Salin Artikel

Sandal Birkinstock dari Tas Hermès Birkin Dijual Sampai Rp 1 Miliar

Dalam video singkat tentang proses produksinya, sandal yang disebut "Birkinstock" itu dibuat dari tas Birkin asli yang sudah dihancurkan dengan menggunakan tangan.

Birkinstock ini bukan sandal hippie-flop biasa, karena ditawarkan dalam kisaran harga mulai dari 19.500-76.000 dollar AS.

Artinya, jika dikonversi ke dalam Rupiah, harga alas kaki ini ditawarkan bervariasi antara Rp 476 juta-Rp 1 miliar. Wow...

Produk tersebut juga bakal dikemas dalam kotak jingga khas Hermès.

Disebutkan, sandal edisi terbatas ini tersedia untuk dibeli berdasarkan permintaan hanya pada 8 Februari 2021 lalu, pukul 11.00.

Dikabarkan, sejumlah selebritas, seperti Rapper Future dan penyanyi Kehlani, serta banyak miliarder yang dikenal sebagai kolektor seni pun membeli sandal tersebut.

Sayangnya, MSCHF yang merupakan perusahaan seni kreatif asal Brooklyn, Amerika Serikat itu, bungkam tentang identitas para pembeli misterius tersebut.

Seperti disebutkan di awal, MSCHF menjadi populer dengan sepatu kets Nike yang menjelma menjadi "Jesus shoes" pada tahun 2019 lalu.

Kemudian, perusahaan itu kini kembali mendapat ide untuk membongkar tas yang terkenal sulit didapatkan, dan sangat didambakan karena kemewahannya.

Salah seorang pendiri MSCHF, Daniel Greenberg mengatakan, inspirasi kreasi ini berawal dari kisah sepupunya yang menginjak tas Birkin milik bibinya dengan sandal Birkenstock yang kotor.

"Alasan inilah yang membuat saya akhirnya meluncurkan sandal Birkinstock," ujar Greenberg kepada New York Post.

Warna dan harga

Sandal Birkinstock sepenuhnya disesuaikan dengan pesanan. Namun, ada beberapa warna dan harga yang dapat dipilih.

Di antaranya, yang berwarna merah terbuat dari tas Hermès Porosus Birkin 35 seharga 48.000 dollar AS atau sekitar Rp 671 juta.

Lalu warna hitam dari Clemence Birkin 35 senilai 19.500 dollar AS atau sekitar Rp 272 juta.

Kemudian ada sandal putih yang ditarik dari tas Porosus Birkin 35 senilai 31.000 dollar AS, atau sekitar Rp 433 juta.

Dan, opsi hitam lainnya dari tas Ostrich Birkin 35 senilai 24.000 dollar AS atau sekitar Rp 335 juta.

Di saat gagasan untuk mengoyak tas Birkin terdengar mengerikan, MSCHF mengungkapkan, mereka melakukannya dengan hati-hati, dan seturut dengan desain yang sudah dipesan.

Semua dibuat dengan tangan. Prosesnya dimulai dengan sebuah Birkin, yang kemudian dibongkar, dan diratakan.

Kemudian, dipotong sebelum kulit mewah tersebut dihiasi dengan embos tulisan "Birkinstock" berwarna emas.

Lalu menjelang akhir, sandal tersebut dipasangkan dengan midsole gabus khas Birkenstock, dan dilapis dengan lembaran outsole karet hitam.

Namun, jangan menyebut kreasi ini sebagai kolaborasi. Sebab, MSCHF menegaskan kreasi ini lebih merupakan "transubstansiasi" atau perubahan daripada kolaborasi.

"Secara historis kami membuat benda-benda mewah dari bahan yang secara inheren berharga," kata pihak MSCHF.

"Kami melihat tas Birkin sebagai bahan baku mewah baru yang sangat baik. Bagaimana pun, Birkinstock bukanlah kolaborasi, tetapi lebih tepat kita menyebutnya transubstansiasi."

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/02/09/175432520/sandal-birkinstock-dari-tas-herms-birkin-dijual-sampai-rp-1-miliar

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.