Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tentukan Pilihanmu
0 hari menuju
Pemilu 2024
Salin Artikel

Ingin Ubah Penampilan Wajah Tanpa Operasi? Ikuti 7 Trik Make-up Ini

KOMPAS.com - Sebagai wanita, kita ingin selalu memiliki wajah yang terlihat cantik dan segar. Namun terkadang kita lebih fokus pada "kekurangan" di bagian wajah.

Padahal, tanpa melakukan operasi pun sebenarnya kita bisa menutupi kekurangan itu dan menonjolkan daya tarik wajah. Caranya dengan menguasai teknik make up. Memang awalnya terasa sulit, tapi jangan menyerah untuk terus mempraktikannya.

Untuk mengetahuinya lebih lanjut, berikut tujuh trik make up yang dapat dipraktikkan guna mempercantik wajah, seperti yang dilansir dari laman Reader's Digest berikut ini.

1. Contour hidung

Jika kita merasa hidung kita terlalu besar atau terlalu lebar, bersiaplah untuk mengubahnya dengan teknik contouring atau shading.

Bagi yang belum tahu, contouring adalah proses menempatkan concealer atau highlighter terang secara strategis di area yang ingin kita tangkap cahayanya sehingga membuatnya lebih menonjol.

Ada teknik contour khusus untuk setiap bentuk hidung. Tetapi, dalam setiap kasus, kita bisa menerapkan concealer  dua tingkat lebih terang dari warna kulit ke batang hidung dan warna coklat keabu-abuan untuk menutupi tonjolan, serta lubang hidung yang lebar.

Selalu padukan warna terang dan gelap pada tempatnya menggunakan beauty blender atau kuas rias yang dapat diisi ulang sehingga dapat menyebarkan butiran riasan secara merata.

Hasilnya, hidung kita akan tampak seperti melakukan operasi hidung secara instan, padahal kita tidak melakukan operasi sama sekali.

2. Eyeliner yang strategis

Apakah mata kita terlalu kecil, terlalu besar, atau terlalu ke bawah? Kuncinya adalah mengaplikasikan eyeliner dengan gaya dan warna yang tepat untuk mengubah bentuknya secara nyata.

Bagi mata kecil, menambahkan eyeliner putih ke garis bulu mata bawah dapat menciptakan ilusi optik karena berfungsi untuk membuatnya terlihat lebih besar.

Untuk mata yang menghadap ke bawah, tidak ada yang lebih baik dari cateye atau mata kucing dengan menggunakan liner hitam 

Sementara bagi mata yang besar, kita bisa mengaplikasikan eyeliner smokey untuk menyempurnakan sudut luar sebagai ilusi daya angkat.

3. Shading tulang pipi

Banyak wanita telah beralih ke suntik filler yang mahal untuk membuat tulang pipi supermodel palsu, tetapi ada cara yang jauh lebih mudah dan lebih murah.

Untuk proses yang mudah ini, kita hanya membutuhkan kit contour yang dapat digunakan dalam membuat garis besar dan menonjolkan tulang pipi.

Pertama-tama aplikasikan krim foundation satu warna pada tulang pipi untuk menggambar cahaya, kemudian aplikasikan dua warna dasar yang lebih gelap di bawah tulang pipi untuk membantu area tersebut menyusut.

Setelah itu, akhiri dengan semburat merah muda atau peach pada bagian pipi dan oleskan beberapa highlighter cair di bagian atas tulang pipi.

4. Menghaluskan dan meratakan kulit wajah dengan foundation

Banyak foundation atau alas bedak yang rentan terhadap retak dan pengelupasan sehingga cenderung membuat kerutan maupun noda lebih terlihat.

Apabila ingin wajah terlihat lebih muda, salah satu cara termudah adalah dengan menghaluskan kulit.

Itu berarti memulainya dengan primer yang menghaluskan wajah sebelum menerapkan berbagai warna riasan. Kemudian, ikuti dengan foundation satin untuk wajah yang halus seperti sutra dan terlihat lebih muda.

5. Melapisi bibir

Alih-alih menyuntiknya, kita bisa menambahkan make-up untuk membuat bibir lebih montok dan tebal.

Triknya adalah pertama-tama aplikasikan lip liner matte berwarna netral ke seluruh bibir. Kemudian aplikasikan sedikit di luar garis, tapi jangan lebih dari beberapa milimeter di luar garis bibir alami.

Kita juga dapat secara strategis memilih area yang ingin kita garisi seperti cupid's bow atau bibir bawah.

Setelah kita memberikan garis, aplikasikan lipstik matte favorit tidak hanya ke bibir, tetapi juga ke area yang digaris.

Hasil akhir matte akan menyembunyikan garis yang kita tambahkan, sedangkan lipstik mengkilap akan menekankannya dan lihatlah bibir kita menjadi lebih montok tanpa disuntik.

6. Menambahkan bedak pada dagu

Jika bagian dagu kita tidak seruncing yang kita inginkan, menambahkan bedak adalah salah satu cara yang paling mudah untuk membuatnya.

Ambil bedak berwarna cokelat keabu-abuan dan aplikasikan di sepanjang garis dagu dari belakang telinga hingga ke ujung dagu.

Ulangi pemakaian bedak di sisi lain dagu. Lalu, campurkan bedak di leher sehingga tidak ada garis atau perbedaan warna yang mencolok.

Dengan melakukan teknik ini kita pasti akan sangat menyukai tampilan struktur tulang baru yang lebih tajam.

7. Meniruskan wajah

Cara yang bagus untuk mentiruskan wajah kita adalah dengan menggunakan stik contour dan bronzer.

Lalu aplikasikan perona pipi dan highlighter di atas bronzer untuk membuat tulang pipi kita lebih menonjol.

Ini tidak hanya akan memanjangkan bentuk wajah, tetapi juga akan memberi kita pipi cekung model kurus yang kita semua dambakan.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/08/16/164044920/ingin-ubah-penampilan-wajah-tanpa-operasi-ikuti-7-trik-make-up-ini

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke