Salin Artikel

7 Hal Produktif yang Bisa Dilakukan Saat Gangguan Internet

KOMPAS.com - Beberapa hari ini media sosial diramaikan dengan keluhan warganet soal gangguan internet berkepanjangan di jaringan Indihome dan Telkomsel.

Kondisi ini tentunya amat menyulitkan karena internet saat ini sudah menjadi kebutuhan utama masyarakat. Hampir semua aktivitas kini sangat bergantung dengan koneksi jaringan internet yang dimiliki termasuk untuk bekerja dan mencari hiburan.

Tak heran, banyak yang stres ketika tak bisa mengakses dunia maya seperti yang dialami baru-baru ini. Meski demikian, kita harus ingat bahwa sebenarnya ada kehidupan lain di luar dunia online.

Ketika mengalami gangguan internet berkepanjangan seperti ini, kita bisa memanfaatkan waktu melakukan hal lainnya. Misalnya saja melakukan tujuh hal produktif seperti contoh di bawah ini.

1. Merapikan komputer

Laptop maupun PC dipakai terus-menerus ketika terkoneksi ke jaringan internet. Seringkali, kita lalai merapikan file di dalamnya atau membersihkan debu di sela-sela partisinya.

Kapan terakhir kali kita membersihkan keyboard laptop? Kapan kita pernah ingat merapikan folder agar semua berkas bisa diakses dengan mudah?

Cobalah mengorganisir isi komputer kita agar bisa lebih produktif di masa depan. Selain, laptop dan PC yang bersih di bagian luar dan dalam tentunya dapat memperpanjang usia gadget tersebut.

2. Menelpon teman

Manfaat waktu tanpa koneksi internet ini untuk menghubungi teman lama. Gunakan jaringan seluler yang cenderung lebih stabil dan tidak terganggu untuk menjalin komunikasi dengan kenalan lama.

Tanyakan kabar mereka dan bicarakan berbagai hal ringan untuk menyegarkan kembali hubungan yang mungkin sempat merenggang.

3. Berolahraga

Jika selama ini sulit meluangkan waktu berolahraga karena asyik streaming serial drama maka kini adalah saatnya. Kenakan pakaian olahraga dan lakukan beberapa gerakan workout yang kita ingat.

Tak perlu melakukan gerakan yang sulit dan butuh panduan You Tube, kita hanya perlu melakukan kardio ringan seperti jongkok, lunge, dan push-up atau joging.

Bisa juga mengajak anjing berjalan-jalan atau lari keliling komplek perumahan karena manfaatnya bisa lebih banyak.

Lebih baik lagi jika kita bisa memiliki buku sesuai kebutuhan. Misalnya tipe buku self-help untuk memberikan motivasi tambahan atau membaca novel fiksi yang memberikan hiburan dengan imajinasi lebih bebas.

5. Menyelesaikan tugas rumahan

Asyik dengan internet mungkin saja membuat kita menelantarkan pekerjaan rumahan seperti mencuci piring, menyetrika pakaian atau mengepel lantai.

Manfaatkan kesempatan ini dengan menyelesaikan semua pekerjaan yang terbengkalai itu. Kita bisa membersihkan meja kerja yang berantakan, menyusun lemari pakaian atau pergi berbelanja bahan makanan.

6. Membuat to do list

Jaringan internet yang mati membuat banyak orang khawatir ketinggalan kabar atau ilmu berharga. Alih-alih mencemaskan hal ini, kita bisa memanfaatkan waktu untuk membuat to do list yang berguna sebagai mind map.

Daftar ini berisikan perencanaan kegiatan kita yang berguna sebagai panduan di masa mendatang sekaligus bermanfaat meningkatkan fokus dan mengurangi stres.

Tuliskan semua yang perlu kita capai sesuai urutan kepentingannya. Uraikan pula bagaimana kita akan menyelesaikan hal penting dan menunda yang tidak perlu.

7. Merenungkan masa lalu

Internet dan kehidupan di dunia maya membuat kita bergerak cepat mengejar hal terbaru. Kini saatnya mengambil momen santai untuk merenungkan berbagai hal yang terjadi di masa lalu.

Jadikan ini kesempatan untuk mengevaluasi berbagai hal yang telah kita lakukan baik dalam pekerjaan maupun hal pribadi. Pertimbangkan berbagai hal lainnya yang mungkin tak sempat melintas di pikiran di hari biasanya.

Mungkin saja kita akan mendapatkan inovasi atau ide baru yang berguna bagi kehidupan kita.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/09/21/110209520/7-hal-produktif-yang-bisa-dilakukan-saat-gangguan-internet

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.