Salin Artikel

Pakai Masker Dobel demi Tangkal Infeksi Covid-19

Disebutkan, melapisi masker kain di atas masker bedah dapat bermanfaat mencegah infeksi Covid-19, dan varian barunya yang lebih berbahaya.

Badan kesehatan masyarakat di AS juga menyatakan, setiap orang yang berusia dua tahun ke atas harus mengenakan masker saat berada di luar rumah.

Selain itu, pekerja medis di lingkungan berisiko tinggi harus tetap mengandalkan masker N95, yang merupakan filter terkuat terhadap kontaminan apa pun.

Namun, hal tersebut masih menimbulkan beberapa pertanyaan besar tentang cara terbaik untuk melindungi diri saat berada di tempat umum.

Nah, penelitian menunjukkan, ketika seseorang mengenakan masker ganda, maka orang-orang di sekitarnya akan melakukan hal yang sama.

Sehingga, risiko penularan virus bisa turun lebih dari 95 persen.

Para peneliti juga menemukan, jika hanya satu orang yang memakai masker ganda, manfaatnya menangkal virus berkurang menjadi hanya 80 persen.

Apabila hanya satu orang yang memakai masker ganda dan orang lainnya memakai masker bedah saja, maka manfaatnya akan berkurang menjadi 60 persen.

Kepala medis untuk tanggap darurat Covid-19 di CDC, Dr John Brooks mengatakan, hasil penelitian mengenai penggabungan masker kain dengan masker bedah adalah pilihan yang baik.

Sebab, manfaat memakai masker ganda tidak hanya dirasakan oleh yang menggunakannya saja, tetapi juga komunitas yang lebih luas.

"Langkah universal adalah salah satu intervensi paling ampuh untuk mengendalikan pandemi, kami sangat yakin," kata dia kepada ABC News.

"Ketika semua orang memakai masker, itu akan memberikan kita perlindungan secara pribadi maupun orang lain," sambung dia.

Meski CDC secara khusus menganjurkan masyarakat untuk memperketat penggunaan masker, namun pemakaian masker N95 tidak disarankan.

Direktur CDC, Rochelle Walensky mengatakan, masker N95 itu sangat sulit dipakai untuk jangka waktu yang lama, karena bisa membuat kita kesulitan bernapas.

"Saya pikir jika semua orang mengenakan masker ganda dan menerapkan jarak sosial yang aman, maka kita tidak membutuhkan N95," ujar dia.

Di sisi lain, penggunaan masker ganda dapat membantu orang-orang terhindar dari virus corona, meskipun mereka sudah divaksinasi.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/02/12/154307820/pakai-masker-dobel-demi-tangkal-infeksi-covid-19

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.