Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengapa Anjing Suka Mengendus Selangkangan?

KOMPAS.com - Meskipun canggung dan memalukan, namun terdapat alasan yang wajar tentang mengapa anjing kerap mengendus selangkangan kita.

Memang beberapa perilaku anjing tidak lepas dari naluri dan kebiasaan mereka mengendus berbagai bau, misalnya mengendus bokong anjing lain atau berbagai aroma lain yang dianggapnya menarik.

Meski membuat kita merasa risih, namun ada penjelasan ilmiah dari para dokter hewan dan pakar perilaku anjing terkait kebiasaan hewan berbulu ini mengendus selangkangan seseorang.

Mengapa anjing kerap mengendus selangkangan?

Anjing merupakan hewan yang memiliki sifat rasa ingin tahu dan mereka menggunakan penciuman untuk mengumpulkan informasi tentang manusia, hewan lain, dan lingkungan mereka.

“Bagi anjing, itu adalah cara hidup mereka,” tutur Vernard Hodges, DVM, seorang dokter hewan di Rumah Sakit Hewan Critter Fixer di Bonaire, Georgia. Anjing memiliki kepekaan yang kuat terhadap bau dan mengendus selangkangan adalah salah satu cara untuk mengenal manusia.

Namun mengapa harus selangkangan?

Sederhananya, anjing dapat mendeteksi feromon atau senyawa kimia tubuh yang dihasilkan oleh kelenjar keringat utama yang terletak di ketiak dan pangkal paha.

Kedua area tersebut dapat memberikan banyak informasi seperti usia, jenis kelamin, suasana hati, serta masalah kesehatan, dan kebetulan selangkangan merupakan daerah yang lebih mudah diakses oleh anjing daripada ketiak. Itulah mengapa anjing kerap mengendus daerah selangkangan.

Cara kerja bagian dalam hidung anjing sangatlah menakjubkan berkat organ Jacobson atau organ Vomeronasal yang terletak di langit-langit mulut dengan saluran yang terbuka ke hidung dan mulut, sehingga dapat mengoptimalkan kemampuan mengendus seekor anjing.

Dokter hewan dan direktur medis Koalisi Anjing Jalanan di San Francisco Bay Area, Hilary Wheeler, DVM, mengungkapkan bahwa organ Jacobson memiliki olfatorius atau reseptor utama indra penciuman khusus yang menangkap aroma dengan lebih baik.

Ia juga mengungkapkan bahwa hidung anjing 100,000 hingga 1 juta kali lebih sensitif daripada hidung manusia, sementara hidung beberapa jenis anjing, seperti Bloodhound, bisa 10 hingga 100 juta kali lebih sensitif.

Bisakah anjing mendeteksi kehamilan dan masalah kesehatan lainnya?

Deianira Smith, DVM, seorang dokter hewan di Rumah Sakit Rood and Riddle Equine di Lexington, Kentucky, menyampaikan bahwa anjing tidak dapat mendeteksi kehamilan atau masalah kesehatan secara langsung, namun bisa mengenali perubahan pada tubuh karena hormon.

Anjing membaui perubahan feromon dan perubahan bau yang terjadi selama ovulasi, menstruasi bulanan, kehamilan, dan bahkan persalinan, sehingga bila disebut anjing dapat mengendus sebuah kondisi kesehatan bukanlah hal mustahil.

Dr. Wheeler juga menambahkan bahwa terdapat beberapa penelitian yang meneliti kemampuan anjing (yang dilatih) mendeteksi kondisi kesehatan tertentu, termasuk timbulnya kejang, perubahan glukosa darah atau tekanan darah, dan adanya jenis kanker tertentu.

Apakah mengendus selangkangan normal bagi anjing?

Meskipun canggung dan memalukan, namun kebiasaan anjing mengendus selangkangan merupakan sifat alami yang normal. Jika dipikirkan kembali, kebiasaan anjing melakukan hal itu tidak jauh berbeda dari anjing yang mengendus bokong anjing lain untuk mengetahui informasi mengenai usia, kelamin, dan status reproduksi mereka.

Bradley Phifer, pelatih anjing profesional dan konsultan perilaku di Indianapolis, menyampaikan bahwa ketika anjing mengendus selangkangan, mereka juga sedang berusaha mengumpulkan informasi dan juga berkomunikasi dengan caranya.

Kapan kebiasaan mengendus selangkangan menandakan sebuah masalah?

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, anjing menggunakan hidung mereka untuk mengumpulkan informasi, seperti apakah ada makanan, apakah seseorang sedang sedih, apakah anjing tetangga sedang bergairah, dan lainnya.

Heidi Meinzer, pelatih anjing profesional di Alexandria, Virginia menjelaskan bahwa memang ada kemungkinan aksi mengendus selangkangan mengindikasikan bahwa anjing sedang stres atau tidak memahami sebuah situasi.

Kemungkinan lainnya adalah anjing menganggap kebiasaan tersebut merupakan sebuah sikap yang dapat diterima karena tidak pernah dilarang oleh pemiliknya. Untuk memastikan bahwa anjing menyapa orang-orang dengan lebih pantas, ajarilah mereka sikap seperti duduk sopan ketika menyambut tamu.

Bagaimana cara menghentikan anjing dari mengendus selangkangan?

Setelah memahami mengapa anjing suka mengendus selangkangan, bagaimana cara mencegah mereka dari perilaku ini?

Kuncinya adalah mengintervensi tepat sebelum aksi itu dimulai. Pelatih anjing dan pendiri Dog Wizardry di New York City, Ivan Petersel, menyarankan untuk menciptakan kebiasaan baru pada anjing.

Misalnya, jika kedatangan tamu memicu perilaku tersebut, latih anjing untuk melakukan hal yang berbeda seperti "duduk" dan bukannya menghampiri tamu. Ini mungkin tidak selalu berhasil, apalagi mengendus selangkangan sudah menjadi kebiasaan. Namun lama-lama perilaku ini bisa dilatih.

Gunakan perintah

1. Siapkan tikar atau tempat tidur anjing, atau ranjang yang ditinggikan sehingga anjing tahu kemana harus pergi ketika diberi perintah, misalnya "pergi".

2. Pancinglah anjing dengan camilan.

3. Ucapkan “pergi” segera setelah anjing berada diatas matras kemudian tandai aksinya dengan sebuah klik atau ucapan “ya!” Kemudian segera hadiahi anjing dengan snack yang diletakkan diatas matras untuk membangun hubungan antara camilan dengan matras.

4. Ucapkan kata “keluar” atau “OK” dan pancing anjing keluar dari matras dengan melemparkan camilan atau mainan anjing dari matras.

5. Saat tahu tamu akan datang, pasang tali pengikat tanpa pegangan sepanjang 1,5 meter ke kerah anjing sehingga kita dapat dengan mudah menyeretnya sebelum tamu datang. Hal ini memungkinkan anjing tetap memiliki kebebasan.

6. Saat anjing mencoba mengendus secara tidak sopan, gunakan perintah “pergi” dan jika anjing melanggar perintah, arahkan untuk kembali ke tempatnya dengan tali.

7. Hargai perilaku pantas mereka dengan mengatakan “bagus”. Lanjutkan mengucapkan “bagus” atau membawakan camilan untuk memperpanjang waktu anjing berada di tempatnya. Saat anjing sudah tenang, berikan juga sesuatu untuk digigiti saat ia duduk atau berbaring di tempatnya.

Arahkan kembali anjing

1. Saat melihat anjing mengendus udara atau akan mengendus area selangkangan, lemparkan camilan ke tanah yang jauh dari orang tersebut.

2. Ulangi sampai anjing berpikir bahwa itu adalah waktnya camilan, bukan waktu untuk mengendus, saat ia melihat ke selangkangan.

3. Jika camilan tidak berhasil, berikan anjing sesuatu yang baru dan lezat, seperti tulang sumsum segar atau bully stick yang belum dikunyah. Ini akan memancing anjing menjauh dari area selangkangan.

Cobalah suara pengalihan

1. Perhatikan tanda ketika anjing akan mengendus selangkangan

2. Saat anjing mencondongkan tubuh ke area tersebut, berbaliklah secara tiba-tiba sambil mengeluarkan suara mendesis atau juga bisa mengatakan “hei” atau “jangan.”

3. Hadiahi anjing karena merespons suara dan ulangi seperlunya.

Terus bergerak

1. Beri tahu tamu untuk terus bergerak ketika mereka masuk. Biasanya, tamu yang diam begitu mereka melewati ambang pintu akan dianggap seperti undangan untuk diendus oleh anjing

2. Mintalah mereka untuk mengulurkan tangan, mantel, topi, sarung tangan, atau sepatu kepada anjing seiring mereka menjauh dari pintu masuk sehingga anjing dapat mengendus barang-barang tersebut, bukan di selangkangannya. Trik ini akan mengajari anjing bahwa mengendus apapun kecuali area selangkangan adalah hal yang bermanfaat

https://lifestyle.kompas.com/read/2023/08/25/101736620/mengapa-anjing-suka-mengendus-selangkangan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke