Salin Artikel

Libatkan Anak dalam Aktivitas Fisik, Risiko Peradangan Menurun

KOMPAS.com - Aktivitas fisik memberikan manfaat kesehatan bagi setiap orang, terutama pada anak.

Sayangnya, saat ini banyak anak menghabiskan waktu terlalu lama di depan layar dan tidak terlalu banyak bermain di luar rumah karena pandemi.

Para ahli mengatakan, kurangnya aktivitas fisik bisa berdampak pada kesehatan dan kegembiraan anak, serta kemungkinan anak mengalami peradangan.

Menurut Science Daily dan Medical Xpress, satu studi baru menunjukkan bahwa peningkatan aktivitas fisik dapat mengurangi peradangan pada anak.

Studi itu dilakukan oleh para ahli di University of Eastern Finland, dan diambil berdasarkan studi Physical Activity and Nutrition in Children yang sedang berlangsung.

Dari studi tersebut, ditemukan peradangan ringan pada anak bisa berakibat buruk di kemudian hari, seperti peningkatan risiko diabetes tipe 2 dan penyakit kardiovaskular.

Obesitas dan kelebihan berat badan pada masa kanak-kanak juga dapat menyebabkan peradangan, sehingga anak perlu lebih banyak melakukan aktivitas fisik untuk membantu menurunkan risiko peradangan.

Dr Eero Haapala, yang terlibat dalam studi tersebut memberikan penjelasan.

Menurut dia, penelitian yang dilakukannya bersama tim menunjukkan bahwa anak yang aktif secara fisik memiliki profil kesehatan yang lebih baik dibandingkan anak yang kurang aktif.

Tim peneliti juga mengungkap, pola makan yang buruk bukanlah faktor utama yang memicu peradangan pada anak, namun bisa menjadi salah satu penyebab peradangan.

Selain itu, peneliti juga menemukan anak yang memiliki jumlah aktivitas fisik rendah, kualitas makan yang buruk serta persentase tinggi pada lemak tubuh sangat berisiko mengalami peradangan.

Studi yang dilakukan Haapala dan timnya meneliti sebanyak 390 anak berusia 6-8 tahun.

Peneliti melakukan berbagai tes untuk melihat detak jantung dan aktivitas fisik para partisipan, serta melakukan tes darah untuk mengecek tingkat peradangan pada partisipan.

Bagi para orangtua, dianjurkan untuk mengajak anak melakukan aktivitas fisik secara rutin. Kita dapat bermain atau berolahraga bersama anak di luar rumah.

Jika cuaca di luar sedang tidak mendukung, setel video tari atau olahraga di YouTube dan ajak anak untuk melakukannya bersama-sama di dalam rumah.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/04/30/191910320/libatkan-anak-dalam-aktivitas-fisik-risiko-peradangan-menurun

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.