Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hati-hati, 8 Tanaman Ini Beracun untuk Kucing

KOMPAS.com - Tanaman memang dapat mempercantik ruangan yang ada di rumah. Selain  menyejukkan mata, berada di sekitar tanaman juga akan membuat suasana hati lebih baik.

Namun tidak semua tanaman aman untuk hewan peliharaan. Jika memelihara kucing misalnya, kita perlu tahu tanaman apa saja yang berbahaya bagi hewan tersebut.

Tanaman tertentu dapat menyebabkan gangguan pencernaan atau iritasi kulit, hingga kegagalan organ, kejang, atau bahkan kematian pada kucing.

Nah, mengantisipasi hal seperti ini, ketahui tanaman-tanaman yang beracun untuk kucing berikut ini.

1. Peace lily atau lili perdamaian

Dr. Zachararias mengatakan, racun pada tanaman ini bisa memberi masalah pada ginjal kucing.

Komponen beracun yang terkandung dalam peace lily adalah kalsium oksalat.

2. Kuping gajah (alocasia)

Namun, tanaman ini mengandung kalsium oksalat yang dapat menyebabkan gagal ginjal pada kucing, catat American Society for the Prevention of Cruelty to Animals (ASPCA).

3. Lidah buaya (liliaceae)

Gel pada lidah buaya sebenarnya dapat dimakan tetapi bagian tanaman yang mengelilingi gel tersebut dapat menyebabkan gangguan pencernaan termasuk muntah, lesu, dan diare, kata ASPCA.

Komponen beracun untuk kucing yang terkandung di tanaman lidah buaya adalah saponin dan antrakuinon.

4. Sirih gading (epipremnum aureum)

Zacharias mengatakan, “Tanaman ini mengandung kalsium oksalat yang tidak larut yang dapat menyebabkan iritasi mulut, tenggorokan, lidah, dan bibir, serta rasa terbakar, air liur berlebihan (hipersalivasi), muntah, dan kesulitan menelan.”

5. Bunga hydrangea atau hortensia

“Ketika seekor kucing makan cukup banyak hydrangea, kami memperkirakan gejalanya akan mulai dalam beberapa jam setelah memakan tanaman itu,” kata Jo Myers, DVM, seorang ahli dokter hewan di JustAnswer.

“Kebanyakan kucing akan menjadi mual, banyak liur, dan mulai muntah. Bahkan, juga dapat menyebabkan diare yang mungkin berdarah.”

6. Amarilis (amaryllidaceae)

Tetapi perlu diketahui bahwa amarilis mengandung komponen beracun yaitu lycorine yang dapat menyebabkan sakit perut, air liur berlebih, tremor, diare, muntah, dan penurunan nafsu makan, menurut ASPCA.

7. Bunga krisan (compositae)

Namun, perlu diketahui bahwa bunga krisan mengandung seskuiterpen, lakton, dan piretrin yang jika dikonsumsi kucing dapat menyebabkan muntah, diare, hipersalivasi, inkoordinasi, dan dermatitis (reaksi kulit).

"Bawa kucing kita segera ke dokter jika mengetahuinya mengkonsumsi bunga ini," kata Dr. Zacharias.

"Pengobatan akan mencakup pengendalian tanda-tanda klinis dengan obat anti-emetik dan anti-diare, dimandikan jika kulit terpengaruh, dan mungkin juga terapi cairan suportif intravena." 

8. Azalea (ericaceae)

Jika kucing kita memakan bagian mana pun dari tanaman ini, dapat menyebabkan muntah, diare, lemas, dan berpotensi gagal jantung karena kandungan grayantoxin.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/09/17/063859620/hati-hati-8-tanaman-ini-beracun-untuk-kucing

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke