Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Kebiasaan Buruk yang Bisa Picu Penyakit Ginjal

KOMPAS.com - Penyakit ginjal tidak hanya menyerang lansia dan pecandu alkohol, tetapi juga pada orang yang suka melakukan kebiasaan buruk dalam gaya hidupnya.

Ginjal merupakan organ yang sangat penting bagi tubuh selain jantung.

Organ yang satu ini berfungsi menyaring dan membuang racun yang masuk ke tubuh terutama dari berbagai makanan yang kita konsumsi.

Jika kondisi ginjal bermasalah, tak jarang akibatnya bisa berdampak pada kesehatan tubuh secara keseluruhan hingga mengancam jiwa.

Karena itu, kita harus lebih waspada dengan gaya hidup dan kebiasaan buruk yang dilakukan sehari-hari agar ginjal tetap sehat.

Menurut Dr Siddharth Lakhani, Konsultan Ahli nefrologi sekaligus dokter transplantasi dari Lakhani Kidney Care, Mumbai, India, beberapa hal yang merusak ginjal lebih banyak disebabkan oleh kebiasaan buruk yang kita lakukan.

Berikut beberapa kebiasaan yang bisa merusak dan memicu penyakit ginjal, sebagaimana disampaikan dokter Lakhani.

1. Makan terlalu banyak protein

Protein hewani menghasilkan asam dalam jumlah tinggi di dalam darah. Kondisi itu lantas bisa menyebabkan asidosis, suatu kondisi yang membuat ginjal tidak dapat menghilangkan keasaman.

Asidosis jika tidak ditangani dengan tepat pada gilirannya bisa membuat kinerja ginjal jadi lebih berat dan merusaknya secara perlahan.

Cara terbaik menjaga kesehatan ginjal adalah memodifikasi porsi protein hewani agar asupan yang dikonsumsi lebih seimbang dan tidak berlebihan.

2. Garam berlebihan

Konsumsi garam berlebihan bisa berdampak buruk pada kesehatan ginjal.

Sebuah studi yang dilakukan oleh RS San Giovanni Bosco di Italia menemukan fakta bahwa garam memiliki efek langsung pada kesehatan ginjal karena memicu hipertrofi dan fibrosis.

"Konsumsi terlalu banyak garam juga bisa menyebabkan batu ginjal," kata dokter Lakhani.

3. Kurang tidur

Ketidakseimbangan dalam pola tidur juga dapat memperburuk kondisi ginjal.

Biasanya masalah ini diam-diam menggerogoti tubuh sehingga menimbulkan sejumlah penyakit ginjal.

Kata dokter Lakhani, fungsi ginjal secara umum diatur oleh siklus tidur yang membantu mengatur beban kerja ginjal dan membuatnya bekerja secara berlebihan.

Seperti dalam satu studi di RS Brigham, AS, penelitian itu menunjukkan bahwa wanita yang mengalami kurang tidur dikaitkan dengan penurunan fungsi ginjal yang lebih cepat.

4. Kurang minum air

Air minum sangat penting bagi organ ginjal, hal itu dapat membantunya menyaring dan membuang racun yang ada di dalam tubuh.

"Minum cukup air sangat disarankan untuk menjaga kesehatan ginjal yang lebih optimal," ujar dokter Lakhani.

5. Kebiasaan menahan buang air kecil

Saat panggilan buang air kecil sudah dirasakan, lebih baik jangan ditunda. Pasalnya kebiasaan yang sepele ini bisa berdampak pada kesehatan ginjal.

Ya, keseringan menahan buang air kecil bisa memicu pengendapan berbagai zat dalam urine yang pada gilirannya membentuk batu ginjal.

https://lifestyle.kompas.com/read/2023/05/24/123702020/5-kebiasaan-buruk-yang-bisa-picu-penyakit-ginjal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke