Salin Artikel

3 Tips Jitu Agar Lovebird Kesayangan Tambah Gacor

KOMPAS.com - Burung lovebird menjadi favorit di kalangan penggemar burung karena kicauannya yang unik dan panjang. Perawatan khusus perlu dilakukan agar kicauannya semakin gacor dan tahan lama.

Banyak orang kini tertarik memelihara burung dengan paruh bengkok ini. Kicauannya yang meriah atau sering disebut ngekek memang menambah semarak rumah.

Selain itu, bulunya juga kaya warna dan mudah dipelihara. Harganya juga masih relatif terjangkau oleh semua kalangan.

Meski suaranya cenderung monoton, burung ini juga kerap dilombakan dalam berbagai kontes. Burung dengan kicauan paling gacor misalnya, bisa dijual dengan harga puluhan juta rupiah.

Namun banyak juga yang hanya memeliharanya di rumah untuk membuat suasana rumah semakin hidup.

Meski demikian, bukan berarti burung rumahan tak perlu perawatan khusus. Ada treatment tambahan yang bisa dilakukan agar burung kesayangan di rumah tambah gacor.

  • Mandikan secara rutin

Memandikan burung ini secara rutin juga bisa meningkatkan kualitas kicauannya. Pasalnya, bulu yang basah akan meningkatkan stamina burung agar semakin aktif.

Mandikan pada pagi hari sekitar pukul 07.00 dengan semprotan khusus. Siram seluruh tubuhnya kecuali di bagian mata.

Setelah itu burung bisa dimandikan kembali sekitar pukul 12.00 siang. Proses memandikan hingga dua kali ini dipercaya juga bisa meningkatkan birahi unggas ini.

Cukup lakukan perawatan ini selama 3 kali dalam seminggu. Jika dilakukan secara rutin maka burung akan semakin sering berkicau.

  • Jemur selama 3 jam

Langkah perawatan kedua adalah menjemur burung usai dimandikan pada pagi hari. Proses penjemuran bisa dilakukan di teras rumah atau area yang tidak terkena sinar matahari langsung.

Durasi 3 jam dianggap cukup agar bulu burung bisa kering sempurna. Sesekali cek kondisi burung saat dijemur agar tidak kepanasan dan mati.

Setelah mandi yang kedua kalinya, burung tidak perlu lagi dijemur secara khusus. Udara siang hari yang panas akan secara alami mengeringkan bulunya.

Namun pastikan selama proses penjemuran itu tidak ada hewan pemangsa yang mengintai. Misalnya saja seperti kucing dan anjing.

  • Bersihkan kandang secara rutin

Tips ketiga agar burung semakin sehat adalah dengan rajin membersihkan kandangnya. Bukan hanya itu, perhatikan pula kondisi wadah pakan, tempat minum dan tangkringanya.

Jika nampak kusam dan kotor, segera cuci bersih agar bisa dipakai kembali. Wadah yang bersih juga berpengaruh pada makanan yang diberikan.

Pakan berkualitas tidak akan memberi hasil terbaik jika wadahnya kotor dan penuh bakteri.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/03/09/143750020/3-tips-jitu-agar-lovebird-kesayangan-tambah-gacor

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.