Salin Artikel

Ketahui Manfaat dan Durasi Tidur Si Kecil untuk Tumbuh Kembang Optimal

KOMPAS.com – Tidur menjadi kebutuhan penting bagi manusia. Pasalnya, tidur akan membantu tubuh memulihan tenaga sehingga saat bangun tubuh akan merasa lebih segar.

Tidur juga membawa sejumlah manfaat, terlebih untuk anak-anak di bawah lima tahun (balita). Dilansir dari Sleep Foundation, tidur memainkan peran penting dalam perkembangan bayi dan balita.

Selain memiliki dampak langsung pada suasana hati, penelitian juga menunjukkan tidur memiliki efek pada rentang perhatian si kecil, kinerja kognitif, daya tahan tubuh, dan pembelajaran serta memori otak.

Dengan demikian, sebagai Sobat Generasi Bersih dan Sehat (Genbest), Anda dapat memastikan si kecil mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas.

Salah satunya dengan memerhatikan jadwal tidur anak sesuai dengan tahapan usianya. Tidak hanya tidur malam, tidur siang juga penting untuk membantu tumbuh kembang anak-anak.

Saat memiliki bayi baru lahir atau newborn, Anda pasti kerap begadang di tengah malam. Hal ini dikarenakan pola tidur bayi belum teratur.

Sebentar tertidur, terbangun dan menangis karena lapar. Kemudian, setelah disusui bayi akan tidur lagi. Bangun lagi karena popok basah, setelah diganti kemudian tidur lagi. Begitu seterusnya.

Bayi baru lahir membutuhkan waktu tidur lebih kurang 16,5 jam per hari. Durasi ini terbagi 8 jam untuk tidur siang dan tidur malam selama 8,5 jam.

Memasuki usia 1 bulan, jam tidur bayi menjadi 14-16 jam per hari. Jam tidur ini terbagi menjadi 8-9 jam tidur malam dan 6-7 jam untuk tidur siang.

Durasi tersebut akan berlanjut hingga bayi berusia 3 bulan. Hanya saja, pada usia ini, jam tidur dibagi menjadi 10-11 jam pada malam hari dan 4-5 jam pada siang hari.

Selanjutnya, durasi tidur bayi usia 6 bulan menjadi 14 jam per hari. Pembagiannya, tiga jam untuk tidur siang dan 11 jam untuk tidur malam.

Seiring bertambahnya usia, jam tidur bayi semakin berkurang. Pada usia 9-12 bulan, misalnya, durasi tidur bayi menjadi 13,5 jam per hari. Durasi ini terbagi 11 jam untuk tidur malam dan 2,5 jam untuk tidur siang.

Pada usia 1 tahun, jam tidur anak biasanya mulai teratur. Dalam sehari, si kecil membutuhkan total durasi tidur 11-14 jam. Anak-anak pun mulai menghabiskan jam tidur tersebut pada malam hari. Meski demikian, si kecil masih perlu tidur siang sekitar 1-3 jam per hari.

Pada usia balita, sekitar 3-5 tahun, dirasi tidur anak mengalami sedikit perubahan. Mereka membutuhkan sekitar 10-13 jam tidur di malam hari dan sekitar 1-2 jam untuk tidur siang.

Anda juga dapat menstimulasi anak agar tidur dengan nyenyak. Sebagai contoh, Anda bisa mengenyangkan si kecil sebelum tidur dengan memberikan susu atau ASI. 

Kemudian bersihkan badan si kecil dan mengganti baju dengan baju yang nyaman. Terakhir, Anda dapat mengatur cahaya agar redup dan suhu kamar yang tepat.

Dengan mengetahui durasi tidur si kecil, Genbest dapat mengatur jadwal tidur untuk mendapatkan tumbuh kembang yang optimal.

Untuk mendapatkan informasi seputar kesehatan bayi, remaja putri, ibu hamil, dan hal-hal yang berkaitan dengan tumbuh kembang anak, Sobat GenBest dapat mengakses melalui laman https://genbest.id/.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/08/19/091000620/ketahui-manfaat-dan-durasi-tidur-si-kecil-untuk-tumbuh-kembang-optimal

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.