Salin Artikel

5 Kebiasaan Makan yang Dapat Membuat Sistem Imunitas Melemah

KOMPAS.com - Menjaga sistem imunitas tubuh kita tetap kuat di masa pandemi Covid-19 ini sangatlah penting supaya kita tidak mudah tertular oleh virus dan jatuh sakit.

Namun, sayangnya, masih banyak orang yang kurang memerhatikan kebiasaan makan yang sehat, sehingga sistem imunitas tubuh jadi lebih sering melemah.

Untuk itu, simak sejumlah kebiasaan makan yang perlu kita hindari karena dapat membuat sistem imunitas tubuh kita melemah sebagai berikut.

1. Kurang makan sayur dan buah

Seorang ahli gizi, Matt Mazzino RD, LD, mengatakan bahwa sayur dan buah mengandung banyak vitamin, mineral, dan antioksidan yang baik dalam melawan virus maupun bakteri.

"Kandungan nutrisi yang ada di dalam sayur dan buah sangat penting dalam mendukung reaksi sistem imunitas tubuh kita untuk melawan infeksi," terangnya.

2. Terlalu banyak gula

"Banyak studi telah melihat hubungan antara terlalu banyak mengonsumsi gula dengan gangguan infeksi imunitas," ujar Mary Albus, RD, CDN.

"Hal itu disebabkan sel darah putih yang dapat melawan infeksi terkena dampak negatif dari konsumsi gula yang berlebihan," lanjut dia.

3. Terlalu banyak garam

"Mengikuti diet tinggi natrium yang kaya makanan olahan dapat memicu peradangan (inflamasi) dalam tubuh dan meningkatkan risiko penyakit kronis," jelas Albus.

4. Konsumsi alkohol berlebihan

"Mengonsumsi alkohol secara berlebihan dapat menekan respons imunitas tubuh terhadap infeksi," kata Albus.

"Karena dengan konsumsi alkohol, tubuh membutuhkan waktu lebih lama untuk mengenali dan merespons infeksi yang berkembang," tambah dia.

5. Kekurangan vitamin D

"Karena sifat anti-inflamasi yang dimiliki oleh vitamin D diketahui dapat meningkatkan fungsi sel-sel kekebalan tubuh," imbuhnya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/09/21/092840820/5-kebiasaan-makan-yang-dapat-membuat-sistem-imunitas-melemah

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.