Salin Artikel

Tak Perlu Ragu, Vaksin Covid-19 Aman buat Ibu Menyusui

Terkait hal tersebut, konselor laktasi dr Sara Elisa Wijono menegaskan, mendapatkan vaksin justru dianjurkan untuk ibu menyusui.

"Rekomendasi kan bisa berubah-ubah. Awalnya belum, sekarang sudah boleh. Begitu juga dengan ibu hamil," kata Sara dalam peluncuran produk terbaru Mama's Choice, Rabu (25/08/2021).

Dokter yang berpraktik di RS Bina Medika itu menambahkan, vaksin justru baik bagi bayi.

Sebab, ketika ibu mendapatkan vaksin, tubuh akan menghasilkan antibodi. Antibodi tersebut bisa keluar melalui ASI dan diharapkan memberikan perlindungan untuk bayi dari paparan Covid-19.

Ini menjadi hal yang sangat positif mengingat belum ada rekomendasi yang nenyatakan anak di bawah 12 tahun aman mendapatkan vaksin Covid-19.

"Sekarang kan baru anak usia 12 tahun ke atas Semoga segera keluar rekomendasi agar anak di bawah 12 tahun bisa divaksin juga," tuturnya.

Lebih jauh, menurut laman covid-19.go.id, ibu menyusui tetap direkomendasikan untuk berkonsultasi tentang kondisi kesehatannya dengan dokter atau tenaga kesehatan terlebih dulu sebelum mendapatkan vaksin dan berada dalam kondisi fit untuk menerima vaksin.

Setelah vaksin, tetap aman untuk menyusui karena menyusui dan kontak kulit-ke-kulit (skin-to-skin contact) dapat mengurangi risiko kematian bayi secara signifikan dan memiliki manfaat yang lebih besar dibandingkan potensi risiko penularan Covid-19.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/08/25/163506420/tak-perlu-ragu-vaksin-covid-19-aman-buat-ibu-menyusui

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.