menit, berbicara dan mengetahui kabar seseorang yang kita sayangi sangat membantu meningkatkan kesehatan mental, serta mengurangi rasa cemas.

8. Bermeditasi

Satu lagi resolusi yang baik bagi kesehatan mental kita di 2021 yakni melakukan meditasi.

Bermeditasi adalah cara yang mudah dan gratis untuk memberi diri kita istirahat mental.

Jika bekerja dari rumah atau pembelajaran virtual membuat kita merasa stres, berikan waktu untuk diri sendiri berfokus pada meditasi.

Meditasi dapat dilakukan setiap akhir pekan atau di sela-sela aktivitas harian, misalnya dengan memanfaatkan aplikasi meditasi.

9. Batasi waktu di depan layar

Sebagian besar orang merasa lebih banyak menatap layar di masa pandemi, mengingat nyaris segala interaksi langsung dialihkan menjadi interaksi virtual.

Di waktu jeda, banyak dari kita yang juga masih menatap layar, misalnya dengan menonton atau berselancar di media sosial.

Nah, ada kalanya kita perlu membatasi waktu layar dan meletakkan ponsel untuk sementara waktu.

Dengan melakukannya secara konsisten, kita mungkin akan menemukan lebih banyak waktu untuk menyelesaikan resolusi yang lain, seperti membaca lebih banyak atau melakukan hobi baru.

10. Mempelajari kerajinan tangan

Tak ada salahnya menyingkirkan kebosanan dengan membuat resolusi yang menyenangkan dan jauh dari layar, seperti mempelajari kerajinan tangan.

Sebuah penelitian menunjukkan, kerajinan tangan yang kita lakukan dengan tangan, seperti merajut, menjahit dan merenda dapat memperbaiki suasana hati dan menurunkan tingkat stres.

11. Berkebun

Aktivitas ini tampaknya sudah menjadi favorit banyak orang di sepanjang 2020 untuk mengisi waktu luang di rumah.

Nah, alangkah baiknya jika kegiatan ini dapat diteruskan sebagai pilihan resolusi 2021.

Baik itu merawat tanaman hias atau berkebun kecil-kecilan di belakang rumah akan memberikan kita kepuasan saat melihat tanaman atau bunga kita tumbuh subur.

12. Membaca lebih banyak buku

Buatlah resolusi untuk membaca lebih banyak buku dalam setahun karena aktivitas itu dapat memberikan keajaiban bagi kesejahteraan diri kita.

Dengan membaca banyak buku, secara alami kita juga akan menghabiskan lebih sedikit waktu untuk menatap layar.

Selain bermanfaat dalam memberikan pengetahuan yang luas, membaca buku dapat membantu kita tidur lebih nyenyak.

13. Membuat jurnal

Para ahli mengatakan, bahwa membuat jurnal dapat menurunkan tingkat stres dan membantu merefleksikan semua hal positif dalam hidup.

Mulailah membuat jurnal yang berisikan rasa syukur atau buatlah tujuan untuk menuliskan semua hal yang berjalan dengan baik setiap hari.

Membuat jurnal setiap hari dapat membantu kita berfokus pada semua hal yang berjalan dengan baik, daripada memikirkan hal-hal yang tidak berjalan dengan baik.

14. Merapikan tempat tidur setiap pagi

Ini adalah kebiasaan sepele lain yang selama berada di rumah yang dapat diubah menjadi resolusi tahun baru.

Saat bekerja dari rumah, kita harus merapikan tempat tidur setiap pagi agar latar belakang rapat melalui Zoom terlihat lebih bagus. Terutama bagi orang-orang yang bekerja atau belajar di kamar tidur.

Memiliki tempat tidur yang rapi dan kamar yang bersih benar-benar membuat kita lebih menikmati ruangan tersebut.

Jika kita biasanya tidak merapikan tempat tidur, cobalah menetapkan tujuan untuk mulai membangun kebiasaan positif itu setiap hari selama sebulan dan lihatlah berapa besar perubahan yang dapat diberikan oleh aktivitas singkat ini.

15. Buatlah daftar untuk berpetualang

Meskipun kita mungkin belum dapat membuat banyak rencana perjalanan untuk tahun depan, kita masih dapat merencanakan petualangan untuk dinantikan.

Jadilah turis di kota kita sendiri dengan membuat daftar untuk mengunjungi tempar-tempat seru di daerahmu.

Sesekali, meluangkan waktu di akhir pekan untuk berpetualang di tengah kota atau tempat-tempat menarik yang sepi juga sepertinya akan menyenangkan.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/01/01/060000720/15-target-kecil-yang-bikin-lebih-bersemangat-di-2021

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.