Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Tips Memakai Batik untuk Wanita Modern agar Tampil Lebih Modis

Momen ini pun setiap tahunnya dirayakan masyarakat Indonesia sebagai Hari Batik Nasional agar dapat terus menumbuhkan kebanggan dan kecintaan terhadap batik.

Meski kerap dianggap kuno dan formal, batik kini telah bertransformasi menjadi pakaian yang bisa digunakan secara kasual dan lebih fashionable.

Tak hanya itu, batik juga dapat dipadupadankan dengan berbagai gaya favorit yang sesuai dengan karakter atau kepribadian masing-masing orang.

Nah, jika ingin mengetahui lebih banyak tentang inspirasi memakai batik untuk para wanita tampil lebih modis di momen spesial ini, Head of Category Development Tokopedia Aldhy Darmayo membagikan beberapa tips sebagai berikut.

1. Atasan batik kasual yang colorful berikan kesan playful
Atasan batik kasual bisa dipadupadankan dengan berbagai jenis bawahan.

"Padukan atasan batik berwarna cerah dengan rok atau celana jeans. Bisa juga menggunakan sneaker sebagai pelengkap penampilan yang kasual dan playful," kata Aldhy.

Salah satu pelaku usaha lokal di Tokopedia yang menyediakan pilihan
atasan batik dengan desain dan cutting yang modern adalah Part of Nona Rara.

"Part of Nona Rara sangat antusias berkreasi menciptakan produk- produk batik nusantara dengan kesan modern. Misi kami adalah memproduksi baju batik yang berkualitas dengan harga yang terjangkau," ungkap pendiri Part of Nona Rara, Pipiet Noorastuti.

2. Pakai outer batik untuk tampil lebih modis
Outer batik terus menjadi item fesyen favorit. Selain nyaman digunakan, outer batik mudah dijadikan layering yang bisa membuat penampilan makin menarik.

“Animo masyarakat dalam berbelanja outer batik sangat tinggi. Data internal kami menunjukkan produk outer batik mengalami peningkatan transaksi hampir 1,5 kali lipat," terangnya.

Masyarakat bisa mendapatkan berbagai produk outer batik yang modis dari brand lokal di Tokopedia, salah satunya Bhatarabatik.

3. Dress batik jadi penyelamat gaya kasual hingga formal
Bingung mau pakai baju apa? Dress batik bisa menjadi pilihan yang tepat untuk berbagai kegiatan.

Salah satu merek batik yang bisa didapatkan di Tokopedia adalah Jayashree Batik.

"Berdiri sejak tahun 2016, Jayashree Batik punya misi meningkatkan kesadaran masyarakat akan batik sebagai warisan budaya Indonesia," jelas pendiri Jayashree Batik, Daniel Budiman

"Kami terinspirasi dari motif batik nusantara yang unik dan kaya, namun tetap nyaman," sambungnya.

4. Eksplor gaya etnik biar makin unik
Fashion styling dengan sentuhan etnik makin digemari masyarakat. Sudah banyak brand lokal yang menghadirkan fashion item etnik berwarna natural dengan desain apik.

"Contohnya, rok lilit, yang bisa memberikan kesan tradisional sekaligus kekinian jika dipadupadankan secara tepat," ujar Aldhy.

Salah satu brand lokal yang sukses menjangkau pasar anak muda dengan menghadirkan fashion item berdesain etnik nan kekinian adalah Oemah Etnik.

Brand lokal ini menyediakan berbagai produk fesyen batik dengan warna natural, seperti earth tone, biru, dan putih.

5. Tampil trendi dengan scarf batik multifungsi
Scarf batik bisa menjadi salah satu item fesyen yang multifungsi dan membuat penampilan menjadi lebih trendi.

"Masyarakat bisa memakai scarf sebagai pelengkap penampilan atau sebagai outer. Bahkan, scarf batik juga bisa di mix and match menjadi hijab yang anggun," terang Aldhy.

Ada pun produk-produk scarf dengan motif menarik dari pelaku usaha lokal bisa didapatkan di Tokopedia, salah satunya melalui Sejauh Mata Memandang.

Untuk menyambut Hari Batik Nasional 2023 sekaligus mengakomodasi minat masyarakat memakai batik, Tokopedia menggelar kampanye Tokopedia Spesial Hari Batik yang berlangsung hingga 7 Oktober 2023.

https://lifestyle.kompas.com/read/2023/10/02/080142720/5-tips-memakai-batik-untuk-wanita-modern-agar-tampil-lebih-modis

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke