Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menyiapkan Lansia dan Anak-anak untuk Vaksinasi Covid-19

KASUS Covid-19 semakin hari semakin meningkat, kebijakan sasaran vaksinasi pemerintah sudah semakin diperluas dari lansia sampai dengan anak-anak di atas 12 tahun.

Kita sebagai anggota masyarakat sangat beruntung dan ini merupakan kesempatan emas memanfaatkan setiap sentra vaksinasi terdekat untuk melakukan vaksinasi.

Langkah-langkah persiapan apa saja yang dapat kita lakukan?

Pertama, luangkan waktu dengan memeriksakan kesehatan orang tua dan anak-anak kita.

Orang tua dan anak-anak dengan penyakit-penyakit kronis, seperti jantung, darah tinggi, diabetes, ginjal, asma, gangguan kekebalan tubuh, sebaiknya memeriksakan diri dan melaksanakan terapi sesuai anjuran sampai kondisi terkendali.

Saat sudah terkendali, mintakan surat rekomendasi dari dokter yang merawat apakah sudah layak mendapatkan vaksinasi Covid-19.

Kedua, berikan informasi dan pengertian yang tepat dengan mencari sumber informasi dari sumber-sumber yang dapat dipercaya.

Carilah informasi dari tenaga kesehatan, baik dokter, perawat atau bidan, ataupun situs web tepercaya seperti Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, dinas kesehatan, maupun satuan tugas Covid-19.

Tentunya informasi disampaikan dengan bahasa yang dapat dipahami oleh orang tua dan anak-anak kita.

Yakinkan mereka akan manfaat besar dari vaksinasi Covid-19 ini. Hilangkan rasa takut dan ragu-ragu mereka.

Ketiga, bawa mereka ke sentra vaksinasi terdekat untuk mendapatkan vaksinasi. Selama di tempat sentra vaksinasi, tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Keempat, setelah vaksinasi perhatikan tanda-tanda kejadian ikutan paska imunisasi yang mungkin dapat terjadi seperti demam, sakit kepala, badan pegal linu, bengkak di tempat bekas suntikan, kemerahan atau gatal-gatal maupun gangguan pada pencernaan seperti mual-muntah atau diare.

Apabila ada keluhan itu, segera hubungin nomor kontak yang ada di kartu vaksinasi atau segera ke pelayanan kesehatan terdekat.

Apabila keluhan yang muncul masih ringan seperti demam, sakit kepala, atau pegal linu, maka dapat meminum sendiri obat penurun panas atau penghilang sakit kepala atau pegal linu yang dapat dibeli bebas.

Bila tidak ada perbaikan atau keadaan memberat, maka dapat segera ke pelayanan kesehatan terdekat.

Kejadian ikutan pascaimunisasi ini kemungkinan terjadinya kecil dan apabila terjadi biasanya dalam kurun waktu maksimal 1 bulan setelah diimunisasi.

Sebenarnya kejadian ikutan pascaimunisasi ini sama seperti saat anak-anak kita diimunisasi sewaktu mereka masih bayi dan balita.

Sudah saatnya kita tidak ragu lagi dengan vaksinasi Covid-19, karena sudah terbukti efektivitasnya dan keamanannya.

Justru kita selaku masyarakat berjuang keras bersama pemerintah menghadapi pandemi Covid-19 dengan melaksanakan vaksinasi Covid-19 dan penerapan protokol kesehatan secara ketat dalam keseharian kita sampai pandemi ini selesai.

Jangan pernah bosan apalagi lengah. Sekali kita terkena Covid-19, banyak sekali kerugian yang akan kita rasakan, bahkan dapat berujung pada kematian.

Mari sama-sama kita sukseskan program vaksinasi Covid-19 ini untuk mengatasi pandemi Covid-19. Salam sehat selalu, bersama kita pasti bisa.

dr Ernawati, SE, MS, FISCM, FISPH, SpDLP
Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/07/04/125452220/menyiapkan-lansia-dan-anak-anak-untuk-vaksinasi-covid-19

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.