Salin Artikel

Waspada jika Anjing Menggigit Benda Ini Saat Bermain

KOMPAS.com - Bermain bersama anjing akan menciptakan suasana yang menyenangkan di rumah. Bermain juga merupakan salah satu cara termudah bagi kita untuk membentuk bonding atau ikatan dengan anjing peliharaan.

Tetapi ketika bermain dengan anjing, berhati-hatilah dengan jenis mainan yang dipilih.

Ada satu jenis mainan anjing populer yang rupanya dapat menimbulkan masalah kesehatan bagi sahabat setia manusia itu. Mainan itu tidak lain adalah bola tenis.

Para ahli mengingatkan, bola tenis yang digigit oleh anjing bisa menyebabkan anjing tersedak. Apalagi, jika anjing peliharaan kita berukuran besar dan memiliki rahang yang kuat.

American Kennel Club (AKC) mengatakan, bola tenis bisa menjadi bahaya tersedak yang serius pada anjing.

"Setengah dari bola tenis bisa memasuki belakang tenggorokan anjing, menghalangi jalan napasnya," menurut AKC.

Di samping itu, bulu halus pada bola tenis juga dapat terkelupas. Apabila anjing tidak sengaja menelan bulu halus tersebut, anjing bisa tersedak dan mengalami penyumbatan usus.

Jika sudah demikian, anjing memerlukan operasi atau pembedahan untuk mengatasi kondisi yang dialami.

Georgina Ushi, DVM, dokter hewan serta penulis buku "We Love Doodles" menyebutkan, bahan kimia yang ada di dalam bola tenis dapat menimbulkan risiko jika tertelan anjing.

"Bola tenis dibuat untuk bertahan saat digunakan di pertandingan tenis dan tidak untuk dikunyah."

"Itu artinya proses pembuatan bola bisa mengandung bahan kimia atau komponen lain yang menimbulkan risiko bagi anjing Anda jika tertelan," tutur Ushi.

Sedangkan, spesialis gigi hewan Thomas Chamberlain, DVM mengatakan bahwa bulu pada bola tenis bersifat abrasif.

Bulu halus pada bola tenis bisa bercampur dengan kotoran dan pasir ketika anjing peliharaan memainkan bola tersebut, dan mengikis gigi anjing.

"Saat anjing mengunyah bola tenis, bulu halus pada bola bekerja seperti amplas, yang secara bertahap mengikis gigi anjing," demikian keterangan AKC.

"Hal ini dapat menyebabkan masalah gigi seperti pulpa gigi terbuka dan kesulitan mengunyah."

Bola tenis masih boleh dimainkan oleh anjing

Kita masih bisa bermain tangkap bola tenis dengan anjing peliharaan secara aman selama anjing tidak menggigit bola tersebut. Apalagi, bola tenis adalah salah satu benda yang disukai anjing.

"Gerakan bola tenis yang tidak menentu meniru hewan pengerat di alam liar, yang dulu dimangsa oleh anjing," kata Maureen Murithi, DVM, tim dokter hewan di SpiritDog Trainin

"Bola tenis secara naluriah mengaktifkan dorongan memburu pada anjing."

Apabila kita merasa khawatir dengan bahaya memainkan bola tenis, masih ada cara lain.

Joanna Woodnutt, BVM, kepala dokter hewan di Breed Advisor menyarankan untuk mengganti bola tenis dengan bola lain yang ukurannya hampir sama.

"Bola karet yang khusus dibuat untuk anjing umumnya merupakan pilihan yang baik, tetapi Anda juga bisa memilih bola tenis khusus yang tidak mudah rusak dan tidak terlalu abrasif," jelas Woodnutt.

Selain bola tenis, ada benda lain yang juga sebaiknya tidak digigit anjing, yaitu ranting pohon dan tulang.

"Cabang ranting yang mati bisa patah dan menyebabkan iritasi jika tertelan," cetus Rachel Barrack.

Dia juga menyarankan untuk tidak bermain dengan anjing menggunakan tulang karena dapat memicu gangguan pencernaan atau penyumbatan.

"Selalu hindari mainan dengan potongan-potongan kecil, dan jika anjing Anda suka merusak mainan lunak, jangan berikan mainan itu kepada anjing," tambah Barrack.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/05/21/151227520/waspada-jika-anjing-menggigit-benda-ini-saat-bermain

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.