Salin Artikel

5 Ras Anjing yang Mudah Dirawat, Apa Saja?

KOMPAS.com - Boleh dibilang, kesetiaan dan kepatuhan anjing tidak perlu dipertanyakan lagi.

Mendapat julukan sebagai sahabat terbaik manusia, anjing memang menjadi pilihan yang sangat tepat untuk dipelihara.

Maka dari itu, tidak sedikit yang rela merogoh kocek dalam-dalam demi meminang anjing idaman dan merawatnya sebaik mungkin.

Beberapa anjing agak sulit dipelihara, dan memerlukan biaya yang besar. Tetapi ada juga anjing yang tergolong mudah dipelihara tanpa membutuhkan perawatan tinggi.

Anjing-anjing dengan biaya perawatan rendah ini bahkan hampir tidak perlu sering dibawa berjalan-jalan di luar rumah. Penasaran apa saja?

1. Dachshund

"Anjing-anjing ini biasanya memiliki energi rendah hingga sedang, artinya hewan ini tidak membutuhkan banyak olahraga seperti anjing ras lain," jelas Bunn.

"Kaki Dachsund yang pendek dan tubuh yang kecil tidak dapat menahan terlalu banyak beban, jadi berjalan-jalan singkat setiap hari dan waktu bermain yang moderat sudah mencukupi, disertai pelukan dan relaksasi."

Dalam perawatan bulu, kata Bunn, baik Dachsund berambut pendek maupun panjang hanya memerlukan perawatan minimal.

Kita dapat menyikat bulu Dachsund seminggu sekali, dan memandikannya satu bulan sekali.

"Dachsund ini juga sangat menyenangkan untuk dilatih, membuat anjing itu menjadi anjing peliharaan pertama yang tepat," imbuh Bunn.

2. Maltese

Kriteria anjing yang diinginkannya adalah pendiam, pintar, penurut, dan mudah dilatih.

"Karena saya berada di kursi roda saat itu, saya menginginkan seekor anjing yang tidak perlu diajak jalan-jalan," kata Julian.

"Studi saya membuat saya memilih Maltese, anjing dengan perawatan paling rendah."

Ditambahkan Julian, anjing ras Maltese miliknya hanya berbobot sekitar 1,8-5,44 kilogram dan tidak perlu berolahraga di rumah.

"Anjing ini tidak sering menggonggong seperti anjing kecil lainnya, hanya perlu diberi makan sekali sehari, dan patuh sehingga lebih mudah dilatih."

3. Pembroke Welsh Corgi

"Meskipun lebih sering dikaitkan dengan kerajaan Inggris, ras Corgi juga menjadi anjing yang luar biasa bagi manula dan pensiunan," catat Michelle Henry, CEO dan pendiri Outdoor Dog Fun.

Ras Corgi tidak memerlukan tingkat aktivitas yang tinggi dan mudah dipelihara.

"Sejarah ras Corgi sebagai anjing penggembala ternak menandakan anjing ini cerdas dan cepat mengikuti pelatihan," ujar Henry.

"Meskipun membutuhkan jalan-jalan setiap hari, Corgi tidak terlalu bersemangat, ini menjadikan Corgi teman yang baik terutama bagi keluarga dengan anak-anak."

4. Cavalier King Charles Spaniel

"Spaniel berukuran kecil ini sangat cocok untuk manula, karena sama-sama memiliki sifat penyayang dan mudah beradaptasi," sebut Jacquelyn Kennedy, CEO dan pendiri PetDT.

"Anjing tersebut juga pendamping yang baik dan senang dimanjakan oleh pemiliknya."

"Ukurannya yang kecil dan genetik yang baik menjadikan Spaniel mudah ditangani dan dilatih, meskipun pemiliknya baru pemula dalam merawat anjing," sambung dia.

Hanya saja, kita perlu mengajak anjing Spaniel berolahraga setidaknya sekitar 30 menit sehari.

"Olahraga ini bisa berupa berjalan mengelilingi blok, atau permainan lempar tangkap di taman."

5. Beberapa ras anjing lainnya

Namun jika kita tetap berkeinginan memelihara anjing, Simon menyarankan beberapa ras seperti Shih Tzu, Lhasa Apso, dan Maltese.

"Pilihan ras lainnya adalah Whippet atau Greyhound," tambah Simon.

"Meskipun dapat berlari cepat, anjing-anjing ini hanya perlu beberapa sprint sehari agar merasa bahagia dan benar-benar puas menjalani gaya hidup yang tidak banyak bergerak."

Hindari anjing Shepherd, Siberian Husky, atau Pointer, karena beberapa anjing tersebut diprogram untuk mencari stimulasi dan memerlukan banyak olahraga, catat Simon.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/07/07/055209320/5-ras-anjing-yang-mudah-dirawat-apa-saja

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.