Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Penyebab Siklus Haid Jadi Tidak Teratur, Apa Saja?

Normalnya, wanita akan mengalami siklus haid ini setiap satu bulan sekali yang berlangsung rata-rata selama 4-6 hari.

Kendati demikian, tidak semua wanita memiliki siklus haid yang lancar dan itu bisa disebabkan oleh berbagai faktor gaya hidup yang mungkin berada di luar kendali.

Jadi, jika kita bertanya-tanya mengapa siklus haid tidak teratur, coba ketahui beberapa penyebabnya sebagaimana dilansir dari laman Byrdie berikut ini.

1. Stres

Stres (fisik dan mental) adalah alasan paling umum mengapa seseorang terlambat haid atau memiliki siklus yang tidak teratur.

Peristiwa besar dalam hidup juga dapat menyebabkan haid tidak teratur karena alasan fisiologis yang sama seperti stres," kata dokter spesialis obstetri dan ginekologi (Obgyn), Dr Sara Twogood, MD.

"Contohnya adalah liburan besar. Kita tidak menganggapnya sebagai stres, tetapi perubahan dalam aktivitas sehari-hari, tidur tidak teratur, dan ritme sirkadian semuanya ikut berperan," sambung dia.

Mungkin kita baru saja stres karena sebuah proyek besar atau perpindahan besar, kurang tidur, atau mungkin kita baru saja pulih dari jet lag setelah liburan singkat.

Selain itu, dokter spesialis obstetri dan ginekologi (Obgyn), Dr Alyssa Dweck, MS, MD, FACOG, juga menyebutkan bahwa infeksi saluran kemih (ISK) mungkin tidak secara langsung menyebabkan haid yang tidak teratur.

Tetapi, stres dan ketidaknyamanan ISK juga dapat memperburuk haid yang tertunda.

2. Perubahan berat badan secara tiba-tiba

Twogood juga mengatakan bahwa perubahan berat badan yang signifikan dan tiba-tiba dapat menyebabkan siklus haid tidak teratur.

"Kenaikan berat badan maupun penurunan berat badan bisa menjadi alasan mengapa haid tidak teratur," ungkap dia.

Perubahan yang terlalu jauh di kedua arah bisa saja mengejutkan tubuh secara fisik dan perubahan mendadak ini dapat mencegah tubuh mengalami haid yang normal.

Diet detoks, rutinitas olahraga baru yang giat, atau berubah dari sangat aktif menjadi tidak aktif, semuanya bisa menjadi faktor.

3. Sindrom ovarium polikistik (PCOS)

Sindrom ovarium polikistik, atau PCOS, adalah gangguan hormon yang sangat umum. 

Mereka yang menderita PCOS menghasilkan lebih banyak androgen daripada biasanya untuk tubuh dengan organ reproduksi wanita, yang dapat menyebabkan kista ovarium.

"PCOS juga dapat menyebabkan siklus haid yang tidak teratur," kata Twogood.

Tanpa cukup hormon yang tepat untuk memicu ovulasi, maka tidak mungkin terjadi haid dan itu yang membuat siklus tidak teratur.

4. Hormon

Menurut Twogood, tingkat prolaktin yang tinggi juga dapat menyebabkan siklus haid tidak teratur.

Prolaktin adalah hormon yang dikenal untuk merangsang produksi ASI.

Kadar prolaktin yang tinggi bisa menghalangi produksi estrogen dan progesteron yang normal, sehingga dapat mengganggu siklus ovulasi dan haid.

5. Mengalami gangguan tiroid

Tiroid memainkan peran penting dalam kesehatan haid dan reproduksi. 

Bagi yang belum tahu, tiroid merupakan kelenjar yang memproduksi dan melepaskan hormon, dan kelenjar ini berinteraksi dengan sistem reproduksi untuk menjaga agar ovulasi maupun siklus berjalan tepat waktu.

Ini berarti bahwa setiap kali tiroid tidak berfungsi dengan baik, ovulasi dan siklus haid dapat terpengaruh, yang menyebabkan haid menjadi tidak teratur.

Hal ini juga dapat terjadi pada hipotiroidisme dan hipertiroidisme.

6. Menggunakan antidepresan

Yang satu ini mungkin mengejutkan, tetapi Twogood mengatakan bahwa beberapa obat, seperti antidepresan, telah dilaporkan dapat menyebabkan beberapa perubahan awal dalam siklus haid.

Hal ini mungkin terkait dengan perubahan berat badan yang dialami dengan SSRI (inhibitor serotonin uptake selektif) atau SNRI (serotonin dan norepinefrin reuptake inhibitor), yang berasal dari komponen kesehatan mental, bukan hanya obat itu sendiri.

Namun, apabila siklus haid kita tidak dapat diprediksi atau tidak memiliki pola, atau jika haid terlambat beberapa minggu dan tes kehamilan di rumah hasilnya negatif, jadwalkan janji temu dengan dokter.

Sebab, siklus haid yang tidak teratur bisa memiliki banyak dampak menakutkan dan tidak ada salahnya mencari bantuan profesional hanya untuk memastikan tidak ada yang salah. Ini juga bisa menenangkan pikiran kita.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/09/07/122545720/6-penyebab-siklus-haid-jadi-tidak-teratur-apa-saja

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke