Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menghilangkan Jerawat dalam Semalam, Apakah Bisa?

Apalagi, jika jerawat ini muncul saat kita harus menghadiri acara penting keesokan paginya, entah itu wawancara kerja atau pernikahan kita sendiri.

Tak jarang, kita pun segera mencari cara instan untuk menghilangkan jerawat ini. Namun pertanyaannya, bisakah jerawat hilang hanya dalam semalam?

Melansir Elle, sebenarnya itu bukanlah hal yang tidak mungkin,

"Jerawat adalah infeksi mikro kecil pada folikel rambut," jelas dokter kulit bersertifikat dan pendiri Visha Skincare, Purvisha Patel.

"Anda mungkin tidak bisa 'menghilangkan' jerawat dalam semalam, dengan sempurna, tetapi Anda bisa membuatnya terlihat jauh lebih baik, sehingga tampak hilang,” lanjutnya.

Sementara itu, Direktur di Westside Mount Sinai Dermatology Faculty Practice di New York Angela J. Lamb, mnambahkan meski tidak ada jaminan dapat hilang dalam semalam, ada beberapa langkah yang dapat kita ikuti untuk membuat kulit kembali mulus secepat mungkin.

Simak caranya, berikut ini,

Pastikan memakai bahan yang tepat

Patel menjelaskan bahwa jerawat biasanya disebabkan oleh empat hal, yaitu oklusi folikel, pertumbuhan mikroba, produksi sebum, dan peradangan.

Nah, sebenarnya ada beberapa bahan aktif dalam produk skincare yang dapat mengatasi empat hal di atas, yaitu benzoil peroksida, belerang, tree oil, atau asam salisilat.

Untuk diketahui, benzoil peroksida merupakan zat pemutih yang membunuh mikroba dan mengeringkan minyak di folikel, sementara tree oil dan belerang membantu mengeringkan jerawat.

“Menggunakan produk dengan bahan-bahan ini bisa membuat jerawat lebih mengecil keesokan paginya,” jelas Patel.

Sementara itu, Lamb merekomendasikan penggunaan produk resep topikal.

Menurutnya, gel yang mengandung klindamisin, antibiotik, atau minocycline topikal dapat menyembuhkan jerawat lebih cepat.

Namun jika lebih menyukai produk yang tidak memerlukan catatan dokter, baik Patel dan Lamb merekomendasikan untuk menggunakan produk dengan asam salisilat.

"Produk asam salisilat tidak hanya mengeringkan jerawat dan membunuh mikroba, tetapi juga mengelupas kulit di atasnya untuk mengeluarkan kotoran yang terkumpul dari folikel," kata Patel.

Untuk itu, carilah produk sabun dengan bahan-bahan aktif yang sudah disebutkan sebelumnya.

Kita juga bisa mencoba membeli produk sabun eksfoliasi yang bagus.

Perlu diingat, pemakaian produk pembersih wajah secara teratur tidak hanya akan mengobati jerawat, tetapi juga mencegah tumbuhnya jerawat.

"Sabun eksfoliasi memang sangat cocok untuk jerawat, karena membantu membuka pori-pori yang tak hanya mengobatu, tetapi juga mencegahnya muncul," kata Patel.

Gunakan krim hidrokortison

Menurut Patel, krim hidrokortison dapat mengatasi kemerahan dengan cepat. Asalkan, kita tidak menggunakannya selama lebih dari tiga malam berturut-turut.

Lalu, berhati-hatilah dalam memakainya. Sebab jika terlalu tebal, krim ini dapat menyumbat pori-pori.

Sebaiknya, kita juga memakai krim hidrokortison yang berbasis asam hialuronat, karena kandungan ini merupakan molekul pengikat air yang tidak akan menyumbat pori-pori.

Jauhi bahan pengusir jerawat yang dapat dimakan

Produk dengan minyak kelapa, minyak zaitun, atau minyak almond terdengar mewah dan sehat, tetapi dalam hal perawatan jerawat, produk tersebut hanya memperburuk masalah.

"Jika kita bisa memakan produknya, bakteri dan jamur pun bisa memakan produknya, dan ini akan menimbulkan lebih banyak jerawat," kata Patel.

Namun, hindari menggunakannya secara berlebihan, terutama jika kita memakai produk yang mengandung asam atau benzoil peroksida.

Pasalnya, itu hanya akan menimbulkan iritasi tambahan.

Sementara itu, Patel lebih memilih spot treatment. Menurutnya, obat ini memiliki fungsi lebih baik jika ingin menghilangkan jerawat dalam semalam.

Lakukan injeksi kortison jika dalam keadaan darurat

Jika bisa pergi ke dokter kulit sehari sebelum acara penting itu, mungkin kita bisa mendapatkan suntikan kortison untuk mengobati jerawat dalam sekejap.

Namun, injeksi ini hanya boleh dilakukan saat benar-benar dalam keadaan darurat, seperti saat menjelang pernikahan.

Pasalnya, meski suntikan steroid dapat mengurangi peradangan jerawat secara cepat, ada beberapa efek samping, seperti penipisan kulit dan kemungkinan timbulnya lekukan di tempat suntikan.

Karena itu, metode ini sangat tidak direkomendasikan sebagai perawatan jerawat biasa

Cobalah pengobatan DIY

Kita juga bisa mencoba mengandalkan beberapa bahan yang ada di dapur rumah menjadi obat jerawat kita lho.

Misalnya, berikut ini.

Memecahkan jerawat

Lalu jika sudah mencoba semua tips di atas namun tidak ada yang berhasil, kita bisa memecahkannya.

Memang menurut Lamb, umumnya memencet jerawat itu dilarang,

Namun jika jerawat memiliki telah "matang,": kita dapat menggunakan tangan yang bersih dan bersarung tangan atau kapas untuk memberikan tekanan lembut dan memecahkannya.

Tapi ingat, jangan pernah memecahkannya dengan tangan kotor.

"Memecahkannya dengan kuku yang tidak steril dapat menyebabkan penyebaran infeksi mikro, lebih banyak peradangan dan jaringan parut," jelas Patel.

Pakai concealer

Riasan dibuat untuk saat-saat seperti ini.

Kita dapat membuat jerawat tiak terlihat, bahkan jika belum sepenuhnya hilang jika memiliki concealer bekualitas.

Jika memiliki concealer seperti itu, wajah kita akan terlihat memukau apapun keadaannya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/07/24/061256720/menghilangkan-jerawat-dalam-semalam-apakah-bisa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke