Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kurang Pede Ngobrol Online di Aplikasi Kencan? Yuk, Simak Tipsnya!

KOMPAS.com - Aplikasi kencan online saat ini telah menjadi salah satu cara untuk mencari teman ngobrol, bahkan pasangan yang serius. Terlebih di masa pandemi, aplikasi kencan online menjadi “new normal” mengingat terbatasnya kesempatan untuk bertemu orang baru secara langsung.

Kendati demikian, memulai sebuah obrolan di aplikasi kencan online bukanlah suatu hal yang mudah, terutama bagi orang-orang yang tidak terbiasa berbasa-basi.

Sebagian merasa bingung, serta merasa takut untuk memulai obrolan. Mereka takut mengatakan hal yang salah pada saat pertama kali bertemu dengan orang yang baru dikenalnya di aplikasi kencan tersebut.

Bukan rahasia lagi jika awal yang kurang baik akan membuat perjalanan selanjutnyapun tidak akan mulus.

Agar obrolan di aplikasi kencan bisa berlanjut ke obrolan yang serius dan menyenangkan, ternyata ada tipsnya, lho.

Berikut tips-tips yang diberikan oleh aplikasi kencan online Dating.com, aplikasi yang telah dikembangkan sejak tahun 1993 dan saat ini mencakup lebih dari 32 negara, supaya kamu tidak canggung lagi untuk memulai obrolan di aplikasi online.

Kalimat pembuka yang berarti
Saat kamu membuka percakapan pertama kali, tentu kamu berharap bisa mendapat balasan yang baik sehingga percakapan bisa berlanjut terus hingga bisa saling mengenal.

Memulai obrolan jangan hanya memakai kata “Hai” saja, namun tambahkan beberapa kalimat lagi agar bisa membangun percakapan yang berkesan sejak awal.

Sebaiknya pelajari profil calon pasangan di aplikasi online secara keseluruhan sebelum memulai percakapan (jangan hanya melihat profile picturenya saja).

Dengan melihat profilnya, kamu bisa tahu kesukaan dari teman chattingmu dan mulai dengan obrolan yang menarik seperti, “Hai, kamu suka memasak ya?” atau “Hai, kamu suka travelling, sama dong”. Jadi, masih mau kenalan hanya dengan kalimat "Hai" saja?

Usahakan selalu menggunakan kalimat bertanya

Walau kamu merasa tidak bisa berbasa-basi, jangan sampai hal itu kamu bawa ke aplikasi kencan.

Menjawab dengan kalimat yang singkat-singkat bisa membuat pembicaraan terhenti lho, karena teman chattingmu merasa kamu tidak peduli kepadanya. Padahal yang terjadi adalah sebaliknya, kamu ingin sekali mengenalnya lebih dekat.

Kalau kamu bingung, cobalah bertanya dengan topik yang umum, aman, dan nyaman dan kamu juga menyukainya seperti, “Kamu hobi traveling juga ya?” atau “Suka nonton film apa?”.

Dengan terus bertanya, pembicaraan yang menarik untuk calon pasangan akan mengalir dari topik yang sederhana menjadi yang serius seperti yang kamu inginkan. Namun hindari pertanyaan- pertanyaan yang klise dan membosankan.

Bicarakan tentang hobi dan kegemarannya
Mulailah mencari tahu sifat dan karakter calon pasangan kita dengan membahas tentang kegemarannya misalkan makanan kesukaan atau kegiatan di waktu luangnya seperti apa. Dengan terus membahas hobi serta hal-hal yang disukai, maka kita akan semakin mengenal karakter dari calon pasangan kita tersebut..

Berikan pujian yang menggoda
Tunjukkanlah rasa tertarik kamu dengan sebuah pujian dari apa yang teman chattingmu utarakan, tapi jangan juga terlalu berlebihan ya.

Kamu bisa memuji pencapaian yang sudah diraih dengan kalimat pujian dan sedikit menggoda seperti, “Wah kamu jago masak yah, pengen makan masakanmu deh” atau “Kamu hebat yah dengan pekerjaanmu, coba bos aku kayak kamu”.

Sekali lagi jangan berlebihan. Kamu juga tidak perlu khawatir bila teman chatting-mu di aplikasi Dating.com menunjukkan perilaku menggoda yang berlebihan, sebab aplikasi ini memiliki sistem moderasi yang unik, yang bisa menghalau dan tidak mengizinkan perilaku-perilaku yang tidak pantas.

Tetap jaga intensitas chatting
Tetap jaga obrolan kamu menyenangkan dan menarik, hindari pembahasan atau pertanyaan yang berulang-ulang.

Jangan terlalu berharap, si dia akan mengirimkan pesan setiap menit dan kamu menuntut mengapa dia tidak membalas pesanmu dengan cepat, bisa saja dia sedang sibuk dengan real life-nya.

Sebaliknya, juga jangan terlalu lama membuat teman chatting-mu menunggu. Jangan, karena ingin terlihat terlalu sibuk, kamu membalasnya malah keesokan harinya lagi. Hal itu dapat membuat mood dan atensi dari teman chatting-mu berkurang dan mereka akan mencari teman chatting lainnya.

Jangan bicarakan hal yang terlalu serius
Mulailah dengan percakapan yang ringan dan jangan bicarakan hal-hal serius saat chatting. Ada beberapa topik obrolan yang sebaiknya dibicarakan secara langsung atau lewat telepon.

Kamu harus pintar memilah topik yang asyik dibicarakan di chat atau sebaiknya disimpan untuk jadi bahan obrolan saat bertemu secara langsung. Gunakanlah emoji yang lucu-lucu supaya terkesan tidak kaku.

Berusahalah untuk jujur dan apa adanya
Saat sudah menemukan orang yang cocok dan nyaman untuk diajak chatting, hal selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah berbicara jujur tidak melebih-lebihkannya agar terlihat baik di mata lawan bicara kamu.

Bicarakanlah apa yang sebenarnya, agar saat sudah berjalan ke hubungan yang serius kamu tidak tertipu atau menipu dengan ekspektasi yang terlalu tinggi.

Sudah nggak bingung lagi kan harus menyapa apa saat berkenalan pertama kali? Jadi, jangan ragu-ragu untuk menyapa. Kalau memang tak dibalas jangan diambil pusing, masih banyak orang yang bisa kamu temui. Intinya jangan cepat menyerah dan jangan malu-malu ya!

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/04/08/203643220/kurang-pede-ngobrol-online-di-aplikasi-kencan-yuk-simak-tipsnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke