Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengenal Batu Kelahiran bagi Mereka yang Lahir di Bulan Februari

Batu kelahiran diyakini dapat membawa keberuntungan dan kebahagiaan bagi pemakainya dengan meningkatkan energi dan menghubungkan pemakainya dengan kekuatan kosmik dunia.

Batu kelahiran dalam zodiak China sendiri dapat ditentukan berdasarkan tahun maupun bulan lahir.

Misalnya saja, aquamarine bagi mereka yang lahir pada atau sebelum 3 Februari, dan safir yang menjadi jimat keberuntungan bagi mereka yang lahir setelah 3 Februari.

Nah untuk mengetahui lebih jelas tentang aquamarine dan safir, simak paparan yang dilansir dari Lifestyle Asia, berikut ini.

Aquamarine sendiri sebenarnya telah eksis sejak Abad Pertengahan, di mana para peramal menggunakan batu itu untuk meramal dan menyelidiki masa depan seseorang.

Saat itu, mereka menyebut aquamarine sebagai "cermin ajaib" berkat efeknya yang menenangkan.

Karena itu, tak mengherankan bila batu yang menjadi simbol harapan dan kebahagiaan itu kini digunakan untuk meditasi dan penyembuhan spiritual.

Mirip dengan aquamarine, safir pun telah lama dikenal akan kekuatan penyembuhan dan ramalan astrologinya.

Bahkan, sarjana zaman dulu mengklaim bahwa safir memiliki kekuatan kebajikan, sehingga dapat menuai manfaat besar bila digunakan dengan benar oleh pemakainya.

Popularitas safir pun berlipat ganda ketika Pangeran Charles menghadiahkan sebuah cincin tunangan berhiaskan safir biru 12 karat pada Lady Diana di tahun 1981.

Safir klasik sendiri, yang memiliki warna biru keunguan, pertama kali ditemukan di Kashmir, India pada akhir abad ke-19 hingga awal abad ke-20.

Selain di India, batu indah ini juga ditemukan di Australia dan Madagaskar, yang sekarang menjadi pusat produksi safir.

Lalu soal fungsi, pada zaman dahulu, batu ini juga dipercaya dapat menyembuhkan penyakit kulit, melindungi diri dari racun, wabah, dan pengkhianatan.

Kini, batu ini disebut sebagai "batu kebijaksanaan," karena diyakini dapat menjernihkan mental, meningkatkan kesadaran diri lebih dalam, serta dapat menarik energi positif.

Manfaat untuk pemiliknya

Aquamarine

Sifat aquamarine yang menenangkan dan menyeimbangkan menjadikannya pilihan sempurna bagi mereka yang ingin mencapai keseimbangan dalam hidup.

Selain itu, berikut manfaat lengkap aquamarine:

  • Keberuntungan

Safir memiliki energi untuk membawa kebahagiaan, cinta, kegembiraan, dan kedamaian.

Bukan hanya itu, safir juga mampu membantu kita membangun persahabatan baru dan hubungan romantis.

  • Meningkatkan kekebalan

Bukan hanya menghilangkan sakit kepala kronis dan nyeri pada pemakainya, aquamarine juga dapat mencegah penyakit parah seperti kanker.

Selain itu, aquamarine juga dapat mengatasi ketidakseimbangan hormon dan meningkatkan kekebalan secara keseluruhan.

  • Membawa kemakmuran finansial

Aquamarine juga diyakini dapat membantu mengembangkan bisnis dan menarik arus masuk uang.

  • Meningkatkan kepercayaan diri

Bagi yang kurang percaya diri, aquamarine bisa membuat kita lebih mudah mengungkapkan perasaan dan disukai.

Safir

Mirip seperti aquamarine, birthstone satu ini juga diyakini bisa mengubah hidup pemakainya dengan mempercepat pertumbuhan keuangan, ketenaran, dan kesuksesan.

  • Meningkatkan fokus

Safir dapat membantu meningkatkan konsentrasi, sehingga cocok digunakan oleh pelajar dan tenaga profesional yang ingin mencapai targetnya.

Lalu bagi mereka yang berkecimpung di bidang kreatif seperti menyanyi, berakting, dan lainnya, safir dapat membantu pemakainya untuk mencapai tujuan mereka.

  • Meningkatkan metabolisme

Safir dapat membantu meningkatkan metabolisme dan meningkatkan kesehatan usus, sehingga dapat mengatasi ketidakseimbangan sistem saraf, mencegah kanker tulang, ginjal, dan masalah kulit.

  • Melindungi

Safir dapat melindungi pemakainya dari berbagai bahaya serta mampu membantu menyelesaikan sengketa hukum seperti perceraian atau kasus pidana.

  • Mencegah overthinking

Terakhir, safir juga berguna bagi mereka yang sering overthinking atau memiliki gangguan kecemasan karena membantu pemakainya lebih tenang.

Jenis aquamarine dan safir

Ada beberapa jenis aquamarine di dunia yang hadir dalam berbagai warna, mulai dari biru tua hingga hijau kebiruan.

Misalnya saja, aquamarine Brasil yang umumnya berwarna biru kehijauan, aquamarine Madagaskar yang berwarna biru cukup gelap, serta aquamarine Santa Maria yang sangat pekat.

Lalu untuk safir, umumnya batu ini tersedia dalam warna biru, putih, merah muda, oranye, kuning, hijau, ungu, dan coklat, meski ada pula yang dapat mengubah warnanya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2023/02/11/200000220/mengenal-batu-kelahiran-bagi-mereka-yang-lahir-di-bulan-februari

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke