Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 Tas Hermès Birkin Termahal Sepanjang Masa, Mencapai Rp 30 Miliar

Banyak orang rela menghabiskan banyak uang, waktu dan upaya untuk bisa memiliki tas yang terinspirasi dari sosok Jane Birkin ini.

Maklum saja, rilisan ikonik Hermès ini dibuat dalam jumlah terbatas meskipun tersedia dalam banyak variasi.

Desainnya yang elegan sekaligus fungsional dengan tambahan pengaman juga membuat popularitasnya bertahan lama.

Sejak pertama dirilis pada 1984 lalu, ada beberapa Hermès Birkin yang sukses terjual dengan harga yang amat fantastis.

Apa saja?

Metallic Birkin

Pertama kali dirilis pada 2005, Hermès Metallic Birkin edisi terbatas adalah koleksi mewah bergaya kontemporer dan edgy yang dibuat dari kulit kambing Chèvre.

Tersedia dalam warna perunggu dan perak, tas ini tergolong kecil karena memiliki lebar 'hanya' 25 cm di bagian dasarnya.

Warna kulit metalik yang unik di tas ini didapatkan dengan proses yang rumit dengan berbagai pigmentasi logam sehingga tekstur kulit berubah sepenuhnya.

Pada tahun 2022 lalu, salah satu Hermès Metallic Birkin laku terjual di pelelangan New York dengan harga 136.490 dollar AS, setara Rp 2,05 miliar.

Koleksi ini memiliki ciri khas karena bahannya yang terbuat dari kulit kadal dengan pola simetris yang unik.

Dipadukan dengan hardware berkualitas tinggi sehingga menjadikannya item yang tak lekang oleh waktu.

Karena kelangkaan dan ukuran kulit kadal yang kecil, tas ini biasanya tersedia dalam ukuran kecil, sekitar 25 cm, dan sangat sulit untuk didapatkan.

Pada tahun 2020, sebuah Hermes Ombré Birkin laku dengan harga 137.500 dollar AS, sekitar Rp 2,06 miliar di rumah pelelangan Sotheby's New York.

Shiny Rouge H Birkin

Koleksi istimewa ini dibuat dari kulit buaya Porosus yang diwarnai menjadi mewah, bertahtakan berlian dan gembok serta kunci dari emas putih.

Pada tahun 2011, item ini sempat mencatat rekor sebagai Hermes Birkin termahal yang pernah dijual dengan harga 203.150 dollar AS, sekitar Rp 3,05 miliar.

Daya tarik utamanya tentunya warnanya yang tidak biasa selain juga perangkat keras emas putih 18 karat dan bertatahkan berlian yang melengkapinya.

Angkanya bahkan melampaui nilai salah satu tas emas dan berlian langka aktris legendaris Elizabeth Taylor yang juga ditawarkan saat itu.

Birkin Sac Faubourg

Birkin Sac Faubourg adalah koleksi langka yang dirilis pada tahun 2019 yang tampilannya dibuat berdasarkan fasad toko Hermès, yang terletak di Rue du Faubourg Saint-Honoré di Paris, Perancis.

CEO Charles-Émile Hermès memindahkan butik merek mewah tersebut ke jalan ini pada tahun 1880-an yang terus bertahan sampai saat ini.

Tas mewah ini menampilkan tiga jendela dengan awning oranye, penutup atas kulit buaya matte, pegangan kulit buaya, kunci cadena, dan gantungan berupa tas belanja mini.

Koleksi ini awalnya dijual dengan harga sekitar 200.000 dollar AS tapi harganya meroket di pelelangan pada tahun 2022 mencapai 322.340 dollar AS, sekitar Rp 4,8 miliar.

Himalaya Birkin

Tas ini terbuat dari kulit buaya Nil yang diwarnai dengan tangan, menciptakan gradasi putih-perak sehingga memberikan visual bagaikan pegunungan Himalaya yang bersalju.

Dilengkapi dengan 240 berlian dan emas putih 18 karat di berbagai detailnya, tas ini menjadi simbol kemewahan dalam dunia mode.

Dibuat dengan jumlah sangat terbatas namun ada beberapa tas ini yang sempat dilelang di kota yang berbeda.

Harganya bervariasi meskipun bertahan di angka 400.000 sampai 450.000 dollar AS, setara Rp 6 sampai Rp 6,7 miliar.

Kim Kardashian dan Kylie Jenner termasuk pesohor yang memiliki tas ini di lemari pribadinya.

Hermès Birkin by Ginza Tanaka

Tas ini adalah kolaborasi Hermès dengan desainer perhiasan Jepang terkenal Ginza Tanaka.

Kabarnya, hanya ada satu tas yang dibuat, sehingga menjadikannya barang koleksi yang amat langka.

Selain itu, item ini juga dibuat dari berbagai bahan mewah seperti platinum dan 2.182berlian.

Terdapat pula berlian delapan karat di bagian tengahnya yang bisa dilepas dan dipakai sebagai bros.

Rantai tasnya juga dapat dilepas dan dapat berfungsi sebagai kalung atau gelang.

The Sac Bijou Birkin

Tas ini didesain langsung oleh Pierre Hardy, direktur segmen perhiasan mewah Hermès dan dimaksudkan dipakai sebagai gelang.

Meskipun ukurannya kecil, aksesoris ini berfungsi penuh dan memiliki setiap detail Birkin seperti yang berukuran besar.

Bagian penutup atas dibuat bertekstur seperti kulit buaya dengan detail pegangan, kunci dan lainnya yang semuanya dihiasi dengan berlian, yang kabarnya memiliki berat gabungan sekitar 89,22 karat.

Awalnya hanya dibuat tiga tas Sac Bijou Birkin meskipun Hermès merilisnya ulang di tahun 2019 dengan tampilan yang lebih kontemporer dan berlian berornamen.

https://lifestyle.kompas.com/read/2023/07/27/071400220/8-tas-herm-s-birkin-termahal-sepanjang-masa-mencapai-rp-30-miliar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke