Salin Artikel

5 Cara Memilih Alpukat yang Bagus dan Pas Kematangannya

Mengetahui cara memilih alpukat yang bagus bisa membantu kita mendapatkan buah yang tingkat kematangannya sempurna dan rasanya maksimal ketika dikonsumsi.

Cara memilih alpukat yang bagus

Berikut beberapa cara memilih alpukat yang bagus dan matang:

Namun, menurut Eat This Not That, hindari menekan bagian sampingnya karena bisa menyebabkan memar pada daging buah alpukat yang nantinya akan kita makan. Jadi, tekan perlahan di bagian atas alpukat yang dekat dengan batangnya.

Jangan tekan keras-keras, cukup tekan dengan kekuatan yang kurang lebih sama seperti kita menekan mouse komputer.

Jika bentuknya masih bisa dipertahankan, maka alpukat siap disantap. Sementara jika tekanan tersebut meninggalkan seperti bekas penyok, artinya alpukat sudah terlalu matang dan bagian dalamnya berwarna cokelat.

Bahkan jika alpukat tersebut akan dimakan di hari itu juga, executive chef NeueHouse, Anne Thornton mengatakan kepada Well and Good, bekas tekanan jari hanya boleh memberi bekas sedikit lekukan namun masih padat, bukan lembek.

Menurut editor America's Test Kitchen dalam buku The New Essentials Cookbook: A Modern Guide to Better Cooking, jika batang mudah lepas dan kita dapat melihat warna hijau di bawahnya, artinya alpukat sudah matang.

Jika tidak mudah lepas atau kita melihat warna cokelat di bawahnya, berarti alpukat belum matang, atau terlalu matang sehingga sebaiknya tidak dipilih.

Menurut Anne Thornton, alpukat yang sudah matang dan siap dimakan memiliki warna kulit hijau gelap, terkadang hampir berwarna hitam. Ini berlaku jika kita ingin memakannya hari itu juga.

Sementara jika berencana memakannya besok atau lusa, pilih alpukat dengan kulit berwarna hijau tua.

Meski begitu, warna tidak selalu bisa menjadi acuan. Menurut California Avocado Commision, ada banyak varietas alpukat yang berbeda dan semuanya berubah warna saat matang.

Untuk itu, selain memerhatikan warnanya, pastikan kita juga menggunakan cara memilih alpukat yang bagus lainnya agar lebih akurat. Misalnya, menekan daging buahnya.

Menurut California Avocado Commision, perubahan warna lokal adalah tanda buah sudah melewati masa jayanya.

Jadi, hindari buah dengan noda gelap dengan kulit atau buah yang terlalu lunak.

Menyisakan sebagian dari alpukat yang sudah matang tersebut untuk dikonsumsi di hari lainnya berpotensi membuat kita mendapatkan alpukat busuk.

Jadi, jika mencari cara memilih alpukat yang bagus, jangan lupa pertimbangkan aspek ini.

Jika tetap ingin membeli alpukat dalam jumlah besar untuk menghemat uang, kita bisa menyimpan alpukat di lemari es untuk memperlambat proses pematangan.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/10/10/183439620/5-cara-memilih-alpukat-yang-bagus-dan-pas-kematangannya

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.