Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Makanan yang Baik Dikonsumsi untuk Penderita Sakit Jantung

KOMPAS.com - Penyakit jantung merupakan suatu kondisi ketika jantung mengalami gangguan akibat penyempitan pembuluh darah di jantung.

Sayangnya, tidak semua orang dapat merasakan gejala-gejala yang jelas bahwa mereka terkena jantung. Jadi, penyakit ini bisa mengakibatkan kondisi yang serius, termasuk kematian.

Namun, bukan berarti jika seseorang didiagnosis menderita penyakit jantung, dia tidak dapat hidup lama dan sehat.

Dengan olahraga yang cukup, diet yang tepat, dan perawatan medis rutin, seseorang tetap bisa mengelola penyakit jantung dan mengurangi risiko kejadian kesehatan yang merugikan di kemudian hari.

Nah, untuk terus melindungi kesehatan, simak daftar makanan mana yang direkomendasikan ahli diet untuk penderita penyakit jantung, seperti berikut ini.

1. Kacang

"Kacang adalah pembangkit tenaga antioksidan, lemak sehat, dan serat," kata ahli gizi dan pendiri Health Dynamics, LLC, Tina Marinaccio, MS, RD, CPT.

"Mengonsumsinya 28 gram per minggu juga bisa menurunkan kolesterol dan mengurangi peradangan dalam tubuh," sambung dia.

Namun, Marinaccio merekomendasikan kita untuk tidak mengonsumsi kacang secara berlebihan. 

"Kacang-kacangan tinggi kalori karena mengandung lemak. Jadi, pastikan untuk mengukur porsinya atau pertimbangkan tidak menambahkannya sebagai bumbu salad dan yogurt," jelasnya.

2. Oat

Ahli gizi dan pemilik Leading Edge Nutrition, LLC, Amy Goodrich, MS, RD, mengatakan bahwa oat adalah pilihan tepat bagi penderita penyakit jantung.

"Oat adalah gandum utuh dan sumber serat yang baik. Serat larut dalam gandum membantu mengurangi penyerapan LDL (kolesterol jahat') dalam aliran darah," ungkapnya.

3. Ikan berlemak

Goodrich mengatakan bahwa memasukkan ikan berlemak ke dalam menu makan kita sehari-hari dapat menjadi cara yang bagus untuk meningkatkan kesehatan kardiovaskular.

"Ikan berlemak seperti salmon, tuna, sarden adalah sumber asam lemak omega-3 yang sangat baik," ujarnya.

"Makan ikan berlemak dua kali seminggu dapat membantu menurunkan trigliserida, tekanan darah, dan kolesterol total yang semuanya dapat menyebabkan penyakit jantung," lanjut dia

4. Buah beri

Itu sebabnya, ahli gizi dan pendiri Colleen Christensen Nutrition and No Food Rules, Colleen Christensen, RD, merekomendasikan kita untuk menambahkan buah beri ke dalam makanan penutup atau dessert.

"Buah beri adalah sumber antioksidan pelindung dan fitokimia yang berhubungan dengan kesehatan jantung," jelas Christensen.

5. Kedelai yang belum diproses

"Kedelai terkadang mendapat reputasi buruk, tapi itu adalah makanan yang baik untuk kesehatan jantung," terang Yautz.

"Apalagi, kedelai yang tidak diproses tinggi protein, serat, lemak sehat, dan antioksidan yang dapat membantu menurunkan tekanan darah, kolesterol, trigliserida, dan peradangan," tambah dia.

6. Alpukat

"Alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal yang dapat mengurangi kadar kolesterol dan menurunkan risiko penyakit jantung secara keseluruhan," kata ahli diet, Becky Kerkenbush, MS, RD-AP, CSG, CD, FAND.

Asam oleat, asam lemak omega-9 yang ditemukan dalam alpukat juga mampu menenangkan peradangan dalam tubuh.

Selain itu, buah ini juga kaya akan potasium yang lebih dari pisang, vitamin K, serat, dan semua nutrisi yang dapat bermanfaat bagi jantung kita.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/11/22/115227520/6-makanan-yang-baik-dikonsumsi-untuk-penderita-sakit-jantung

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke