Salin Artikel

Jangan Sampai Salah, Begini Cara Pakai Tabir Surya yang Tepat

KOMPAS.com - Banyak orang yang beranggapan bahwa memakai tabir surya atau sunscreen hanya saat pergi ke luar rumah saja.

Namun, perlu kita ketahui bahwa paparan sinar UVA dan UVB dari matahari itu ternyata masih dapat menembus ke dalam rumah melalui jendela.

Selain itu, gadget yang kita gunakan sehari-hari menghasilkan sinar biru atau blue light yang dapat mempercepat penuaan dini dan menyebabkan hiperpigmentasi yang mampu merusak kulit.

Seorang dermatolog Claudia Christin, MBBS, Dermatology PhD menganjurkan agar orang-orang tidak hanya menggunakan sunscreen ketika hendak pergi ke luar saja. Melainkan, memakainya setiap hari saat berada di rumah.

Dia juga membagikan beberapa cara memakai sunscreen yang tepat untuk mendapatkan hasil yang lebih efektif dan optimal sebagai berikut ini.

1. Minimal dua ruas jari tangan

Claudia merekomendasikan kita untuk memakai sunscreen minimal dua ruas jari tangan atau lebih.

"Orang sering melakukan kesalahan karena memakai sunscreen tipis. Padahal, sunscreen harus dipakai lebih banyak supaya melindungi berbagai area yang mudah terkespos sinar matahari."

Begitu penjelasannya saat peluncuran virtual Base Sunscreen, Senin (26/4/2021).

Selain wajah, dia menyarankan agar kita juga mengaplikasikan sunscreen di bagian leher, kuping, dan telapak tangan untuk mencegah dampak buruk sinar ultraviolet.

2. Diaplikasikan ulang setelah tiga jam

Selanjutnya, kesalahan yang kerap kali dilakukan oleh orang-orang adalah sekali memakai sunscreen untuk sepanjang hari.

Menurut Claudia, setiap sunscreen memiliki batas kinerja. Sehingga, kita harus mengaplikasikan ulang sunscreen minimal setelah tiga jam.

"Sunscreen harus diaplikasikan ulang setelah tiga jam pemakaian. Tetapi, kalau kita sering terpapar sinar matahari di luar rumah, sebaiknya aplikasikan lagi setelah dua jam pemakaian atau kurang dari itu," terangnya.

Sebelum mengaplikasikan ulang sunscreen, dia menganjurkan kita untuk mencuci wajah terlebih dulu supaya sunscreen dapat melindungi kembali wajah secara optimal.

3. Pakai sunscreen dengan perlindungan maksimal

Memilih sunscreen juga tidak boleh sembarangan dan tidak memerhatikan kandungan, serta perlindungan apa saja yang ditawarkan.

Claudia mengatakan, untuk mencegah dampak buruk dari sinar matahari kita harus memakai sunscreen dengan perlindungan yang maksimal.

Perlindungan yang maksimal biasanya didapatkan dari sunscreen dengan SPF minimal 30 atau lebih dan PA yang tinggi.

"Dengan kandungan SPF dan PA yang lebih tinggi, kita dapat mencegah penuaan dini, kanker, dan kerusakan kulit yang disebabkan oleh paparan sinar matahari secara berlebihan," tambahnya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/04/27/184715020/jangan-sampai-salah-begini-cara-pakai-tabir-surya-yang-tepat

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.