Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jamur, Makanan Kunci untuk Cegah Penuaan Dini

KOMPAS.com – Menggunakan produk perawatan kulit yang tepat memang penting untuk menunda penuaan dini. Tetapi, kita juga perlu mengimbanginya dengan nutrisi yang didapat dari beberapa makanan, terutama jamur.

Menurut peneliti dari Penn State, Amerika ditemukan bahwa jamur memiliki kadar antioksidan yang sangat tinggi dan dikenal akan kualitas anti-aging dan manfaat kesehatannya.

Anti oksidan sendiri memiliki banyak manfaat. Misalnya, membantu sel-sel melawan stres oksidatif, suatu bentuk kerusakan jaringan yang dapat menyebabkan sel-sel tubuh menjadi rusak dan tidak stabil, yang dapat menyebabkan tubuh menua.

Stres oksidatif juga memiliki peran penting lain, seperti menurunkan risiko Alzheimer, kanker, dan penyakit jantung.

Nah, dalam penelitian yang diterbitkan di jurnal Food Chemistry itu, disebutkan bahwa para peneliti menganalisis kadar ergothioneine (ERGO) dan glutathione (GSH) di 13 varietas jamur, dan menemukan bahwa kadarnya lebih tinggi daripada sayuran lainnya.

Tak hanya itu, makanan ini juga memiliki banyak manfaat anti-penuaan.

Menurut peneliti, tingginya kandungan dua zat itu disebabkan karena jamur merupakan “bola fungi.”

“Karena merupakan ‘bola fungi,’ jamur memiliki kadar ERGO dan GHS tertinggi, sejauh ini tertinggi dalam rantai makanan manusia,” ujar penulis utama studi tersebut, Robert Beelman Ph.D., pada Men's Health.

“Banyak makanan lain mengandung ERGO dalam jumlah yang cukup kecil karena masuk ke rantai makanan melalui tanaman yang mengambilnya dari jamur di tanah,” tambahnya

Jumlah ERGO yang disarankan untuk dikonsumsi oleh manusia setiap harinya adalah sekitar 3 miligram atau setara dengan lima jamur kancing saja.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/10/24/103735420/jamur-makanan-kunci-untuk-cegah-penuaan-dini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke